FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN KANTIN WAKCIK (Studi Pada Mahasiswa Yang Berdomisili di Seputar Kampus UIN Raden Intan Bandar Lampung)

Jeny Puspita

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen kantin Wakcik di Sukarame Bandar Lampung.Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang responden yang merupakan mahasiswa yang berdomisili di seputar kampus UIN Raden Bandar Lampung sebagai objek penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan secara langsung  dengan menggunakan kuesioner dan wawancara kepada mahasiswa yang menjadi konsumen kantin Wakcik. Sedangkan analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas kualitas produk (X1), harga(X2)dan kualitas pelayanan  (X3) terhadap variabel terikat  yaitu kepuasan konsumen (Y) adalah analisis regresi linear berganda, dengan program SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 karena uji dua sisi maka 2,5% dan n = 100 diperoleh t tabel sebesar = 1,98498. Sedangkan t hitung untuk budaya organisasi dilihat dari output olah data adalah 2,145 untuk kualitas produk, 3,235 untuk harga, dan2,421 untuk kualitas pelayanan (t hitung > t tabel) maka berdasarkan uji t ini disimpulkan kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumenpada kantin Wakcik di Sukarame Bandar Lampung. Dengan uji F Tingkat signifikansi menggunakan 0,05 (∂ = 5%) maka diperoleh F tabel sebesar 2,70. Sedangkan berdasarkan output olah data diperoleh F hitung sebesar 350,7100,  karena F hitung > dari F tabel maka dapat disimpulkan bahwa secara bersama ada pengaruh signifikan antara variabel bebas (kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan) terhadap variabel terikat (kepuasan konsumen) pada kantin Wakcik di Sukarame Bandar Lampung.

 

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen


Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto,& I. Setyobudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller 2016. Marketing Managemet.Edisi 1. Global Edition. Pearson.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Mithahudin.2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Kantin Unsiq Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Unsiq)” dalam Jurnal: PPKM III,h 281-288.

Mowen, John C dan Minor, Micheal.2012. Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya.Jakarta : Erlangga

Rabiah. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Nesmilo di Samarinda”dalam E-Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.8 No.1

Rosnitawati, Putri. & Simangunsong, Desi W.T. 2016. “Analisis Kualitas Makanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Penyelenggaran Makanan di Kantin Universitas Esa Unggul”. dalam Jurnal: Nutrire Diaita, Vol.8 No.2

Sulistyawati, Ni Made Arie. 2015. “Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar” dalam E-Jurnal Manajemen Unud. Vol.4 No.8

Wood, M. B. 2009. Buku Panduan Perencanaan Pemasaran, Edisi Ketiga.(Terjemahan Benyamin Molan). Jakarta: PT. Indeks.




DOI: https://doi.org/10.57084/jata.v2i2.685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.