Strategi Peningkatan Pelayanan Perpustakaan Di Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP MEKTAN)

Sri Utami, Agung Rachmadi, Hasbullah Hasbullah

Abstract


Perpustakaan adalah suatu lembaga yang berfungsi sebagai sumber informasi khususnya informasi ilmiah, seperti jurnal, artikel ilmiah, buku, majalah dan referensi lain yang dibutuhkan oleh mahasiswa, guru, mahasiswa, dosen, peneliti dan sebagainya. BBP Mektan menetapkan visinya untuk menjadi lembaga penelitian/perekayasaan terkemuka penghasil teknologi dan inovasi mekanisasi pertanian mendukung pertanian maju, mandiri, dan modern. Visi tersebut dapat tercapai salah satunya jika didukung oleh perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Penelitian ini menggunakan data deskriptif dan analitik serta Analytical Hierarcy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi strategi peningkatan layanan perpustakaan adalah kemampuan sumber daya manusia dalam memberikan layanan. Sumber daya manusia yang terampil dapat mendukung terwujudnya kualitas pelayanan yang baik. Untuk mencapai hal tersebut, peran kepala BBP Mektan/ kepala organisasi mempunyai pengaruh tertinggi dalam kegiatan pelaksanaan pelayanan perpustakaan, karena kepala BBP Mektan mempunyai kewenangan dalam penetapan atas struktur yang berkaitan dengan kebijakan dalam kegiatan pelayanan perpustakaan dengan skala tertinggi. Tujuan yang menjadi prioritas utama adalah meningkatkan jumlah pemustaka dari kalangan perekayasa/peneliti internal Badan Litbang Pertanian khususnya perekayasa BBP Mektan. Adapun alternatif strategi prioritas utama adalah meningkatkan ketersediaan sumberdaya informasi dan meningkatkan kemampuan SDM.
Kata Kunci : Perpustakaan, Strategy, Pelayanan, AHP


Full Text:

PDF

References


Badan Litbang Pertanian. 2020. Rencana Strategis Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Tahun 2020 – 2024. Jakarta (ID).

Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian. 2020. Rencana Strategis Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian Tahun 2020 – 2024, Edisi Revisi Tahun 2020. Tangerang (ID).

Maarif MS, dan H.Tanjung. 2003. Teknik-Teknik Kuantitatif untuk Manajemen. Jakarta (ID) : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Marimin & Maghfiroh, Nurul. (2010). Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok. Bogor (ID) : IPB Press.

P. Ramsden.(2006). Leading Academics. Buckingham: Society for Research Into Higher Education and the Open University Press.

Redioka, et.al. 2009. Pelayanan Publik pada Unit terpadu Pemerintah Kota Denpasar. Wacana. Vol. 12, No. 3, Juli, ISSN 141-0199.

Rogers, et.al. 2004. Increasing Job Satisfaction of Service Personnel. The Journal of Service Marketing. Vol. 8, no. 1, h. 14.

Saaty TL. 1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin, Proses Hirarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi Kompleks. Seri Manajemen No. 134. Jakarta (ID) : PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Safrudin Aziz. (2010). Strategi Peningkatan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Visi Pustaka, Vol. 12., No. 2 – Agustus.




DOI: https://doi.org/10.57084/bej.v3i2.881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.