Mengukur Tingkat Kepuasan Pelayanan Gizi Pada Pasien Rawat Inap Melalui Rasa Makanan

AJIB JAYADI

Abstract


Quality hospital services will provide satisfaction to patients and are the starting point for building strong relationships for a long time. Patient satisfaction greatly impacts the number of hospital visits. This study aims to determine the factors related to the satisfaction level of nutrition services in inpatients. This study uses a quantitative research design. This type of research is analytic observational with cross sectional approach. The sample in this study were 84 respondents who were taken using purposive sampling method. The data wascollected using a questionnaire. Data analysis used to test the relationship between twovariables was the chi square test. The results showed that 53.6% of patients were not
satisfied with the nutritional services provided by Pringsewu Hospital in Lampung. There isa significant relationship between food aroma (p-value = 0.036 OR = 2.872), food spices(p-value = 0.011 OR = 3.538), and food tenderness (p-value = 0.020 OR = 3,429) with thesatisfaction level of nutrition services on inpatients.


Full Text:

PDF

References


Ariawan, 1998. Besar dan Metode Sampel Pada Penelitian Kesehatan. Depok: Fakultas Kesehatan

Masyarakat Universitas Indonesia.

Azwar, Azrul H. 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Budiastuti. 2002. Faktor-faktor Dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jakarta:

Salemba Medika.

Cahyaningrum. 2013. Hubungan Mutu Pelayanan Gizi Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah

Sakit Panti Waluyo Surakarta Tahun 2013. Skripsi: Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hastono, Sutanto. 2008. Analisis Data Kesehatan. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat

Universitas Indonesia.

Isnaeni, Prima. 2013. Hubungan Mutu Pelayanan Gizi Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di

RSU Aminah Blitar. Program Pasca Sarjana: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2007. Dasar- Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Indeks Gramedia.

Mulyani. Roza. 2005. Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap Terhadap Mutu Layanan Gizi di RSUD

dr. Hi. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Program Pasca Sarjana Fakultaa Kesehatan

Masyarakat Universitas Indonesia.

Mustafa, Erni. 2012. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Gizi di RSUD

Mamuju Sulawesi Barat Tahun 2012. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas

Hasanuddin Makassar.

Moehji, Sjahmien. 1992. Penyelenggaran Makanan Institusi dan Jasa Boga. Bharatara Niaga.

Netty, 2003. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Gizi di RSUD Ulin Banjarmasin Tahun

Skripsi: Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Nursalam. 2003. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: Sagung Seto.

Pohan, 2011. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan .EGC:

Jakarta.

Pratiwi, Amali. 2013. Tingakatan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Makanan Biasa di RSUD

Pringsewu Provinsi Lampung Tahun 2013. Karya Tulis Ilmiah. Poltekkes Kemenkes

Tanjung Karang.

Rahadi, Nova. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada

Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Surakarta. Progrm Sarjana Universitas Sebelas Maret.

Sari, 2010. Hubungan kepuasan pasien rawat inap dengan mutu pelyanan gizi di RSUD Dr.Hi.

Abdul Moeloek Provinsi Lampung, Program Sarjan fakultas keshatan Masyrakat

Universitas Brawijaya.

Semedi, 2013. Hubungan Mutu Pelayanan Gizi Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di

RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak. Skripsi: Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Setyawati, Galuh. 2008. Hubungan Mutu Pelayanan Gizi Dengan Kepuasan Pasien di Bang




DOI: https://doi.org/10.57084/jigzi.v1i2.747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.