PENGARUHE-COMMERCE DAN PROMOSIDI MEDIASOSIAL TERHADAP KINERJA PEMASARAAN

Ulfa Fitriyani Yapan

Abstract


Abstrak: Berbagai organisasi terutama organisasi bisnis sudah banyak yang memanfaatkan teknologiinternet.Menggunakanteknologiinternetmerupakancarayanginovatifdalammelakukankegiatanperusahaanuntukmemasukipasardiduniamayayangdisebutsebagaielectroniccommerce(e-commerce).Dengan memanfaatkan teknologi internet, pelaku bisnis dapat melakukan berbagai kegiatan usaha bisnissecara elektronik seperti misalnya transaksi bisnis, berbagi informasi dengan konsumen dan suplier untukmempertahankan hubungan sebelum, selama dan setelah proses pembelian. Tujuan penelitian ini adalahmengetahui pengaruh kemampuan e-commerce dan promosi di media sosial terhadap kinerja pemasaranpegadang. Sampel dalam penelitian ini adalahpegadang di Pasar Pagi Kota Tegal yang berjumlah 100orang.Pengolahandatadalampenelitianinimenggunakananalisisregresi.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa:1)kemampuane-commerceberpengaruhtidaksignifikanterhadapkinerjapemasaranpegadang,2)promosi di media sosial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pegadang dan 3)kemampuane-commerce dan promosi di media sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaranpegadang

Full Text:

PDF

References


Ambrose Jagongo, Catherine Kinyua, 2013. The Social Media and Entrepreneurship Growth.International Journal of Humanities and Social Science Vol. 3 No. 10 (Special Issue –May2013).

Bernadi, J. 2013. Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Velg YQ.ComTech.4(2). Hlm.731-741.

Ferdinand, AT. 2000. Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategis. Badan PenerbitUndip

Kaplan, Andreas and Michael Haenlein. 2010. Users of the world, unite! The Challenges andOpportunities of Social Media. Kelley School of Business. Business Horizons, Vol. 53,No.1, pp.59-68

Kwahk, K. Y., & Ge, X. (2012). The Effects of Social Media on E-Commerce: A Perspective ofSocialImpactTheory.45thHawaiiInternationalConferenceonSystemSciences.ISBN:978-0-7695-4525-7/12©2012IEEEDOI10.1109/HICSS.2012.564.Hlm.1814-1823.

Li, H., & Hong, J. 2013. Factors Influencing Consumers’ Online Repurchasing Behavior: AReviewand ResearchAgenda. iBusiness.5(4). Hlm.161-166.

Schneider,G.2012.ElectronicCommerce.TenthEdition.CengageLearning.

Swastha,BasuDHdanIrawan.2008.ManajemenPemasaranModern.Yogyakarta:Liberty

Offset.

Tamimi,N.,Sebastianelli,R.&Rajan,M.2005.Whatdoonlinecustomersvalue?.QualityProgress,vol. 38(7), pp. 35-39.

Hidayat,Taufik.2008.PanduanMembuatTokoOnlinedenganOSCommerce.Jakarta:Mediakita.

Laudon,KennethC,dkk,2003.SistemInformasiManajemen.Jakarta:SalembaEmpat,JakartaTjiptono,Fandy.2008.Strategipemasaran.Yogyakarta:Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.