Rancang Bangun Sistem Informasi Hotel Sarbini Menggala Tulang Bawang Menggunakan PHP MySQL

Darsin Darsin, Sinta Safitri

Abstract


Perkembangan di bidang teknologi informasi membuat banyak perusahaan dibidang perhotelan mulai mengembangkan sistem administrasinya dengan menggunakan teknologi informasi, karean sebelim semua masih menggunakan manual, promosi juga kurnag sehingga pendapatan kurang memuaskan, berdasarkan masalah dan kekurangan-kekurangan tersebut maka salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi yang berbasis web.  Sistem informasi pemesanan kamar berbasis web dikembangkan di Hotel Sarbini Menggala Tulang Bawang, sistem tersebut mengolah data pemesanan kamar baik proses check-in maupun check-out. Sistem informasi pemesanan kamar dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan PhpMyAdmin sebagai sebuah tools untuk membantu mengelola basis data menggunakan MySql.  Sistem informasi pemesanan kamar dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan hotel dalam melakukan pemesanan kamar. Selain itu pengunjung juga dapat memperoleh segala informasi fasilitas dan berita yang ada serta bisa meningkatkan pendapatan di Hotel Sarbini Menggala Tulang Bawang.

Full Text:

PDF

References


Any Saroh, Hanan Layali, Hanif Rabbani, Khairul Laksono, Rahmat PangestuPerancangan Sistem Informasi Reservasi Hotel Dan Penginapan Online Berbasis Web Dengan Pemodelan UML, Jurnal Ilmu Kmputer dan Bisnis, Vol. 12. No. 2. 2021.

Ahmad, L. dan M. Sistem Informasi Manajemen : Buku Referensi: Sistem Informasi Manajemen (Syarifuddin (ed.)). KITA Publisher. 2018.

Arif, M. F. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Penerbit Qiara Media. . 2019.

Efendi, D. M., Bayu, M., & Darsyah, J. Sistem Informasi Geografis Lokasi Kos dan Penginapan Berbasis Wb pada wilayah Kotabumi Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Informasi Dan Komputer, 6(2), 2018. 1–10.

Ika Devi Widyaningrum. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan”. Jurnal STEI Ekonomi Indonesia, Jakarta. Vol XX, No XX, 2020.

I Widodo. “Analisis Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Hotel Harris Sunset Road”. Jurnal Penelitian UII. 2018.

Kurniawan, Wahyu Joni, and Rometdo Muzawi. "Perancangan Sistem Periklanan Dengan Teknologi Augmented Reality dan Metode Location Based Service." INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science 3.2 (2020): 167-173.

Nurmin Arianto, Jefri Muhammad. “Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Hotel Dharmawangsa” Jurnal Semarak : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang. 2018

Raynaldo Donovan S. dan Adil Fadillah. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel 101 Suryakencana” Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol. 1 No. 1, 2020.

Rachmadi, T. Sistem Basis Data. Tiga Ebook. 2020.

Wijoyo, H. Perancangan Sistem Informasi Administrasi pada Quality Fresh Laundry Pekanbaru. JS (Jurnal Sekolah), 4(1), 2020. 27-32.

YR DJ. “Pengaruh Harga Kamar Dan Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Konsumen”. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. 889. 2019.




DOI: https://doi.org/10.57084/jeda.v4i1.1159

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jeda.v4i1.1159.g1041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi dan Informatika (JEDA)
Program Studi S1 Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Mitra Indonesia
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mitra Indonesia


Editorial Address
Jl. ZA. Pagar Alam No.7, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung
HP : 085269945505 (Yodhi Yuniarthe). E-mail: yodhi@umitra.ac.id
HP : 089509553111 (Khozainuz Zuhri). E-mail: zuhri@umitra.ac.id