Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian pada Thrift Store di Instagram

Tri Putra Ganesha, Sriayu Rinanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga, kualitas produk, dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Toko Barang Bekas di Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui survei dengan instrumen kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen di Thrift Store Instagram dengan jumlah 72 responden. Uji statistik dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling berbasis PLS. Uji validitas menggunakan nilai factor loading, kemudian uji reliabilitas menggunakan nilai Cronbach'c alpha, composite reliability dan Average Variance Extracted (AVE). Setelah semua hasil item indikator yang digunakan dalam penelitian ini valid dan reliabel, maka hipotesis pun diuji. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan P-Value (0,001 <0,05), kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan P-Value (0,003 <0,05). . Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan P-Value (0,204> 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya menjaga kualitas produk, memberikan harga yang sesuai, dan menjamin kepuasan konsumen guna meningkatkan keputusan konsumen dalam pembelian.

Full Text:

PDF

References


A. Muiszudin, and Ori Sista. 2017. “Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Di PT.Arwana Internusa Tour Pontianak.” JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI. https://doi.org/10.29406/jmm.v12i1.432.

Abshor, Muhammad Ulil, Leonardo B Hasiolan, and Djamaludin Malik. 2018. “Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Torabika Duo.” Journal Ekonomi Dan Bisnis.

AMILIA, S. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa.” Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam.

Aziz, Nazaruddin. 2019. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Merek Aicos Produksi Pt. Bumi Sarimas Indonesia,” 1–9. https://doi.org/10.31219/osf.io/w6dt5.

Bakti, U., Hairudin, H., & Alie, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. JURNAL EKONOMI, 22(1), 101–118.

Fatmawati, Nurul, and Euis Soliha. 2017. “Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic ‘Honda.’” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management. https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i1.5134.

Fernando, Made Fajar, and Ni Made Asti Aksari. 2017. “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SANITARY WARE TOTO DI KOTA DENPASAR.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p17.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multiverat Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryoko, Ugeng Budi, Veta Lidya Delimah Pasaribu, and Ardiyansyah Ardiyansyah. 2020. “PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA FIRMAN DEKORASI (WEDDING ORGANIZER).” POINT. https://doi.org/10.46918/point.v2i1.566.

Kotler, P. & Armstrong, G. 2008. “Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1.” Manajemen Pemasaran.

Kotler, Amstrong. 2013. Lokasi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan. JurnallEMBAAA A.

Mahanani, Estu. 2018. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mataharimall.Com.” Kraith-Humaniora.

Mailensun, Rachel Helena, and Afandi Bangun. 2019. “Keputusan Membeli Produk Private Label Di Minimarket.” Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi Dan Manajemen 1 (1): 60–69.

Mitrawan, A., & Agustina, V. (2014). ANALISIS KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU FLEXI DI BANDAR LAMPUNG. JURNAL STIE GENTIARAS, 6(1), 81–90.

Nurhayati, Agus Febrianto, and Rasyidi. 2020. “ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SEPEDA MOTOR HONDA SCOOPY DI KOTA PURUK CAHU.” Jurnal Bisnis Dan Pembangunan.

Sibarani, Hendra Jonathan, Nada Lovina, Br Pangaribuan, Andri Putra, and Pranata Ginting. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk , Kepuasan Konsumen , Dan Competitive Advantage Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT . Sejahtera Motor Gemilang Medan” 4 (September): 326–34. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.163.

Simanjuntak, Demak Claudia Yosephine, Vicdy Anche Salimi, Vincent Louis, and Toni Johanes. 2020. “PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN, KEPERCAYAAN PELANGGAN DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAJA PADA PT SUMINSURYAMESINDOLESTARI.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p20.

Tjiptono, and Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Zulaicha. 2016. “Pembelian Konsumen Di Morning Bakery.” Inovasi Dan BisnisISSN 2338-4840.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.