Hubungan Perilaku Safety Driving dan Kondisi Kendaraan Dengan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pengemudi Bus
Abstract
Kasus kecelakaan di terminal Rajabasa setiap tahunnya mengalami peningkatan yaitu tahun 2018 sebanyak 178 kasus, tahun 2019 sebanyak 185 kasus, tahun 2020 sebanyak 166 kasus, tahun 2021 sebanyak 176 kasus, dan tahun 2022 sebanyak 193 kasus. Jumlah penduduk sebanyak 389 pengemudi. dengan sampel sebanyak 106 driver yang terdiri dari 53 driver case dan 53 driver kontrol. Penelitian ini menggunakan tinjauan etik yang hasilnya dikatakan layak secara etis dengan pemerataan beban dan manfaat No.S.25/165/FKES10/2023, risiko, bujukan, kerahasiaan dan privasi serta persetujuan berdasarkan pedoman CIOMS tahun 2018. Analisis penelitian meliputi univariat dan bivariat. Analisis bivariat menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menyebutkan terdapat hubungan antara perilaku keselamatan berkendara (p value: 0,001) dan kondisi kendaraan (p value: 0,019) dengan kejadian kecelakaan lalu lintas pada pengemudi bus pada
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aswan, iE. iN., iAndi, iR., i& iBudi, iA. i(2020). iAnalisis iFaktor iPenyebab iKecelakaan iLalu iLintas iDi iRuas iJalan iRaya iPuncak iBogor. iJurnal iOnline iMahasiswa i(JOM) iBidang iTeknik iSipil, i1(1), i1–10.
Adiputra. i2021. iMetodologi iPenelitian. iDenpasar: iYayasan iKita iMenulis.
Ayuningtias, iA., i& iWidyaningtyas, iN. iH. i(2022). iPada iKecelakaan iLalu iLintas iPada iPengemudi iBus. i10(1), i46–54.
Badan iPusat iStatistik. i2021. iStatistik iTrasportasi iProvinsi iLampung i2021. iLampung. iBadan iPusat iStatistik
Direktorat iLalu iLintas iDitlantas iPolda iLampung, i2022. iData iKecelakaan iLalu iLintas iDi iProvinsi iLampung iTahun i2019 i- i2021. iLampung: iDirektorat iLalu iLintas iDitlantas iPolda iLampung
Dinas iPerhubungan. iData iKecelakaan iBus idi iTermilan iDi iBandar iLampung i2022. i iProvinsi. i iDinas iPerhubungan
Farida, i., i& iSantosa, iW. i(2018). iKeselamatan iAngkutan iBus iDi iKabupaten iGarut. iJurnal iTransportasi, i18(3), i211–218.
Irawan, iA., iAyu, iH., i& iMahmud, iH. i(2021). iPertanggungjawaban iPidana iPemilik iTransportasi iBus iTerhadap iKecelakaan iLalu iLintas iYang iMenyebabkan iKematian. i14(02), i27–32.
Krug, iE. i(2021). iDecade iof iaction ifor iroad isafety i2011-2020. injury, i43(1), i6–7. ihttps://doi.org/10.1016/j.injury.2011.11.002
Kurniawan, iR., iAsril, i& iEndang. i(2021). iFaktor iYang iBerhubungan iDengan iKecelakaan iLalu iLintas iPada iPramudi iBus iTrans iMetro iPekanbaru iZhafran, i1(2), i225–240.
Kurniasih, i2020. iMenguak iPerilaku iSafety iDriving iBerdasarkan iAccident iCausation iModel i5 idan i iProcess iView iOf iRisk. iJakarta: iRenika iCipta.
Kasubdit iDikmas iDitkamsel iKorlantas iPolri. i2022. iData iKecelakaan iLalu iLintas iDi indonesia iTahum i2022. iJakarta: iKasubdit iDikmas iDitkamsel iKorlantas iPolri
Mahachandra, iM., i& iAvviantari, iV. i(2018). iEvaluasi iSafety iCritical iEvent iPengemudi iBus iUntuk iMeminimasi iKecelakaan iLalu iLintas. iJ@ti iUndip : iJurnal iTeknik industri, i13(2), i83. ihttps://doi.org/10.14710/jati.13.2.83-90
Muhammad, iJ., i& iFadilah, iS. i(2020). iPertanggungjawaban iPidana iPerusahaan iBus iDan iSopir iBus iTerhadap iKecelakaan iBus iDi iKabupaten iSukoharjo. i9(1), i1–6.
Mufadal. i2022. iFaktor iYang iBerhubungan iDengan iKecelakaan iLalu iLintas iPadapramudi iBus iTrans iMetro iPekanbaru. iJurnal iKesmas i ihttps://jom.htp.ac.id/index.php/kesmas/article/view/635/233
Negara iD, iJ. iS. iW. iB. i(2017). iAnalisis iKecelakaan iBus iRapid iTransit i(Brt) iSemarang iKoridor ii iTerminal iTerboyo-Terminal iSisemut iUngaran iTahun i2016. i5, i2356–3346. ihttp://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm
Notoatmodjo iSoekidjo. i2018. iMetodelogi iPenelitian iKesehatan. iJakarta: iRenika iCipta.
Prasetyanto i.2020. iKeselamatan iLaluLintas infastruktur iJalan. iBandung: itenas
PP iNo. i55. i2012. iPeraturan iPemerintah iRepublik indonesia iNomor i55 iTahun i2012 iTentang iKendaraan. i iJakarta. i
Rianti, iA. iM., i& iFarida, i. i(2022). iAnalisis iPengujian iKendaraan iUntuk iMeminimalisir iRisiko iKecelakaan iLalu iLintas. iJurnal iKonstruksi, i20(1), i151–160. ihttps://doi.org/10.33364/konstruksi/v.20-1.1043
Rifal, iA. iD. iC., iP.S, iA. iD., i& iHartanti, i. iR. i(2015). iFaktor iRisiko iyang iBerhubungan idengan iKecelakaan iLalu iLintas ipada iPengemudi iBus iP.O iJember indah i(Risk iFactors in iRelation ito iTraffic iAccident in iBus iDrivers iP.O iJember indah i). iArtikel ilmiah iHasil iPeneleitian iMahasiswa, i8. ihttps://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://pdfs.semanticscholar.org/5cf4/676bf1c40b0747af453f40baab2b655e70e3.pdf&ved=2ahUKEwiOwIjguDmAhV2ILcAHYC5BhgQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw2HllFh1nXhZ8Bqr7ouiq0b
Roy iWaluyo i,Budi iHartono, iM. iN. iP. i(2022). iEfek iTabrakan iPada iKendaraan iBus iSebagai iDasar iPengembangan iSistem iPeringatan iDini iTerjadinya iKecelakaan iLalu iLintas. iJurnal iPenelitian iTransportasi iDarat, i24(1), i1–10. ihttps://doi.org/10.25104/jptd.v24i1.2095
Setiawan, iD., i& iAsima, iM. i(2019). iPemetaan iRisiko iKecelakaan iLalu iLintas iDi iRuas iJalan iTol iCipularang. iJurnal iTeknik iSipil, i15(2), i100–113. ihttps://doi.org/10.28932/jts.v15i2.1923
Sugiyanto, iG., i& iSanti, iM. iY. i(2021). iKarakteristik iKecelakaan iLalu iLintas idan iPendidikan iKeselamatan iBerlalulintas iSejak iUsia iDini: iStudi iKasus idi iKabupaten iPurbalingga. iSemesta iTeknika, i18(1), i65–75. ihttps://doi.org/10.18196/st.v18i1.707
Syakur, iR., iKadir, iH. iA., iDassi, iM., i& iUsman, iF. i(2020). iFaktor iYang iBerhubungan iDengan iKejadian iKecelakaan iLalu iLintas iPada iRemaja iDi iSMK iPlus iPrima iMandiri iMakassar. iKomunitas iKesehatan iMasyarakat, i2(2), i89–102.
Sugiyono. i2018. iMetode iPenelitian iPendekatan iKuantitatif, iKualitatif iDan iR&D. iBandung: iAlfabeta.
Sujrweni, iWiratna. i2015. iStatistik iUntuk iKesehatan. iYogyakarta: iGAVA iMEDIA.
DOI: https://doi.org/10.57084/jikmi.v3i1.1771
Refbacks
- There are currently no refbacks.