Hubungan Pemberian Informasi Obat Dengan Kepuasaan Pasien Di Puskesmas Kalibalangan Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara

HD Djamal, Gustia Safitri

Abstract


Hasil pra-survei terhadap 10 pasien di Puskesmas Kalibalangan, Kecamatan Abung Selatan menunjukkan bahwa 50% pasien tidak puas dengan layanan farmakologi termasuk layanan minum obat, informasi yang kurang jelas, dan pasien mengeluh bahwa staf kesehatan tidak segera  diproses  kwitansi  medis  telah  diserahkan dan  tidak  ada  informasi yang  diberik an mengenai  obat. Tujuan dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui hubungan pemberian informasi obat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kalibalangan Kecamatan Bung Selatan di Kabupaten Lampung Utara.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi adalah 321 pasien yang mengunjungi Puskesmas Kalibalangan, Kecamatan Abung Selatan. 76 sampel responden diambil dengan menggunakan accidental sampling.

Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada korelasi pemberian informasi obat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kalibalangan Kecamatan Abung Selatan di Kabupaten Lampung Utara pada tahun 2018 (p-value 0,024 <0,05). Petugas kesehatan diharapkan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan terutama mengenai pentingnya memberikan informasi obat-obatan dan melakukan pengawasan di bangsal yang berhubungan dengan kepatuhan medis dan sikap petugas kesehatan tentang produktivitas kerja.

Kata kunci: informasi, kepuasan pengobatan, obat


Full Text:

PDF

References


Asmuji. 2012. Manajemen Keperawatan: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-. Ruzz Media

Budimn dan Agus Riyanto. 2014. Kapita Selekta Kuesioner pengetahuan dan sikap dalam penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Dinkes Kabupaten Lampung Utara, 2017. Data Kunjungan Pasien Dalam Tahun. Dinkes Lampung

Utara.

Herry Kusuma (2013) tentang hubungan informasi obat terhadap kepuasan pasien Di Puskesmas Panjang Bandar Lampung Tahun 2013.

Herri (2013) tentang hubungan pmberian informasi tentang obat terhadap kepuasan pasien Di Puskesmas Margototo Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur

Kotler, 2009. Dalam Nursalam. 2015. Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Kuntoro. 2010. Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Nursalam. 2015. Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nurhasanah, Nunung . 2009. Ilmu Komunikasi dalam Konteks Keperawatan.Jakarta : Trans Info Media.

Priyoto. 2015. Komunikasi & Sikap Empati Dalam Keprawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Provinsi Lampung, 2016. Data Statistika Pemberian Obat. Jakarta RI: Departemen Kesehatan.

Puskesmas Kalibalangan, 2017. Profil Kesehatan Puskesmas Kalibalangan. Dinkes Lampung Utara.

Setiadi. 2007. Konsep & Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suarli. 2009. Manajemen Keperawatan Dengan Pendekatan Praktis. Jakarta: Penerbit

Erlangga

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta CV.

Sulistyaningsih. 2016. Metodologi Penelitian Kebidanan Kuantitatif-Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sardiman, 2008 dalam Suarli. 2009. Manajemen Keperawatan Dengan Pendekatan Praktis. JakartPenerbit Erlangga.

Trihono, 2015 dalam Nursalam. 2015. Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Wahyu Kurniawan, Dhadhang, 2010. Pelayanan Informasi Obat Teori Dan Praktik.Yogyakarta. Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.57084/jiksi.v1i1.376

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jiksi.v1i1.376.g265