Perancangan Sistem Informasi Pengaduan Mahasiswa Berbasis Web

Sri Ipnuwati, Yoana Arlisa, Yodhi Yuniarthe

Abstract


Teknologi dan sistem informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Manusia berlomba-lomba untuk menciptakan alat dengan memanfaatkan teknologi untuk membantu mempermudah pekerjaannya.Salah satu  hal yang melibatkan teknologi informasi adalah layanan  pengaduan. Layanan pengaduan di Kampus IBN saat ini masih menerapkan sistem manual dengan menuliskan pengaduan atau aspirasi di selembar kertas dan memasukkannya kedalam kotak aspirasi. Guna mengefisienkan prosedur layanan pengaduan tersebut, peneliti membuat sebuah rancangan sistem informasi pengaduan mahasiswa di Kampus IBN berbasis web.Web mobile merupakan salah satu hal yang sangat penting sebagai penunjang untuk menemukan maupun penyampaian informasi, seperti dalam hal sistem informasi pengaduan. Sistem informasi ini dirancang menggunakan metode waterfall yang dilakukan  secara sistematis. Sistem yang dibuat akan menampilkan fitur-fitur informasi berbagai fasilitas yang tersedia di Kampus IBN dan halaman form pengaduan terkait fasilitas yang rusak. Tujuannya diharapkan agar mahasiswa dan sivitas akademik mampu bekerjasama dalam menjaga fasilitas di lingkungan IBN.

Full Text:

PDF

References


A. A. Novitasari and W. Yuliyanti, “Sistem Informasi Pengaduan Gangguan PDAM Tanah Laut Berbasis Web,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 1, pp. 59–68, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i1.164.

F. E. Nugroho, R. Taufiq, and M. S. Alfarizi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Pada Desa Sukadamai Kabupaten Tangerang,” J. Din. Univ. Muhammadiyah Tangerang P, no. September, pp. 2581–1894, 2021.

Agustiansyah, I. & Solikin, M. Informatika, F. Vokasi, and U. Bina Darma, “Sistem InformasiPengaduan Masyarakat BerbasisWeb Pada Kelurahan 3-4 Ulu,” Semin. Has. Penelit. Vokasi, pp. 89–98, 2022.

M. I. FAIZAL, V. N. INTAN, and R. FIRMANSYAH, “Analisis Sistem Informasi Manajemen Bagi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19,” JEMSI (Jurnal Ekon. Manajemen, dan Akuntansi), vol. 7, no. 1, pp. 9–16, Feb. 2021, doi: 10.35870/jemsi.v7i1.512.

W. H. Ibrahim and I. Maita, “Sistem Informasi Pelayanan Publik Berbasis Web Pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar,” J. Ilm. Rekayasa Dan …, vol. 3, no. 2, pp. 17–22, 2023, [Online]. Available: http://repository.uin-suska.ac.id/70478/%0Ahttp://repository.uin-suska.ac.id/70478/1/SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS WEB PADA DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN KAMPAR.pdf.

B. L. Prandawa and A. Muliawati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Pengaduan Sarana dan Prasarana Berbasis Web (Studi Kasus : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta),” Semin. Nas. Mhs. Ilmu Komput. dan Apl., no. November, pp. 123–135, 2020.

Dian Pramadhana, “Sistem Informasi Pengaduan Mahasiswa Politeknik Baja Tegal Berbasis Web,” J. Tek. Inform. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 123–130, 2022, doi: 10.55606/jutiti.v2i3.457.

M. Naomi, H. Noprisson, F. I. Komputer, U. Mercu, and B. Jakarta, “Analisa Dan Perancangan Sistem Pengaduan Mahasiswa Berbasis Web ( Studi Kasus : Universitas Mercu Buana Kranggan ),” 2, vol. 1, no. 5, pp. 185–193, 2020.

W. U. S. Manalu, L. Hakim, and C. Wulandari, “Sistem Informasi Pengaduan Siswa Berbasis Website Dengan Framework Laravel,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 3, pp. 1005–1013, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i3.3368.

Y. Firmansyah, R. Maulana, and N. Fatin, “SISTEM INFORMASI PENGADUAN WARGA BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : KELURAHAN SIANTAN TENGAH, PONTIANAK UTARA),” vol. XIX, pp. 397–404, 2020.

W. K. Yolanda Sherly Novitasari, Qadhli Jafar Adrian, “Rancang Bangun Sistem Informasi Media Pembelajaran Berbasis Website ( Studi Kasus : Bimbingan Belajar De Potlood ),” vol. 2, no. 3, pp. 136–147, 2021.

W. A. Lathifah, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENANGANAN PENGADUAN DARI SIVITAS AKADEMIKA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG BERDASARKAN ISO 10002,” J. Econ. Perspect., vol. 2, no. 1, pp. 1–4, 2022, [Online]. Available: http://www.ifpri.org/themes/gssp/gssp.htm%0Ahttp://files/171/Cardon - 2008 - Coaching d’équipe.pdf%0Ahttp://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/%0Ahttps://doi.org/10.1080/23322039.2017.

N. M. Dian Erlina Febriyanti, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI APLIKASI PETIR(PENGADUAN, KRITIK DAN SARAN) MAHASISWA BERBASIS DIGITAL Studi Kasus: Mahasiswa Teknik Industri Universitas Muria Kudus,” Jointech Umk, vol. 1, no. 1, pp. 11–17, 2020.

N., A. Ibrahim, and A. Ambarita, “Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada Pdam Kota Ternate,” IJIS - Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, p. 10, 2018, doi: 10.36549/ijis.v3i1.37.

D. Febriyani, S. Ipnuwati, H. Aggraini, and H. D. Yunita, “Pengembangan Sistem Informasi E-Recruitment Untuk Seleksi Penerimaan Karyawan Baru Berbasis Web,” J. Teknol. dan Inform., vol. 3, no. 2, 2022, doi: 10.57084/jeda.v3i2.995.




DOI: https://doi.org/10.57084/jeda.v5i2.1859

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jeda.v5i2.1859.g1592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi dan Informatika (JEDA)
Program Studi S1 Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Mitra Indonesia
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mitra Indonesia


Editorial Address
Jl. ZA. Pagar Alam No.7, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung
HP : 085269945505 (Yodhi Yuniarthe). E-mail: yodhi@umitra.ac.id
HP : 089509553111 (Khozainuz Zuhri). E-mail: zuhri@umitra.ac.id