Aplikasi E-Business Dan E-Commerce Untuk Pemasaran Dan Penjualan Produk Pakaian Khas Lampung

Ulfa fitriyani, Eva Itma Anna, Intan Oktaria

Abstract


Komputer merupakan alat elektronik yang tersusun dalam komponen elektronik yang berfungsi untuk mengolah data berupa input, proses dan output. Dengan adanya komputer sistem pengolahan data menjadi lebih cepat dan akurat. Komputer banyak memberikan keunggulan terutama dalam menunjang operasi kegiatan dan pengambilan keputusan.Dimana Aplikasi web sebagai aplikasi yang mampu menjadi branding dan kekuatan secara digital akan menjadi solusi. Seluruh produk akan ditampilkan di web dan dibuat sistem pembelian baik secara bijian ataupun sebagai supplier.Butik indira merupakan salah satu butik yang ada di Bandar lampung. Di dirikan pada tahun 2007, butik indira secara sukses berhasil menjadi butik yang mampu bersaing di pasar bisnis. Dengan produk utama baju wanita dengan berbagai jenis dan bahan menjadikan butik indira  menjadi tempat tersendiri di hati para pelanggannya. Namun dari sisi teknologi butik indira belum memanfaatkan secara maksimal. Sistem informasi pemasaran dan penjualan yang dilakukan sekarang belum optimal, dan belum menghasilkan informasi yang spesifik yang sampai ke Pelanggan Dan termasuk Belum adanya Pola Stok secara sistem yang akan mempermudah penyampaian informasi ke pelanggan secara akurat. Sehingga dibuatnya sebuah sistem dan aplikasi berbasis pemasaran dan penjualan berbasis website kan menjadi solusinya. Butik Indira dengan menerapkan aplikasi ini akan memperbaiki banyak haldan akan membuat sistem penjualan dan pemasaran menjadi akurat.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi, Penjualan, Website


Full Text:

PDF

References


Anggara, N. A. A., Hutahaean, J., & Iqbal, M. (2022). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Dalam Sistem Informasi Penjualan Kosmetik Berbasis Web. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(4), 480-488.

Fakultas Komputer. 2022. “Panduan Skripsi Fakultas Komputer.”

Fathoroni, A., Fatonah, R. N. S., Andarsyah, R., & Riza, N. (2020). Buku Tutorial Pemprograman Web Lanjut CV. Kreatif Industri Nusantara.

Fauzi, F., Wulandari, W., & Aprilia, S. (2021). Sistem Informasi Penjualan Produk Berbasis Web Pada Chanel Distro Pringsewu. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 4, 41-47.

Handayani, S. (2018). Perancangan sistem informasi penjualan berbasis e-commerce studi kasus toko kun jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182-189. Komputindo. Jakarta.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital. Gramedia Pustaka Utama.

Prehanto, Dedy Rahman, S Kom, and M Kom. 2020. Buku Ajar Konsep Sistem Informasi. Scopindo Media Pustaka. Jakarta

Rianto, Indra. 2021. Rekayasa Perangkat Lunak. Penerbit Lakeisha. Jakarta.

Siagian, Yessica. 2021. “Sistem Pendukung Keputusan.” Elex Media

Zaliluddin, D., & Rohmat, R. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus Pada Newbiestore). INFOTECH journal, 4(1), 236615.

Zamzami. 2020. “Membuat Aplikasi Web Dengan Framework Laravel”. Andi Offsett. Yogyakarta

Hartanto, B., Ikhwan, A., Pramono, D. E. H., Sukri, H., & Purnomo, R. F. (2024). Leveraging Artificial Intelligence to Combat Corruption: Innovative Solutions for Transparent Governance. RISTEC: Research in Information Systems and Technology, 5(2), 1-13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.