PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENJUALAN
Abstract
Abstract
This research aim to discover and analyze whether operational audit of sales within the company have been implemented adequately, if the sale has been implemented effectively on the company, and to know how to audit roles ini supporting the operational effectiveness of sales. This research using a sample as many as 43 people respondent which is a population of employees on the object of research. Method of data collection is carried out directly by using questionnaires and interviews to company management. While the analysis is used to determine the relationship of variables (X) Audit of operational variables bound (Y) that sales effectivensss is a simple linear regression analysis. This research result indicates that the answers respondents for variables operational audit the average score 52,33 and 51,2% answer% of respondents below average, so can be concluded that the audit operational on PT. Uber Anugerah Motor Bandar Lampung. And for variables effetiveness sales the average score 46,86 and 51,2% answer of respondents above average, so it can be inferred that the effectiveness of sales has been carried out quite effectively. Based on test results obtained variable rate coefficient of relationship correlation (R) of 0,560 concluded that the variable operational audit had a relationship that was entered in the category of sales effectiveness.
Keywords: Operational audit, effectiveness of sales
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah audit operasional penjualan dalam perusahaan telah dilaksanakan dengan baik, apakah penjualan telah dilaksanakan secara efektif pada perusahaan, dan untuk mengetahui peran audit dalam mendukung efektivitas operasional penjualan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 43 orang responden yang merupakan populasi karyawan pada obyek penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menggunakan kuesioner dan wawancara kepada manajemen perusahaan. Sedangkan analisis yang digunakan untuk mengetahui hubungan variabel (X) audit terhadap variabel operasional yang terikat (Y) dengan efektivitas penjualan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jawaban responden untuk variabel audit operasional rata-rata skor 52,33 dan 51,2% jawaban responden dibawah rata-rata, sehingga dapat disimpulkan bahwa audit operasional pada PT. Tunas Dwipa Matra Bandar Lampung. Dan untuk variabel efektivitas penjualan skor rata-rata 46,86 dan 51,2% jawaban responden diatas rata-rata, sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas penjualan yang dilakukan sudah cukup efektif. Berdasarkan hasil pengujian variabel tingkat koefisien korelasi hubungan (R) diperoleh sebesar 0,560 disimpulkan bahwa variabel audit operasional memiliki hubungan yang masuk dalam kategori efektivitas penjualan.
Kata kunci: Audit operasional, efektivitas penjualan
Full Text:
PDFReferences
Arens, Alvin A, and James K. Loebbecke, 2000, Auditing an Integrated Approach, Edisi Indonesia oleh Amir Abadi Jusuf, Jakarta, Salemba Empat.
Boyton, Raymond N. Johnson and Water G. Kell, 2001, Modern Auditing, 7th edition, New York: John Willey and Sons, Inc.
Duwi Priyatno. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom
Mardiasmo. 2005. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi
Mulyadi, 2001, Sistem Akuntansi, Edisi ke 3, Jakarta: Salemba Empat
Nugroho Widjayanto. 2005. Pemerikasaan Operasional Perusahaan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharli, Michell, 2009. Pelaporan Keuangan, PT Grasindo, Jakarta.
Tunggal, A.W. 2005. Internal Auditing, Penerbit Harvarindo, Jakarta.
Tunggal, A.W. 2007. Financial Statement Auditing, Penerbit Harvarindo, Jakarta.
Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks. Kelompok Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.57084/jata.v4i2.1165
Refbacks
- There are currently no refbacks.