Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia (JIKSI)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Naskah dapat berupa artikel penelitian, artikel telaah (review artikel), laporan kasus ( case report). Yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Penulisan naskah dapat dilakukan dalam bahasa indonesia maupun inggris. Tiap artikel maksimal 10 halaman termasuk Tabel dan Gambar (foto, bagan, peta, grafik, histogram, sketsa atau diagram). Penyerahan naskah publikasi kepada redaksi dalam format microsoft word (.doc)

PEDOMAN PENULISAN NASKAH JURNAL ILMU KESEHATAN INDONESIA (JIKSI)

  1. Naskah diketik diatas kertas ukuran A4 (21 x 30 cm), huruf Times New Roman ukuran 11 pts, 1 spasi, justify, tampilan 1 kolom dengan batas atas, bawah, kanan dan kiri adalah 3  Naskah ditulis minimal 7 halaman dan maksimal 10 halaman. 
  2. Dalam sistematika penulisan naskah subjudul harus dicantumkan. Naskah hasil penelitian ditulis dengan format Judul; nama dan alamat lembaga penulis; abstrak dan kata kunci, pendahuluan; metode; hasil dan pembahasan; Kesimpulan; serta daftar rujukan.
  3. Sistematika penulisan naskah artikel telaah ditulis dengan format Judul; nama dan alamat lembaga penulis; abstrak dan kata kunci, pendahuluan; dan pembahasan; kesimpulan; serta daftar rujukan
  4. Sistematika penulisan naskah laporan kasus ditulis dengan format Judul; nama dan alamat lembaga penulis; pendahuluan; laporan kasus; pembahasan; Kesimpulan; serta daftar rujukan.
  5. Judul artikel ditulis dengan huruf besar disetiap kata awal, ukuran 14 pt, Bold, maksimal 12 kata dalam bahasa Indonesia ( kecuali keadaan tertentu) atau 10 kata dalam bahasa Inggris.
  6. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan disertai nama dan alamat lembaga asal dibawah judul. Bila naskah ditulis oleh tim, seluruh nama penulis harus dicantumkan maksimal 5 orang, bila lebih dapat ditulis dkk atau et all. Nama pada urutan pertama adalah nama penulis utama dan harus mencantumkan alamat korepondensi atau e-mail.
  7. Abstrak dan kata kunci harus ditulis dalam 2 bahasa ( Indonesia dan Inggris). Panjang abstrak maksimal 200 kata sedangkam kata kunci 3-5 kata atau gabungan kata. Abstrak ditulis dengan spasi tunggal ukuran 10 pt. Abstrak ditulis tanpa subjudul dan minimal berisi judul artikel tujuan, metode,dan hasil penelitian.
  8. Bagian pendahuluan berisi latar belakang dialakukannya penelitian, konteks penelitian, tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian. Pendahuluan ditulis tanpa subjudul dan dipaparkan dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan panjang 15-20 % dari total panjang artikel
  9. Bagian metode berisi rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis  data dengan panjang 10- 15 % panjang artikel
  10. Bagian hasil penelitian berisi paparan analisis dari hasil yang ditemukan dalam penelitian. Setiap hasil penelitian harus di bahas. Pembahasan berisi penjelasan mengenai hasil penelitian serta perbandingan dengan teori yang pada tinjauan pustaka atau hasil penelitian sejenis. Hasil penelitian dan pembahasannya ditulis 40-60% dari panjang artikel . Bila penulisan terdapat tabel atau gambar harus dicantumkan  judul singkat diatas tabel dan penjelasan di bawah tabel berupa catatan kaki mengenai singkatan tidak baku yang terdapat dalam tabel. Tabel ditulis dalam ukuran 10 dengan spasi ganda.
  11. Bagian kesimpulan berisi intisari hasil pembahasan dan dipaparkan dalam bentuk paragraph.
  12. Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dijadikan rujukan, dan semua sumber rujukan harus dicantumkan dalam daftar rujukan. Sumber rujukan harus dalam terbitan 10 tahun terakhir dan 60 % berasal dari artikel-artikel penelitian dalam jurnal ilmiah atau laporan penelitian yang sudah dipublikasikan ( termasuk sripsi, tesis, disertasi). Daftar rujukan ditulis dengan ukuran 11 pt.
  13. Perujukan dan pengutipan menggunakan sistem APA (American Psychological Association) Style

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.