Penetapan Harga Jual Produk Terhadap Volume Penjualan Pada CV Vulkanindo Mitra Abadi

Leonard Adrie Manafe

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa penetapan harga jual produk terhadap volume penjualan CV. Vulkanindo Mitra abadi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan bersifat kualitatif. Wawancara dilakukan tepat pada bagian yang terkait langsung dalam proses penetapan harga jual yakni general manager. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan cara pengamatan langsung ke lapangan terhadap objek yang diteliti. Teknik analisa kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa CV Vulkanindo Mitra Abadi menetapkan harga jual menggunakan indikator harga diskrimisatif terlihat pada data penjualan bahwa harga diskriminatif terlihat paling efektif meningkatkan volume penjualan tiap tahunnya. Penjualan dengan harga mark up mengalami fluktuasi di setiap tahunnya sehingga dirasa harga tersebut belum cukup stabil untuk meningkatkan volume penjualan. Sedangkan penjualan dengan harga promosi adalah penjualan yang mengalami kenaikan dan tidak mengalami fluktuasi di setiap tahunnya namun harga promosi bukan menjadi harga yang mendominasi peningkatan volume penjualan pada data penjualan tahun 2018-2020 dikarenakan harga tersebut memiliki periode terbatas.


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2005. Manajamen Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

Asri, Marwan. 1991. Marketing. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.

Basu Swastha dan Irawan. 2003. “Manajemen Pemasaran Modern”. (Edisi kedua). Cetakan ke sebelas. Yogyakarta : Liberty Offset.

Drs. Danang Suntoso, SH., SE., MM, 2013. Ekonomi Manajerial, (Konsep Terapan Bisnis,Cetak pertama, Yogyakarta,CAPS.

Danang Sunyoto, 2013. Ekonomi Manajerial Konsep Terapan Bisnis, CAPS (Center for Academic Publishing Service), Jakarta.

Fandy Tjiptono, 2006.”Brand Management Strategy”, Andi Yogyakarta,.

Griffin, Ricky W. dan Ronald J. Ebert, (2009). Bussines, 8th Edition, Pearson Internasional Edition, New Jersey, Prentice Hall.

Hairudin, H., & Desmon, D. (2020). THE EFFECT OF CAPITAL STRUCTURE ON FIRM VALUE BY USING DIVIDEND POLICY AS AN INTERVENING VARIABLE (Study on Pharmaceutical Sub Sector Companies). DIMENSIA (Diskursus Ilmu Manajemen STIESA), 17(1), 70–87. http://www.ojs.stiesa.ac.id/index.php/dimensia/article/view/411

Herman, 2006. Marketing Strategy, Edisi 1, Yogyakarta, Andi Offset.

Iskandar Putong, 2000. Pengantar Ilmu Mikro & Makro, cetakan pertama,Ghalia Indonesia, Jakarta.

Kotler, P., Armstrong, G., Brown, L., and Adam, S. (2006) Marketing, 7th Ed.Pearson Education Australia/Prentice.

Karim, Djamaluddin; Jantje L. Sepang, dan Bode Lumanauw. 2014. Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. Manado: Jurnal EMBA 421 Vol.2 No.1 Maret 2014, Hal.421-430.

Kallapur, Sanjay dan Mark a. Trombley, 2001. The association between Investment opportunity set proxies and realized growth. Journal of bussiness finance and accounting.

Marina Intan Pertiwi, dkk. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian: Studi pada Coffee & Baker’s King Donuts di MX Mall Malang, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 37, No. 1, Hal 1-8.

Schiffan Stephan, (2005), Increasing Sales, Terjemahan Eling Rahmawati, Penerbit PT Bhuana Ilmu Populer kelompok Gramedia, Jakarta.

Suwardjono. 2008. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi 3. Yogyakarta: BPFE.

Soemarso S.R, (2002), Akuntansi Suatu Pengantar, Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.57084/bej.v3i1.671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.