Pengaruh Iklan, Persepsi Kualitas, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Devita Adela V, Nurhaliza Tri Fabella, Agum Alfanis

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan pengujian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan, persepsi kualitas, dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 77 responden. Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan desain survey secara crossectional. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan form (kuesioner) berupa pernyataan secara online kepada responden. Uji statistik dilakukan dengan menggunakan Structurel Equation Modelling berbasis PLS. Uji validitas menggunakan nilai faktor loading, sedangkan uji reabilitas menggunakan nilai cronbach’c alpha, composite reability dan Average Variance Extracted (AVE).  Setelah seluruh hasil item indikator yang digunakan dalam penelitian ini valid dan reliable, selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Dari ketiga hipotesis yang diajukan seluruhnya terdukung, namun untuk hipotesis pertama dan ketiga tidak signifikan.

Kata Kunci : Iklan, Persepsi Kualitas, Citra Merek, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Bakti, U., Hairudin, H., & Alie, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. JURNAL EKONOMI, 22(1), 101–118.

Firmansyah, A. (2016). Pemasaran : Dasar dan Konsep. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE).

Guspul, A. (2018). Pengaruh Strategi Green Marketing Pada Bauran Dalam Membeli Produk Herbalife ( Studi Kasus Pada Club “ Sehatway ” Di Wonosobo ). 107–122.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis. In Vectors. https://doi.org/10.1016/j.ijpharm.2011.02.019

Harjati, L., & Sabu, O. (2014). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop. 1(November).

Jayanti, R. D., Jayanti, R. D., & Zuhri, M. Z. (2017). Analisis Pengaruh Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Teh Pucuk Harum Pada Konsumen De Nala Foodcourt. 12(1), 33–46.

Juddi, M. F., Perbawasari, S., & Zubair, F. (2019). Communication Competence in Cross-Culture Conflict(Case Study of Communication Competence in Reducing Misunderstandings on Indonesian Migrant Workers inTaiwan through PT Alkurnia Sentosa International).

https://doi.org/10.33422/icarss.2019.03.91

Kotler dan Amstrong. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. In Erlangga.

Kriyantono, R. (2013). Manajemen Periklanan, Teori dan Praktik. In Google Play Book.

Liliweri. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study.

Manajemen,

P. S. (2015). Pengaruh motivasi konsumen, persepsi kualitas, sikap konsumen dan harga terhadap keputusan pembelian mobil nissan grand livina di dealer pusat pt nissan motor indonesia jl. mt haryono kav. 10 jakarta timur. 2(3), 12–21.

Merek, P. C., Dan, H., Terhadap, P., Yogyakarta, D. I., & Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. IV(2), 60–69.

Mitrawan, A., & Agustina, V. (2014). ANALISIS KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU FLEXI DI BANDAR LAMPUNG. JURNAL STIE GENTIARAS, 6(1), 81–90.

Morissan. (2015). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. In Jakarta: Prenada Media Group.

Muhith, A., & Siyoto, S. (2018). Aplikasi Komunikasi Terapeutik Nursing & Health. In Konsep Dasar komunikasi.

Nainggolan, N. T., Munandar, M., Sudarso, A., Nainggolan, L. E., Fuadi, F., Hastuti, P., Ardiana,

Yudhi, D. P., Sudirman, A., Gandasari, D., Mistriani, N., Kusuma, A. H. P., Rumondang, A., & Gusman, D. (2013). Perilaku Konsumen di Era Digital. Journal of Chemical Information and Modeling.

Penelitian, A., Mugirejo, K., Sungai, K., Samarinda, P., Ahm, P., Beat, H., Kunci, K., & Saat, P. (2017). Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Di Kelurahan Mugirejo Kecamatan. 5(1), 180–192.

Persepsi, P., Produk, K., Purna, L., & Aceh, B. (2019). Jurnal Humaniora. 3(1), 14–25.

Prasetyo, B. D., Febriani, N. S., Asmara, W. W., Tamitiadini, D. D., Destrity, N. A., Avina, D. A. A., Ilahi, A. K., Nugroho, D. A., Mulyana, D., LSPR, Kamal, M., Widodo, T., Hamid, F., Budianto, H., Hamdan, Y., Ratnasari, A., Hirzi, A. T., Gunawan, W. M., Fitriah, M., … Prasetya, A. (2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. In Jurnal Administrasi

Bisnis (JAB).

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. In Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen.

Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Brand Awareness serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. 1(1), 1–15.

Simamora, B. (2003). Aura Merek, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sumarwan, U. (2014). Model Keputusan Konsumen. Perilaku Konsumen.

Susanto, & Wijanarko, H. (2004). Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. In Strategi Mengembangkan Identitas Merek.

Suyanto, M. (2004). Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan. 2004.

Terhadap, M., Pembelian, K., Bisnis, A., & Telkom, U. (2017). Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk smartphone oppo pada mahasiswa universitas telkom. 81–94.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.