PENDAMPINGAN BELAJAR SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK-ANAK DI DUSUN SUREN
Abstract
Abstrak
Sejak pandemi Covid-19 melanda, Kegiatan belajar mengajar di semua jenjang pendidikan dilakukan dari rumah melalui sistem daring (online), akibatkan ilmu yang didapat anak-anak tidak maksimal. Hal ini disebabkan banyak kendala dalam pelaksanaannya seperti fasilitas sekolah yang belum mendukung dan kemampuan guru dalam memanfaatkan media online masih minim. Berada di daerah yang notabennya masih tertinggal dalam segi pendidikan dan pembangunan membuat pembelajaran online sangat sulit untuk dilakukan di dusun Suren di Kabupaten Ngawi dan guru hanya memanfaatkan media Whatsapp dalam pembelajarannya. Hal ini mengakibatkan motivasi belajar anak dalam mengikuti pembelajaran menurun. Keadaan tersebut mengakibatkan Perlu adanya bantuan pendampingan belajar di rumah untuk membantu membimbing dan mengajar anak-anak jika mengalami kesulitan dalam belajar di rumah, dengan demikian dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka dengan yaitu metode ceramah, diskusi dan quis. Semua anak antusias dan semangat serta merasa senang dalam mengikuti kegiatan pendampingan belajar. Kegiatan pendampingan belajar bagi anak TK, SD/Sederajat ini menjadi pengabdian yang sangat penting dilakukan di masa pandemi ini untuk meningkatkan motivasi belajar anak serta menghindari kejenuhan anak-anak dalam menjalani pembelajaran daring.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pandemi Covid-19, Pendampingan Belajar, Pembelajaran Daring,
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Amaliah, Raden Rizky A, dkk. Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Quran, 10( 2), 2014
Dewi, Wahyu Aji Fatma. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring DI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2 Nomor 1(April 2020), 56.
Emda, Amna. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 5 (2), 2017.
Handarini, Oktafia Ika, Siti Sri Wulandari. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8 ( 3), 2020
Kusuma, Anggara Tirta, dkk. Program Bimbingan Belajar Di Pucang Arjo, Surabaya Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Uuntuk Siswa TK Hingga SD (Sekolah Dasar). Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service). 5 (1), 2021
Magdalena Ina, dkk. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2 (3), 2020
Pradnyana, Putu Beny, dkk. Pendampingan Kegiatan Belajar di Rumah Secara Privat di Masa Pandemi COVID-19 Dilingkungan Kabupaten Bangli Bagian Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4 (1), 2020
Rizkiya, Amanatu, dkk. Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Pokok Akhlak Terpuji Kelas X MIPA 1 MAN 1 Kota Malang. Vicratina, 4 (3), 2019
Santoso, Agus, Yunni Rusmawati. Pendampingan Belajar Siswa Di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Desa Guci Karanggeneng
Lamongan. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 (2), 2019
Yuhenita, Nofi Nur, dkk. Pendampingan Dalam Menghadapi Pembelajaran DI Masa Pandemi Bagi Warga Dusun Macanan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4 (2),2021
DOI: https://doi.org/10.57084/andasih.v2i2.683
Refbacks
- There are currently no refbacks.