REPUTASI PERUSAHAAN MANUFKATUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI (BEI)

Mira Nurhikmat, Muhammad Angga Anggriawan, Suhroji Adha

Abstract


Nilai peusahaan dicerminkan oleh harga saham yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi nilai perusahaan diantaranya profitabilitas dan leverage. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah profitabilitas dan leverage mamiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2019-2021. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling sehingga didapat 26 perusahaan. Penelitian menggunakan jenis data sekunder dengan metode analisis regresi berganda pada program SPSS 25. Hasil pengujian variabel profitabilitas menunjukan nilai thitung sebesar 6,426 > dari ttabel 1,992 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Pada variabel leverage nilai thitung 1,348 < dari ttabel 1,992 dengan taraf signifikansi 0,182>0,05. Hasil pengujian secara simultan menunjukan nilai fhitung 23,429> ftabel 3.12 dengan nilai signifikansi 0,00<0,05. Simpulan yang dapat diambil yaitu variabel profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan variabel leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian secara simultan menunjukan profitabilitas dan leverage berpengauh terhadap nilai perusahaan. Kata kunci : Nilai Perusahaan, profitabilitas, leverag

Full Text:

PDF

References


Dewi, N. M. L., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh profitabilitas dan leverage pada nilai perusahaan dengan corporate social responsibility Sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 28(1), 26–54.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Dewi, N. M. L., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh profitabilitas dan leverage pada nilai perusahaan dengan corporate social responsibility Sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 28(1), 26–54.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Luthfiana, A. (2018). Pengaruh Solvabilitas, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017). S1 Thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

Mulyadi, A., Eka, D., & Nailis, W. (2018). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian di toko online Lazada. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 15(2), 87–94.

Ngafwa, L. M. (2018). Mekanisme Corporate Governance Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Dan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 sd 2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurminda, A., Isynurwardhana, D., & Nurbaiti, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang Dan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). EProceedings of Management, 4(1).

P Dasuha, B. L. (2021). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage, Aktivitas, Beta Saham dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia.

Rahayu, M., & Sari, B. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Ikraith-Humaniora, 2(1), 69–76.

Sitompul, S. (2018). Pengaruh ukuran perusahaan, kebijakan pendanaan, Risk based capital (RBC), pertumbuhan premi netto dan laba perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Part 2: 3 Indeks Sektoral yang Memiliki Kinerja Negatif Terendah di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019. Indonesia Re. Published 2019. Accessed August 4, 2022. https://www.indonesiare.co.id/en/article/part-2-3-indeks-sektoral-yang-memiliki-kinerja-negatif-terendah-di-bursa-efek-indonesia-tahun-2019

PT Bursa Efek Indonesia. PT Bursa Efek Indonesia. Published 2021. Accessed July 31, 2022. https://www.idx.co.id/




DOI: https://doi.org/10.57084/bej.v5i1.1476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.