SWOT (STRENGTHSSES, WEAKNESSES, OPPORTUNITIES, ANALISA THREATS) DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN KRIPIK TEMPE MBAK EL
Abstract
Persaingan bisnis dalam dunia kuliner semakin ketat, mendorong para pelaku usaha untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT) dalam menentukan strategi pemasaran untuk produk kripik tempe oleh Mbak El, yang telah menjalankan usaha selama dua tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kripik tempe memiliki beberapa kekuatan seperti kemudahan dalam pengelolaan dan memperoleh bahan baku, namun juga menghadapi kelemahan dalam pemahaman strategi pemasaran. Peluang untuk memperluas jangkauan pasar dan ancaman persaingan ketat dari produk serupa juga ditemukan. Berdasarkan hasil ini, direkomendasikan beberapa strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan daya saing produk kripik tempe.
Kata-kata kunci: SWOT, strategi pemasaran, kripik tempe, kuliner, deskriptif kualitatif
Full Text:
PDFReferences
Ariani, D. (2023). Manajemen Kualitas (3rd ed.). Universitas Terbuka.
Dharmmesta, B. (2022). Manajemen Pemasaran (3rd ed.). Universitas Terbuka.
Fatimah, F. N. D. (2016). TEKNIK ANALISIS SWOT: Pedoman Menyusun Strategi yang Efektif & Efisien serta Cara Mengelola Kekuatan & Ancaman. Quadrant.
Fauzani, M., Akramiah, N., & Sutikno, B. (2018). Analisis Swot Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Produkpt. Karunia Sentosa Plastik.
Febriansyah, D., Hanum, N., Rosa Indah, D., Ekonomi, F., & Samudra Jl Syarief Thayeb, U. (2023). Penerapan Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Usaha pembuatan Keripik Di Ud. Mustika Kota Langsa. In JIM: Manajerial Terapan (Vol. 379, Issue 1).
Haque, M., Iskandar, A., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran Konsep,Teori dan Implementasi. Pascal Books.
Malonda, P. M., Moniharapon, S., & Loindong, S. S. R. (2019). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Rumah Makan Bakso Baper Jogja. Loindong 3827 Jurnal EMBA, 7(3), 3827–3836.
Mashuri, D. N. (2020). Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing (Studi Pada Pt. Bank Riau Kepri Unit Usaha Syariah Pekanbaru). Jurnal Perbankan Syariah, 1(1), 97–112. https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jps
Riyanto, S., Azis, Muh. N. L., & Putera, A. R. (2021). Analisis SWOT sebagai Penyusunan StrategiOrganisasi https://pics.unipma.ac.id/content/download/B009_18_07_2022_03_25_2810_
Simamora, B. (2023). Pemasaran Strategik (3rd ed.). Universitas Terbuka.
Sukatmadiredja, N. R., Rosita, W. M., & Mahardika, S. (2019). Strategi Pemasaran Melalui Analisis Swot Pada Perusahaan Kopi Lokal.
DOI: https://doi.org/10.57084/bej.v6i1.1690
Refbacks
- There are currently no refbacks.