PENGARUH PENERAPAN E-COMMERCE DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DI PT. BALAI IKLAN BANDUNG

Chandra Gunawan

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  dilakukan  untuk  mengetahui  pengaruh  penerapan  e-commerce  dan  reputasi

perusahaan terhadap keunggulan bersaing di PT. Balai Iklan Bandung. Dimana terjadi penurunan keunggulan bersaing PT. Balai Iklan akibat beralihnya pelanggan untuk menggunakan jasa situs jual beli online seperti olx.co.id, berniaga.com, kaskus.co.id. Masalah lainnya adalah bahwa penerapan bisnis e-commerce balaiiklan.com masih kurang optimal, serta PT. Balai Iklan yang hanya memiliki reputasi di Bandung dan sekitarnya (skala lokal), dan belum ke seluruh Indonesia (skala nasional). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan memberikan kuesioner terhadap 150 orang responden   dari populasi sebanyak 240 orang yang merupakan pelanggan yang  memasang  iklan  melalui  situs  balaiiklan.com.  Metode  analisis  yang  digunakan  adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif. Dengan uji statistik melalui uji asumsi klasik menggunakan program Eviews 8. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-commerce, reputasi perusahaan, dan keunggulan bersaing di PT. Balai Iklan Bandung baik. Dan  pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan e-commerce maupun reputasi perusahaan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing baik secara parsial maupun simultan. Dari hasil uji statistik diperoleh R squared sebesar 0,371, yang berarti penerapan e-commerce dan reputasi  perusahaan  berpengaruh  terhadap  keunggulan  bersaing  sebesar  37,1%,  sedangkan sisanya sebesar 62,9% dipengaruhi oleh variabel lain.


Full Text:

PDF

References


Asiabugwa, Mary A. & Munyoki, Justus.

E-Commerce Strategy and

Performance of Commercial Banks in Kenya. African Journal of Business and Management. Vol. 3. 52-66.

Awang, Zainudin Hj & Jusoff, Kamaruzaman. 2009. The Effects of

Corporate Reputation on the Competitiveness of Malaysian Telecommunication Service Providers.

International Journal of Business and

Management. Vol. 4, No. 5. 173-178. Chaffey, Dave. 2009. E-Business and E-

Commerce Management Fourth

Edition. Harlow: Pearson Education

Limited.

Daneshvar, Poolad & Ramesh, H.N. 2010.

Review of Information Technology Effect on Competitive Advantage- Strategic Perspective. International Journal of Engineering Science and Technology. Vol. 2 (11). 6248-6256.

Dirisu, J.I., Iyiola, O. & Ibidunni, O.S.

Product Differentiation: A Tool of Competitive Advantage and

Optimal Organizational Performance

(A Study of Unilever Nigeria Plc).

European Scientific Journal. Vol. 9, No. 34. 258-281.

Irmawati, Dewi. 2011. Pemanfaatan E- Commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, Edisi ke-

VI. 95-112.

Iwu-Egwuonwu, Ronald C. 2011.

Corporate Reputation & Firm Performance: Empirical Literature Evidence. International Journal of Business and Management. Vol. 6, No.

197-206.

Kotler, P & Armstrong. 2014. Principles of Marketing, fifteenth edition. Harlow: Pearson Education Limited.

Makhija, P., Leena, J. & Nagpal K. 2013.

Utilization of Technology in Human

Resource Management. Astitva International Journal of Commerce Management and Social Sciences. Vol.

, No. 3. 72-89.

Nanehkaran, Yaser A. 2013. An Introduction to Electronic Commerce. International Journal of Scientific and Technology Research, Vol. 2, Issue 4.

-193.

Nimako, Simon G. 2012. Confirmatory factor analysis of service quality

dimensions within mobile telephony industry in Ghana. The Electronic

Journal Information Systems

Evaluation. 197-215.

Padget, Robert C. & Moura-Leite, Rosamaria C. 2012. The impact of

R&D intensity on corporate reputation:

Interaction effect of innovation with high social benefit. Intangible Capital. Vol. 8, No. 2. 216-238.

Pakaya, Abd. Rahman. 2011. Pengaruh

Manajemen Sumberdaya Manusia

Strategi dan Manajemen Transformasi Terhadap Keunggulan Bersaing. Inovasi, Vol. 8, No. 3. 102-124.

Ponzi, L. J., Fombrun, C. J. & Gardberg, N.

A. 2011. RepTrak™ Pulse:

Conceptualizing and Validating a Short-Form Measure of Corporate Reputation. Corporate Reputation Review. Vol. 14, No. 1. 15-35.

Smaiziene, Ingrid & Jucevicius, Robertas.

Corporate Reputation: Multidisciplinary Richness and Search for a Relevant Definition. Inzinerine Ekonomika-Engineering Economics. Vol. 2. 91-101.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tambajong, Geraldy. 2013. Bauran

Pemasaran Pengaruhnya Terhadap

Penjualan Sepeda Motor Yamaha di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA, Vol. 1, no. 3.

-1301.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.