PENERAPAN PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN INTERNAL AUDIT SISTEM INFORMASI

SUKENDO KURNIA PRATAMA

Abstract


Audit terhadap sistem informasi dilakukan untuk menilai apakah suatu sistem komputer yang ada dalam badan usaha mampu melindungi aset, menjaga integritas data dan memungkinkan tercapainya tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Seperti diketahui, badan usaha harus melakukan pengendalian terhadap sistem informasi akuntansi yang berlaku dan secara berkala harus melakukan audit terhadap sistem informasi tersebut karena biaya yang timbul akibat kesalahan dan kecurangan yang terjadi dalam sistem ini dapat menjadi besar. Biaya yang mungkin timbul terkait dengan pencurian, korupsi atau kerusakan database, kesalahan dalam pembuatan keputusan yang disebabkan karena sistem informasi yang jelek kualitasnya, kerugian karena computer abuse, kerugian hardware, software dan personel komputer yang berharga bagi badan usaha, kegagalan dalam mengendalikan penggunaan komputer dalam badan usaha.

Kesalahan dan kecurangan yang terjadi dalam sistem informasi akan mempengaruhi kemampuan badan usaha untuk bertahan. Hal ini dikarenakan dalam badan usaha, sistem informasi akuntansi sangat berperan dalam penyediaan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan di semua tingkatan manajemen dalam aktivitas perencanaan dan pengendalian. Apabila informasi yang disediakan tidak akurat maka akan menyebabkan pengambilan keputusan yang tidak tepat. Apabila hal ini berlangsung terus-menerus akan mempengaruhi kelangsungan hidup badan usaha.

References


Asmuni, I. 2006, Kertas Kerja Audit Sistem Informasi (Sebuah Gagasan Baru Dalam Standar Profesional Pemeriksaan Dan Pengembangan Sistem Informasi). Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 130077.

Cascarino, Richard. 2012. Auditor’s Guide to It Auditing. John Wiley & Sons, Inc., Hoboken. New Jersey

Fitrianah, D., & Sucahyo, Y. G. (2008). Audit sistem informasi/teknologi informasi dengan kerangka kerja COBIT untuk evaluasi manajemen teknologi informasi di Universitas XYZ. Jurnal Sistem Informasi, 4(1), 37-46.

Gondodiyoto, S, 2007, Audit Sistem Informasi: Pendekatan Cobit, Edisi Revisi,Mitra Wacana Media, Jakarta.

SACA. 2007. CobiT 4.1. United States of America: IT Governance Institute

Safira, D. M. (2019). TUJUAN AUDIT SISTEM INFORMASI.

Susanti, Yeni, 2016, "AUDIT SISTEM INFORMASIDAN PROSEDUR NYA."

W. Ron. 2004, Audit Sistem Informasi.

Weber, Ron. 1999, Information Systems Control and Audit, 2nd edition, Prentice Hall Inc, New Jersey.

Wella, W. (2013). Audit sistem informasi menggunakan cobit 4.1 pada pt erajaya swasembada, tbk( Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara).

Whitten, Bentley and Dittman, 2004. Analysis and Design Information Systems. Prentice Hall




DOI: https://doi.org/10.57084/jata.v1i2.180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.