Analisis Pengaruh Cita Rasa Produk, Lokasi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bisnis Dijou Coffeebar

Vonny Tiara Narundana, Eva Sari, Farida Efriyanti

Abstract


Perekonomian di segala bidang terus melaju serta berkembang dengan pesat, seperti bisnis industri kuliner, bisnis industri kuliner sekarang semakin meningkat serta berkembang. Semua kalangan, mulai dari remaja hingga manula saat  ini gemar mengunjungi coffee shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cita  rasa produk, lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Dijou Coffeebar. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi yang digunakan ialah konsumen yang sedang mengonsumsi Dijou Coffeebar. Sampel penelitian berjumlah 97 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data untuk menguji hipotesis meliputi uji t (parsial) dan uji f (simultan) uji regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Pengujian ini menunjukkan bahwa variabel cita rasa produk, lokasi, dan harga memiliki pengaruh signifikan serta positif terhadap keputusan konsumen pada bisnis Dijou Coffeebar. Perusahaan perlu lebih meningkatkan layanan, memantau dan memperbarui menu atau menambahkan lagi lebih banyak menu, sebagai akibatnya konsumen dapat benar-benar tertarik untuk tetap mengkonsumsi serta mengunjungi bisnis Dijou Coffeebar, selain itu memberikan promo-promo menarik lainnya, maka konsumen akan merasakan manfaat dari apa yang dikonsumsinya sehingga nantinya mempengaruhi kecenderungan konsumen untuk mengkonsumsi lebih.

Kata Kunci: Cita Rasa Produk; Lokasi; Harga; Dan Keputusan Pembelian.


Full Text:

Remote PDF

References


Abdurrahman, Herdiana Nana. 2015. Manajemen pemasaran. CV pustaka setia: Bandung.

Alamsyah, E. S., Alam, I. A., & Dunan, H. (2021). Analisis Manajemen Pelayanan KUSUKA (Kartu Pelaku Usaha Kelautan Dan Perikanan) Di Dinas Perikanan Terkait Kepuasan Nelayan Di Kabupaten Tulang Bawang. VISIONIST, 10(1), 13-19.

Drummond KE and Brefere LM. 2010. Nutrition for Foodservice and Culinary Professional’s, Seventh Edition.New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Heizer, J, and Barry Render. 2012. Operations Managemet Flexible Version. 10th ed.

Kotler dan Keller, 2009. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid II. Indeks. Jakarta

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ketigabelas. Jakarta: Erlangga

Maidasari, E., Narundana, V. T., & Lolyana, R. (2021). Pengaruh Promosi Video Marketing Dan Kesadaran Merek Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen YAMAHA. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11(2), 128-137.

Philip Kotler Dan Amstrong, Dasar-Dasar Pemasaran, (Jakarta: Perlahindo,

Sugianto, Jimmy dan Sugianto, Sugiono. 2013. Manajemen Pemasaran. PETRA Vol 1, No. 2. Universitas Kristen Petra: Surabaya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran Edisi II Cetakan 3. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Wahidah, N. 2010. Komponen-Komponen yang Memengaruhi Cita Rasa Bahan Pangan.




DOI: https://doi.org/10.57084/bej.v3i2.883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.