HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITA DALAM PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SD SLB KASIH BUNDA LAMPUNG SELATAN
Abstract
Anak tunagrahta adalah suatu kondisi suatu kondisi anak yang kecerdasannya jauh di bawah rata – rata (memiliki IQ 70 kebawah) yang ditandai oleh keterbatasan inteligensi dan ketidakcakapan dalam komunikasi sosial. Anak tunagrahta di SD SLB Kasih Bunda Lampung Selatan berjumlah 34 orang yang tidak bisa mandiri dalam perilaku hidup bersih dan sehat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untukxmengetahui hubunganxpola asuhxorang tua denganxkemandirian anak penyandang tunagrahita dalam perilakuxhidup bersihxdan sehat di SD SLB Kasih Bunda Lampung Selatan
Penelitian inixmenggunakan desain CrossxSectional yang dilaksanakan26 Juni – 14 Juli Tahun 2020 di SD Sekolah Luar Biasa Negeri Kabupaten Tanggamus. Populasi penelitian sebanyak 34 siswa dengan sampelxsebanyak 24 siswa Analisis data menggunakan univariatxdan bivariat. Untuk bivariat menggunakan uji chi –squere.
Hubungan antaraxpola asuhxorang tuaxdengan kemandirianxanak penyandang tunagrahita dalam perilaku hidup bersih dan sehat Di SD Sekolah Luar Biasa Negeri Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2020xdengan nilaixp valuexsebesar 0,008. Dari hasilxpenelitian disarankan bagi SD SLB N Kabupaten Lampung Selatan untuk memberikan informasi dan bimbingan kepada orang tua mengenai cara mendidik, melatih serta merawatnya dengan baik agar mandiri khususnya dalam perilaku hidup pada anak tunagrahita.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aprina. 2017. Riset Keperawatan. Bandar Lampung.
Arikunto, Suharsimi. 2014. iProsedur iPenelitian. JAKARTA: Rineka iCipta.
Atmaja, Jati Rinakri. 2017. Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. 2nd ed. Bandung: PT REMAJA ROSDAKRYA.
Amalia. 2019. Pola iAsuh iOrang iTua iPenyandang iTunagrahita iDalam Membentuk Kemandirian iAnak Di Kota Depok.iSkripsi iProgram Studi Keseahteraan iSosial Universitas Islam iNegeri Syarif Hidayattullah Jakarta
Ester Rumaseb dan Sri Mulyani dan Nasrah. 2018. “Hubungan iPola Asuh iOrang iTua Dengan iTingkat Kemandirian iAnak iRetardasi iMental Usia 10-14 Tahun Dalam Melakukan iPerawatan iDiri Di iSlb Negeri Bagian B Jayapura.” 01(2013).
Iswanti, Dwi Indah, Fery Agusman, Motuho Mendrofa, and Kota Semarang. 2019. “Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Tingkat Kemandirian Artikel Riwayat Artikel The Correlation Between Family Support And The Level Of Independence Of Mentally Retarded Children.” 11(2):87–92.
Kemenkes. 2010. Buku Penuntun Hidup Sehat. Jakarta.
Kemenkes. 2013. “Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Pendamping.”Kemenkes. 2018. “Disbilitas.”
Lampung Post. 2018. diakses melalui https://www.lampost.co/berita jumlah anak disabilitas di provinsi lampung.html
Lampung Post. 2019. diakses melalui https://www.lampost.co/berita jumlah anak disabilitas di kabupaten tanggamus.html
Lie, A dan Prasasti, S. 2014. 101 Cara Membina Kemandirian Dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Muliana. 2015. Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kemandirin Anak Retardasi Mental Sedang Di SLB iNegeri Tingkat iPembina iProvinsi iSulawesi Selatan Makassar. Program Studi Keperawatn Fakultas UIN Alaudin Makassar
Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. 2nd ed. JAKARTA: Renika Cipta
DOI: https://doi.org/10.57084/jikmi.v2i2.1778
Refbacks
- There are currently no refbacks.