Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Telkom (Persero) Tbk Kandatel Lampung
Abstract
Permasalahan yang diteliti adalah ingin menganalisis pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Telkom (Persero) Tbk Kandatel Lampung karena rata-rata penjualan yang terealisasi hanya sebesar 83,76% per bulan, sementara biaya promosi yang dikeluarkan selama tahun 2020 untuk periklanan, wiraniaga, dan promosi penjualan menunjukkan perkembangan yang fluktuatif dengan rata-rata 7,46% per bulan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dilakukan dengan cara membaca dan mempelajari buku-buku, karya ilmiah dan penunjang kepustakaan lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini dan penelitian lapangan dilakukan dengan meneliti langsung pada PT. Telkom (Persero) Tbk Kandatel Lampung, melalui metode wawancara dan penyebaran kuesioner yang berkaitan dengan biayapromosi dan pengaruhnya terhadap volume penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis regresi linear berganda diperoleh nilai (R2) sebesar 0,812 yang berarti sumbangan dari biaya periklanan, biaya wiraniaga, dan biaya promosi penjualan sebesar 81,2% terhadap volume penjualan, sedangkan 18,8% disebabkan faktor lain. Pada pengujian Fisher (Uji F), diperoleh perhitungan yang berbeda nyata dengan nol, dimana F hitung (11,528) ) F tabel (4,066).Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, biaya periklanan, biaya wiraniaga, dan biaya promosi penjualan mempunyai pengaruh yang berarti terhadap volume penjualan pada PT. Telkom (Persero) Tbk Kandatel Lampung. Pada uji secara parsial (Uji-t) uji hipotesis diketahui bahwa biaya periklanan, t hitung (3,344) >t tabel (1,796) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti biaya periklanan (X1) berpengaruh secara positif terhadap volume penjualan pada tingkat kepercayaan 95%, biaya wiraniaga, t hitung (-3,763) < t tabel (1,796), sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian secara statistik variabel X2 tidak memiliki pengaruh terhadap volume penjualan atau variabel terikat pada tingkat kepercayaan 95% biaya promosi penjualan, t hitung (2,315) > t tabel (1,796), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti biaya promosi penjualan (X3) berpengaruh secara positif terhadap volume penjualan pada tingkat 95%.
Kata Kunci : Biaya Promosi, Volume Penjualan
Full Text:
PDFReferences
Angiporo, Marius P. 2001. Dasar-dasar Pemasaran.Edisi 1.Cetakan1.Penerbit
Raja Grafindo Persada.Jakarta.
Assuri, Sofian. 2001. Manajemen Produksi. Penerbit LP3ES. Jakarta.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia Analisis Perencanaan,
Implementasi danPengendalian. Alih Bahasa A.B Sutanto. Penerbit Salemba
Empat. Jakarta.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Alih Bahasa Benyamin
Molan.Penerbit Prenhallindo. Jakarta.
Mc. Charty, E. Jerome. 2003. Dasar-dasar Pemasaran.Diterjemahkan olehAgus
Darma.Edisi 3.Penerbit Erlangga. Jakarta.
Nitisemito, Alex. 2001. Manajemen Personalia.Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.
Stanton, William J. 2001. Prinsip Pemasaran.Edisi VII Jilid I dan II.
Alih Bahasa oleh Yohanes Lamario. Penerbit Erlangga.
Swastha, Basu D.H danIrawan.2001. Manajemen Pemasaran Modern.Edisi Kelima.
Penerbit Erlangga. Jakarta.
Supranto, J. 2001. Pengantar Metode Statistik. Jilid II. Penerbit LP2UI.Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.57084/jata.v2i2.691
Refbacks
- There are currently no refbacks.