Pengaruh Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Y.O.U

Melia Purwita Sari, Luluk Aulia Rachman, Duan Ronaldi

Abstract


ABSTRACT

This study aims to examine the effect of price, promotion and trust on purchasing decisions for Y.O.U products. The method used in this research is a questionnaire. The sample of this study amounted to 85 respondents. Statistical tests were performed using PLS-based Structural Equation Modeling. The validity test uses the factor loading value, while the reliability test uses the Cronbach's alpha, Composite Reliability and Avarage Variance Extracted (AVE) value. Of the three proposed hypotheses, all are supported, but the third hypothesis is not significant. The conclusion of this study is that price and promotion have a positive and significant effect on purchasing decisions for Y.O.U. products, and trust has a positive but not significant effect on purchasing decisions for Y.O.U. products.

Keywords: price, promotion, trust and purchase decision

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga, promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk Y.O.U. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner. Sampel dari penelitian ini berjumlah 85 responden. Uji statistic dilakukan dengan menggunakan Structurel Equation Modelling berbasis PLS. Uji validitas menggunakan nilai factor loading, sedangkan uji reliabilitas menggunakan nilai Cronbach’s alpha, Composite Reliability dan Avarage Variance Extracted (AVE). Dari ketiga hipotesis yang diajukan seluruhnya terdukung, namun untuk hipotesis ketiga tidak signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Y.O.U., dan kepercayaan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk Y.O.U.     

Kata Kunci: harga, promosi, kepercayaan dan keputusan pembelian


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA :

Adi, R. N. (2013). Analisa Faktor Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dengan Sistem Pre Order Secara Online (Studi Kasus Pada Online Shop Chopper Jersey). Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang.

Annur, Mujib, Ida Aryati, dan Siti Maryam. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Lion Air Di Bandara Adi Sumarmo Solo.

Ati, Pitri Sahayu Ubat, Islamudin, dan Meilaty Fintharia Sari. (2020). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Elektronik Merek Polytron.

Bakti, Umar, Hairudin Hairudin, and Maria Septijantini Alie. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada Di Bandar Lampung.” JURNAL EKONOMI 22 (1): 101–18.

Cooper, D. R, dan Schindler, P. S. (2014). Business research methods. New York: McGraw-Hill Education.

Handoko, Hani, T. dkk. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.

Hasan, Ali. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Y

ogyakarta : CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Irawan, Roni, Nawangsih, dan Riza Bahtiar. (2019). Pengaruh Promosi, Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Onderdil Astra Honda Motor (AHM) pada UD. Rasa Motor di Lumajang.

Istiyanto, Budi. dkk. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Jasa Rental Mobil di Surakarta.

Kumala, Firza Oktavia Nurul, dan Moch. Khoirul Anwar. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Perumahan PT. Hasanah Mulia Investama.

Kurniawati, Mika. (2020). Pengaruh Harga, Gaya Hidup, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Elzatta.

Kotler, Phillip and Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management (14th Edition). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Masbullah, dan Salmi Yuniar Bahri. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kerajinan Tenun Gedongan Di Desa Pringgasela Selatan Lombok Timur (Studi Kasus Pada Kelompok Nine Penenun (KNP) Desa Pringgasela Selatan).

Sangadji, Etta Mamang, dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sunyoto, Danang. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta : Centre of Academic Publishing Service (CAPS).

Susanti, Febsri dan Ade Candra Gunawan. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang.

Vicario, Ivan Demas. (2020). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Di Surabaya.

Yusra, Irdha dan Rio nanda. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Kinol Bistro N’poll Di Kota Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.