Edukasi siswa tentang menggosok gigi dengan baik dan benar serta cara mencuci tangan dengan sabun di sekolah

nova mega rukmana

Abstract


Anak usia sekolah merupakan kelompok usia yang kritis, karena pada usia tersebut seorang anak rentan terhadap masalah kesehatan. Menggosok gigi merupakan cara yang paling mudah dan efektif untuk dilakukan dengan baik dan benar agar sisa makan benar benar dapat di hilangkan dari permukaan gigi.Berdasarkan penjelesan tersebut, sangat penting untuk memberikan informasi secara dini dan benar tentang bagaimana Cara Menggosok gigi dengan baik dan benar serta Cara Mencuci tangan dengan sabun sehingga anak anak bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Kegiatan edukasi penyuluhan kesehatan ini menggunakan Penyampaian Materi dan Demonstrasi cara menggosok gigi dengan baik dan benar serta cara mencuci tangan dengan sabun. Agar penyuluhan menarik kami memberikan hadiah door proze bagi peserta yang dapat mengulang tekhnik cara menggosok gigi dengan baik dan benar serta cara mencuci tangan dengan sabun dan dapat menjawab pertanyaan yang diajukan penyuluh

Hasil kegiatan menunjukkan bahwa ada pengaruh edukasi cara menggosok gigi dengan baik dan benar serta cara mencuci tangan dengan sabun Di SDN 2 Way Huwi Lampung Selatan. Kegiatan Pengabdian pada masyarakat ini diharapkan agar anak -anak dapat memahami dan memperaktekan tekhnik cara menggosok gigi dengan baik dan benar serta cara mencuci tangan dengan sabun dalam kehidupan sehari hari baik di lingkungan rumah maupun sekolah.


References


Achmad Harun. 2010, Karies dan Perawatan Pulpa

Pada Anak Secara Komperehensif Makassar,

Bimer

Kementerian Kesehatan RI 2013, Riset Kesehatan Dasar

(RISKESDAS 2013). Jakarta : Penelitian dan

Pengembangan Kesehatan RI

Maryunani, Anik. 2013. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta : CV. Trans Info Media.

Natalia, Debby. 2014. Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Tentang Mencuci Tangan Yang Benar Untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Desain Komunikasi Visual I(1): 1-3.

Sriyono, Niken Widiyanti., 2009, Ilmu Kedokteran Pencegahan, Yogyakarta: Medika FKUGM

Soekidjo Notoatmodjo. 2012, Promosi

Kesehatan di Sekolah, Jakarta,

Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.57084/andasih.v1i1.371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.