Hubungan Pengetahuan Discharge Planning dengan Kepatuhan Kunjungan Ulang Pasien di RSUD KH. Muhammad Thoir Krui

Astri Sulistiyaningrum, Fitria Umi Kasanah

Abstract


Perencanaan pulang (discharge planning) merupakan kegiatan asuhan keperawatan berkesinambungan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan sehingga pasien dan keluarga mampu melakukan perawatan secara mandiri dan patuh untuk melakukan kontrol. Berdasarkan data di RSUD KH. Muhammad Thoir Krui, tahun 2021 sebanyak 87 orang dari 320 orang yang melakukan kontrol ulang pasca di rawat inap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuihubungan pengetahuan discharge planning dengan kepatuhan kunjungan ulanng pasien di RSUD KH. Muhammad Thoir Krui Tahun 2022.

Jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey analitik, pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di RSUD KH. Muhammad Thoir Krui pada bulan April Tahun 2022 sebanyak 34 pasien, pengambilan sampel menggunakan total sampling, Analisa data univariat dan bivariat menggunakan chi square.

Berdasarkan hasil uji statistik chi-square didapatkan p-value = 0.002 (<α 0,05) yang artinya ada hubungan pengetahuan discharge planning dengan kepatuhan kunjungan ulanng pasien di RSUD KH. Muhammad Thoir Krui Tahun 2022, dengan nilai OR = 10,667 yang artinya responden yang memiliki pengetahuan tentang discharge planning kurang baik akan beresiko 10,6 kali kepatuhan kunjungan ulang rendah. Diharapkan pelaksanaan discharge planning yang sudah ada tetap dipertahankan dan ditingkatkan serta diberikan kepada semua pasien yang dimulai sejak pasien masuk ruang perawatan hingga hari kepulangan pasien.

Kata Kunci : Discharge Planning, Kepatuhan, Pengetahuan


Full Text:

PDF

References


Afait, E.B. (2016). Hubungan Antara Discharge Planning Dengan Motivasi Keluarga Yang Akan Melakukan Perawatan Anak Di Rumah Pada Pasien Di Bangsal Anak RSUD Panembahan Senopati Bantul DIY. Yogyakarta: Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Azwar, Saifudin. (2016). Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahtiar, Yanyan. (2012). Manajemen Keperawatan. Jakarta: Erlangga.

Febriana, Diva Viya. (2017). Konsep Dasar Keperawatan. Healthy: Yogyakarta.

Hastono., Sabri. (2014). Statistik Kesehatan. Jakarta: PT Raja

Grafindo.

Hidayat, Aziz Alimul. (2014). Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Himam., Festy., Saputro. (2015). Peranan Perawat Educator Dan Pengimplementasian Discraghe Planning Untuk Pemenuhan Konrol Pasien. Surabaya: Program Studi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Manopo., Masi., Silolonga. (2018). Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Kepatuhan Penatalaksanaan Hipertensi Dipuskesmas Tahuna Timur. Manado: Prodi Ilmu Keperawatan FK Kedokteran. Universitas Sam Ratulangi.

Notoatmodjo. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

Nursalam. (2017). Manajemen Keperawatan dan Aplikasinya. Jakarta: Salemba Medika.

Octaviani. (2015). Hubungan Antara Pengetahuan Perawat Dengan Pelaksanaan Discharg Planning Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tk. II Dustira Cimahi. STIKES Aisyah: Bandung.

Proborini, C. A., & Rahmayanti, Y. N. (2020). Hubungan Penerapan Discharge Planning dengan Tingkat Kepatuhan Pasien Rawat Inap check up di RSUD Karanganyar. STETHOSCOPE, 1(1).

Rahmiati, R., & Temesveri, N. A. (2020). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan, 13(1), 13-21.

Seprianti, Sosya Mona. (2018). Hubungan Pengetahuan, Motivasi, Dan Pelatihan Dengan Kinerja Kader Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Ngaras Kabupaten Pesisir Barat. Bandar Lampung: Universitas Malahayati.

Sulistyoningsih., Mudayatiningsih., Metrikayanto. (2018). Pengaruh Peran Perawat Sebagai Edukator Terhadap Kecemasan Keluarga Pasien Stoke Di Unit Stroke RS Panti Waluya Malang. Malang: Prodi Ilmu Keperawatan. Universitas Trubuana Tunggadewi.

Sumah. (2014). Hubungan Pengetahuan Perawat Dengan Pelaksanaan Discharge Planning Di RSUD Dr. M. Haulussy Ambon. Universitas Kristen Maluku: Maluku.

Suryadi, Riza Firman. (2013). Hubungan Peran Educator Perawat Dalam Discharge Planning Dengan Tingkat Kepatuhan Pasien Rawat Inap Untuk Kontrol di Rumah Sakit Paru Kab. Jember. Jember: Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember.

Suryadi., Wijaya., Andriana. (2013). Hubungan Peran Educator Perawat Dalam Discharge Planning Dengan Tingkat Kepatuhan Pasien Rawat Inap Untuk Kontrol di Rumah Sakit Paru Kab. Jember. Jember: Program Studi Ilmu Keperawatan. Universitas Jember.

Suryani, M. (2016). Hubungan Antara Perencanaan Pulang Dengan Kepatuhan Pasien Tentang Jadwal Kontrol pasien Di Rumah Sakit Jiwa Amino Gondohutomo Provinsi Jawa tengah. Karya Ilmiah.

Triana, Anggun. (2017). Hubungan Komunikasi Dan Pengetahuan Perawat Dengan Pelaksanaan Discharge Planning Diruang Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Palembang. Palembang: Stikes Muhammadiyah Palembang.

Triyoso., Yulianti., Sari. (2015). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Motivasi Berkunjung Ulang Pada Pasien Rawat Jalan Di RSUD Demang Sepulau Raya Kab. Lampung Tengah. Bandar Lampung: Universitas Malahayati. Prodi Keperawatan FK Universitas Malahayati.

Uno. B, Hamzah. (2016). Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wati, M. I. (2022). Pengaruh Program Peningkatan Peran Educator Perawat Dalam Pelaksanaan Discharge Planning Terhadap Kepatuhan Pasien Rawat Inap Untuk Kontrol Di Ruang Bougenville. Medica Majapahit (JURNAL ILMIAH KESEHATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MAJAPAHIT), 14(1), 50-58.

Widiarti (2016). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Keberhasilan Pelaksanaan Discharge Planning Pada Pasien Pasca Pembedahan Di RSUD Ungaran.




DOI: https://doi.org/10.57084/jiksi.v3i2.1156

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jiksi.v3i2.1156.g1083