STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MAKANAN BEKU PADA BERKAH FROZEN MOJOSARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan dan untuk meningkatkan penjualan produk pada toko Berkah Frozen Food. Peneliti dilakukan di jalan Niaga, Mojosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti ini menggunakan subjek Ibu Khusnul sebagai pemilik toko. Dari hasil survei yang diperoleh dengan strategi pemasaran (marketing mix) telah melakukan strategi yang baik dalam menjaga bisnisnya. Selain itu, agar konsumen tetap nyaman dalam berbelanja di toko Berkah Frozen Food, maka yang dilakukan oleh pegawai toko yaitu dengan membersihan toko setiap hari, memberikan pelayanan terbaik dan ramah kepada konsumen, serta dapat mengakses layanan dengan mudah dan cepat. Kesimpulan dari hasil yang diperoleh adalah strategi pemasaran yang diterapkan di toko Berkah Frozen Food sudah cukup baik sehingga mampu bersaing dengan kompetitornya. Perlu diketahui bahwa, kedepannya toko Berkah Frozen Food akan mengembangkan strategi pemasaran yang dijalankannya. Artinya, toko Berkah Frozen Food perlu meningkatkan perkembangan teknologi seperti promosi melalui sosial media, menggunakan spanduk atau banner, serta promosi melalui influencer. Namun di luar perkembangan teknologi, juga terdapat peluang untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan mempertahankan pelanggan lama agar tetap menjadi pelanggan setia.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Meningkatkan Penjualan
Full Text:
PDFReferences
Abidin, M. Z. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Azolla Frozen Food Bojonegoro Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Maisyatuna, 4(2), 58-74.
Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96-102.
Firmansyah, K., Fadhli, K., Noviandy, I. A., & Rini, S. (2020). Pengenalan Media Sosial dan E-Commerce sebagai Media Pemasaran serta Pengemasan Frozen Food. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 43-48.
Gusrizaldi, R., & Komalasari, E. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan. Valuta, 2(2), 286-303.
Iskandar, N., Rivaldi, M. C., Gustianda, S., & Zainarti, Z. (2024). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Umkm Tahu Sumedang Bang Amir (Studi Kasus Pada Umkm Tahu Sumedang Bang Amir, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(6), 852-863.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 1, No. 2). Jilid.
Philip Kotler, & Amstrong. (2014). Dasar-Dasar Pemasaran. Prenballindo.
Smith, C., Smith, J. B., & Shaw, E. (2017). Embracing digital networks: Entrepreneurs' social capital online. Journal of Business Venturing, 32(1), 18-34.
Tanama, Budi Rahayu. 2017. Manajemen Pemasaran. Denpasar: Universitas Udayana.
Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Wati, D. M., Alfisah, E., & Purboyo, P. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Frozen Food Bonbon Banjarmasin. Proceeding: Islamic University of Kalimantan.
Widharta, W. P., & Sugiharto, S. (2013). Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Manajemen Pemasaran Petra, 2 (1), 1–15.
DOI: https://doi.org/10.57084/bej.v6i1.1688
Refbacks
- There are currently no refbacks.