Pemanfaatan Mobile Edukasi Protokol Kesehatan dalam Peningkatan Pengetahuan Covid-19 Masyarakat di Wilayah Zona Kuning
Abstract
Pengendalian penyebaran Covid-19 di beberawa wilayah dengan status penularan tidak terkendali membutuhkan dukungan dari semua lapisan masyarakat. Upaya peningkatan pengetahuan yang tepat pada masyarakat tentang protokol kesehatan pencegahan covid-19 dapat menurunkan angka penularan Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan pemanfaatan mobile edukasi protokol kesehatan dengan pengetahuan Covid-19 masyarakat di wilayah zona kuning. Desain penelitian menggunakan rancangan survey analitik dengan pendekatan cross-sectional. Total sampel sejumlah 309 responden yang dipilih menggunakan teknik consecutive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner tentang pencegahan penularan Covid-19.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan pencegahan Covid-19 yang signifikan pada masyarakat setelah mendapat edukasi melalui mobile digital informasi. Nilai p-value 0,000 (α<0,05) pada masyarakat kelompok usia dewasa dan 0,02 (α<0,05) pada kelompok remaja. Edukasi melalui mobile digital diketahui dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pencegahan Covid-19. Mobile Edukasi dapat dipertimbangkan sebagai media penyampaian informasi di Era digitalisasi 4.0 karena keefektifannya dalam meningkatkan pengetahuan protokol kesehatan Covid-19.
Kata Kunci: mobile edukasi, pengetahuan, covid-19
Full Text:
PDFReferences
Ahrens, T., & Ferry, L. (2020). Financial resilience of English local government in the aftermath of COVID-19. Journal of Public Budgeting, Accounting & Financial Management.
Blumberg, D. A., Underwood, M. A., Hedriana, H. L., & Lakshminrusimha, S. (2020). Vertical transmission of SARS-CoV-2: what is the optimal definition?. American journal of perinatology, 37(08), 769-772.
Carius, A. C. (2020). Network education and blended learning: Cyber university concept and higher education post COVID-19 pandemic. Research, Society and Development, 9(10), e8209109340-e8209109340.
Diah, E., Pane, N., & Saladan, N. (2021). Kajian Literatur: Gambaran Karakteristik Kasien COVID-19 (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan).
Donsu, J, D, T. (2017). Psikologi Keperawatan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press. Cetakan
Handayani, S., & Wati, A. P. (2020). Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 melalui Penerapan Blended learning pada Mata Kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Belajar di Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(2), 152-164.
Kriswanto, E. S., Sunardi, J., Sari, I. P. T. P., & Suharjana, F. (2020). Education of clean and healthy living behavior through image media as a prevention of Covid-19. International Journal Humanitarian Responsibilities, Education & Sport Sciences (IJHRESS), 1(1), 12-16.
Listina, O., Solikhati, D. I. K., & Fatmah, I. S. (2020). Edukasi Corona Virus Desease 19 (Covid-19) Melalui Penyebaran Poster Kepada Masyarakat Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(2), 10-10.
Mona, N. (2020). Konsep isolasi dalam jaringan sosial untuk meminimalisasi efek contagious (kasus penyebaran virus corona di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2).
Ni Putu, dkk. 2020. Gambaran Pengetahuan Mmasyarakat Ttentang COVID-19 dan Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan Jiwa Volume 8 No 3. Hal 485 – 490
Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan: teori dan aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Pappot, N., Taarnhøj, G. A., & Pappot, H. (2020). Telemedicine and e-health solutions for COVID-19: patients' perspective. Telemedicine and e-Health, 26(7), 847-849.
Purnamasari, I., & Raharyani, A. E. (2020). Tingkat pengetahuan dan perilaku masyarakat Kabupaten Wonosobo tentang Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(1), 33-42.
Syah, D. Z. R., Utari, D., & Adinugraha, T. S. (2020). Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan Penyelenggaraan Kegiatan Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Tpq Masjid Awalulmu’Minin Gamping. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada (JPMKH), 2(2), 28-33.
WHO. (2020). WHO siterep 73. World Health Organization, 2019(March), 2633. https://doi.org/10.1056/NEJMoa2001316.4.
DOI: https://doi.org/10.57084/jiksi.v3i1.826
DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jiksi.v3i1.826.g715