Mengukur Tingkat Kepuasan Pelayanan Gizi Pada Pasien Rawat Inap Melalui Rasa Makanan
Abstract
Quality hospital services will provide satisfaction to patients and are the starting point for building strong relationships for a long time. Patient satisfaction greatly impacts the number of hospital visits. This study aims to determine the factors related to the satisfaction level of nutrition services in inpatients. This study uses a quantitative research design. This type of research is analytic observational with cross sectional approach. The sample in this study were 84 respondents who were taken using purposive sampling method. The data wascollected using a questionnaire. Data analysis used to test the relationship between twovariables was the chi square test. The results showed that 53.6% of patients were not
satisfied with the nutritional services provided by Pringsewu Hospital in Lampung. There isa significant relationship between food aroma (p-value = 0.036 OR = 2.872), food spices(p-value = 0.011 OR = 3.538), and food tenderness (p-value = 0.020 OR = 3,429) with thesatisfaction level of nutrition services on inpatients.
Full Text:
PDFReferences
Ariawan, 1998. Besar dan Metode Sampel Pada Penelitian Kesehatan. Depok: Fakultas Kesehatan
Masyarakat Universitas Indonesia.
Azwar, Azrul H. 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
Budiastuti. 2002. Faktor-faktor Dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jakarta:
Salemba Medika.
Cahyaningrum. 2013. Hubungan Mutu Pelayanan Gizi Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah
Sakit Panti Waluyo Surakarta Tahun 2013. Skripsi: Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hastono, Sutanto. 2008. Analisis Data Kesehatan. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Indonesia.
Isnaeni, Prima. 2013. Hubungan Mutu Pelayanan Gizi Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di
RSU Aminah Blitar. Program Pasca Sarjana: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Kotler, Philip. 2007. Dasar- Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Indeks Gramedia.
Mulyani. Roza. 2005. Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap Terhadap Mutu Layanan Gizi di RSUD
dr. Hi. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Program Pasca Sarjana Fakultaa Kesehatan
Masyarakat Universitas Indonesia.
Mustafa, Erni. 2012. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Gizi di RSUD
Mamuju Sulawesi Barat Tahun 2012. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas
Hasanuddin Makassar.
Moehji, Sjahmien. 1992. Penyelenggaran Makanan Institusi dan Jasa Boga. Bharatara Niaga.
Netty, 2003. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Gizi di RSUD Ulin Banjarmasin Tahun
Skripsi: Fakultas Kesehatan Masyarakat.
Nursalam. 2003. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: Sagung Seto.
Pohan, 2011. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan .EGC:
Jakarta.
Pratiwi, Amali. 2013. Tingakatan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Makanan Biasa di RSUD
Pringsewu Provinsi Lampung Tahun 2013. Karya Tulis Ilmiah. Poltekkes Kemenkes
Tanjung Karang.
Rahadi, Nova. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada
Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Surakarta. Progrm Sarjana Universitas Sebelas Maret.
Sari, 2010. Hubungan kepuasan pasien rawat inap dengan mutu pelyanan gizi di RSUD Dr.Hi.
Abdul Moeloek Provinsi Lampung, Program Sarjan fakultas keshatan Masyrakat
Universitas Brawijaya.
Semedi, 2013. Hubungan Mutu Pelayanan Gizi Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di
RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak. Skripsi: Fakultas Kesehatan Masyarakat.
Setyawati, Galuh. 2008. Hubungan Mutu Pelayanan Gizi Dengan Kepuasan Pasien di Bang
DOI: https://doi.org/10.57084/jigzi.v1i2.747
Refbacks
- There are currently no refbacks.