Hubungan Proses Manajemen Home Care Dengan Kepuasan Pasien Peserta Program Home Care

Fahrul Irayani, Sefria Indah Primasari

Abstract


Puskesmas Beringin Raya merupakan salah satu puskesmas dengan capaian program home care hanya mencapai 57%. Penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Proses Manajemen Home Care Dengan Kepuasan Pasien peserta program Home Care  Di Wilayah Kerja Puskesmas Beringin Raya Kecamatan Kemiling Kabupaten Bandar Lampung Tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain menggunakan observasional analitik/survei analitik. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 responden. Penelitian ini dilakukan pada 11 Juni 2022 – 19 Juni 2022. Hasil dari data diolah dan dianalisis menggunakan uji analisis univariat dan bivariat, menggunakan uji uji chi-square untuk melihat hubungan proses manajemen home care dengan kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  30 responden menyatakan tidak puas sebanyak 21 (70 %)  pasien merasa  puas dan 9 (30%). Berdasarkan hasil uji statistic diperoleh nilai p = 0,000 dan OR = 4,688 ada hubungan yang signifikan antara Pengorganisasian dengan Kepuasan Pasien , p-value = 0,000 dan OR = 5,5  ada hubungan yang signifikan antara Pelaksanaan Asuhan dengan Kepuasan Pasien, p-value = 0,000 dan OR = 4,8  ada Hubungan yang signifikan antara Pendokumentasian dengan Kepuasan Pasien. Maka dapat disimpulkan bahwa ada Hubungan Proses Manajemen Home Care Dengan Kepuasan Pasien peserta program Home Care  Di Wilayah Kerja Puskesmas Beringin Raya.

Kata Kunci : Manajemen Home Care, Kepuasan Pasien, Program Home Care


Full Text:

PDF

References


Aziz K, Palu B, Ahri R.(2018).Health Information Systems, IT - Information Technology. Available at: https://doi.org/10.1524/itit.2006.48.1.6

Nursalam. (2014) Manajemen Keperawatan. Available at: http://www.penerbitsalemba.com.

Fahrepi, R., Rate, S. and Hadi, A.J. (2019) ‘Hubungan Kualitas Pelayanan Homecare dengan tingkat Puskesmas Batua Kota Makassar The Relation Of Home Care Service Quality And Family ’ s Patient Statisfaction In Batua Public Health Center Jobs Area , Makassar City’, PROMOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(0451), pp. 122–128. Available at: https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/PJKM/article/viewFile/589/482.

Hargitayanti, H., Akmal, M. and Hasniati, H. (2022) Performance of Health Service on Home Care and Marine Ambulance Telemedicine in The City of Makassar.

Kasim, N., Palu, B. and Ahri, R.A. (2018) ‘Evaluasi Program Layanan Home Care Di Wilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Makassar Tahun 2018 Public Health Faculty Universitas Muslim Indonesia Address : Email : Phone : Article history : Received 31 May 2018 Kesehatan adalah hak dan investasi semua warga’, Jurnal Kesehatan, 1(3), pp. 254–259. Available at: http://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/woh1313%0AEvaluasi.

Meirawaty, G. and Yudianto, K. (2019) ‘Field Experience : Manajemen Strategis pada Proses Manajemen Keperawatan’, Media Karya Kesehatan, 2(2). Available at: https://doi.org/10.24198/mkk.v2i2.22765.

Melita and Nadjib, M. (2018) ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kunjungan Lansia ke Posbindu Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Kelurahan Bintara Kota Bekasi Tahun 2017’, Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 7(4), pp. 158–167. Available at: https://jurnal.ugm.ac.id.

Nur, I., Sari, I. and Nuraini, T. (2016) Kepuasan Pasien Diabetes Melitus Terhadap Perawatan Paliatif: Tingkat Terendah Pada Dimensi Tampilan Fisik. Jurnal Keperawatan Indonesia.

Sari, I.N.I. and Nuraini, T. (2016) Kepuasan Pasien Diabetes Melitus terhadap Perawatan Paliatif: Tingkat Terendah pada Dimensi Tampilan Fisik. Jurnal Keperawatan Indonesia, 19(2), pp. 100–106. Available at: https://doi.org/10.7454/jki.v19i2.458.

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. 26. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.57084/jiksi.v3i2.1205

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jiksi.v3i2.1205.g1089