PENGARUH PROMO SHOPEE SALE DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA DI BANDAR LAMPUNG

Nada Rafa Sabira, Desi Derina Yusda, Muhammad Renandi Ekatama, Prima Rini M

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promo Shopee sale dan gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa di Bandar Lampung (studi kasus pada mahasiswa fakultas bisnis Universitas Mitra Indonesia). Penelitan ini menggunakan 77 mahasiswa aktif fakultas bisnis Universitas Mitra Indonesia yang diperoleh dengan menggunakan teknik Snowball Sampling yang kemudian dilakukan analisis terhadap data data yang telah diperoleh menggunakan analisis kuantitatif. analisis kuantitatif merupakan interpestasi data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi (R2), uji analisis regresi linaer berganda, uji F dan uji t. Hasil uji dari R-Square menunjukan angka 0,659 ini menunjukan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh promo Shopee Sale dan Gratis Ongkir 65% dan 35% dipengaruhi oleh variabel diluar model regresi penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo, 2018.

Atrisia, M. I., & Hendrayati, H. Flash Sale Dan Impulse Buying Konsumen E-Commerce Pada Masa Pandemi, Journal of Business Management Education, 2021.

Buchari Alma., Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta, 2016

Buku Panduan Penulisan Skripsi/Tugas Akhir Fakultas Bisnis Universitas Mitra Indonesia 2023-2024.

Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pers 2015.

Desi, D.Y., Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada House Of Shopaholic Di Bandar Lampung, 2019.

Devica, S., Persepsi Konsumen Terhadap Flash Sales Belanja Online Dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian, Jurnal Bisnis Terapan, 2020.

Fajar Laksana, M, Praktis Memahami Manajemen Pemasaran, Penerbit Khalifah Mediatama, 2019.

Firmansyah, M. A, Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy, Penerbit Qiara Media, 2019.

Firmansyah, M. A, Perilaku Konsumen, Deepublish, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.

Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9, Semarang: Universitas Diponegoro, 2018.

Istiqomah, M., & Marlena, N., Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion, Jurnal Manajemen, 2020.

Kotler, Philip dan Amstrong, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Salemba Empat, 2016.

Kotler, P., & Amstrong, Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh, Jakarta: Salemba Empat, 2018.

Laksana, M. F, Praktis Memahami Manajemen Pemasaran, Sukabumi: CV Al Fath Zumar, 2019.

Maulana, H. A., & Asra, Y., Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan, Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 2019.

Ritonga, R. A., & Risal, T., Pengaruh Free Ongkir Kirim Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Online Shop (Studi Pada Pengguna Shopee Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Potensi Utama). Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-commerce, 2023.

Sarah, E. M., & Sitanggang, K. M., Pengaruh Flash Sale Promotion Dan Discount Terhadap Online Impulsive Buying Di Universitas Sari Mutiara Indonesia. Journal Business Economics and Entrepreneurship, 2022.

Setiadi, Pengaruh Harga, Desain Produk, dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Smartphone Lenovo (Studi Pada Pengguna Smartphone Lenovo di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 2017.

Siregar, Syofian, Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian & Pengembangan, Bandung: Alfabeta, 2016

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2022.

Tjiptono, Fandy, Manajemen Dan Strategi Kepuasan Pelanggan, Yogyakarta: Andi, 2022.

Ulber, Silalahi, Metode Penelitian Sosial Kuantitatif, Jakarta: Refika Aditama, 2016.

Zakiyyah, A. M., Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Implusif Online Pada Toko Online “Pulchragallery”, Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 2018.




DOI: https://doi.org/10.57084/bej.v5i2.1622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.