Optimalisasi Aplikasi SIDeKa-Pro Dalam Upaya Peningkatan Kedisiplinan Pengisian Data 10 Besar Penyakit Rawat Jalan Melalui Pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP)
Abstract
Pencatatan dan pelaporan kini telah mengalami proses evolusi dari kertas ke digital. Demikian pula pencatatan dan pelaporan pelayanan kesehatan di Kota Probolinggo menggunakan aplikasi SIDeKa-Pro. Pada prakteknya masih terdapat fasilitas pelayanan kesehatan yang terlambat dalam pengisian data di aplikasi SIDeKa-Pro. Sebanyak 56% fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Probolinggo pada tahun 2020 terlambat mengisi 10 besar data penyakit rawat jalan di aplikasi SIDeKa-Pro. Kemudian, sebanyak 38% fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Probolinggo pada Januari – Maret 2021 terlambat mengisi data 10 besar penyakit rawat jalan di aplikasi SIDeKa-Pro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterisian data 10 besar penyakit rawat jalan sebelum dan sesudah standar operasional prosedur (SOP). Penelitian ini menggunakan studi kohort. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, yaitu one shoot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengelola data di fasilitas kesehatan yang telah terdaftar di aplikasi SIDeKa-Pro sebanyak 32 fasilitas pelayanan kesehatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Adanya SOP Pengisian Data di SIDeKa-Pro ternyata mampu meningkatkan kedisiplinan pengelola fasilitas pelayanan kesehatan dalam pengisian data 10 besar penyakit rawat jalan di aplikasi SIDeKa-Pro. Penelitian ini hanya mengkaji tingkat kedisiplinan pengisian data saja. Untuk penelitian selanjutnya, dimungkinkan untuk menguji pengaruh SOP terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dapat berguna di seluruh organisasi yang memanfaatkan aplikasi dalam pencatatan dan pelaporan data.
Kata Kunci : Optimalisasi, Pengisian Data, Disiplin, Standar Operasional Prosedur
Full Text:
PDFReferences
Andriani, Y.A. 2019. Pengaruh Penerapan SOP (Standard Operating Procedure) Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan di STIKES Surya Mitra Husada Kediri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1 (2). 1-10
Arief, Rachmat. 2020. Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP), Gaya Kepemimpinan, dan Audit Internal Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT. Mega Pesanggrahan Indah). Jurnal Ekonomika dan Manajemen. 9 (2). 125 - 143
Azizah, Nuzlil Laily Nur. 2017. Pengelolaan Informasi Kesehatan Secara Terintegrasi untuk Memaksimalkan Layanan Kesehatan kepada Pasien di Rumah Sakit. Jurnal IJPST. 4 (3). 79 - 91
Darmayanti, Yayan. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Standar Operasional Prosedur Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pengawas Urusan Gerbong Sukacinta (PUG SCT) PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kabupaten Lahat. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. 5 (1). 63 - 72
Harwindito, Baskoro. 2021. Pengaruh Standar Operasional Prosedur Terhadap Kinerja Karyawan di Front Office Departement Hotel The Gunawarman Luxury Residence. Jurnal Pendidikan dan Perhotelan (JPP). 1 (1). 16-24
Hidayat, Ridha. 2019. Pengaruh Pelaksanaan SOP Perawat Pelaksana Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien di Rawat Inap RSUD Bangkinang. Jurnal Ners, 3 (2), 84 - 96
Pemerintah Kota Probolinggo. 2017. Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 54 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sistem Informasi Pelaporan Dinas Kesehatan Kota Probolinggo. Berita Daerah Kota Probolinggo Tahun 2017 Nomor 54
Pratama, Satria Artha. 2021. Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor PT. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress. 11 (1). 38 - 47
Purnamasari. 2015. Panduan menyusun SOP Standard Operating Procedure. Jakarta: Kobis (Komunitas Bisnis)
Rahayu, Runik Puji. 2017. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kinerja UD Barokah Pademawu Pamekasan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 1 (2). 225 - 241
Ramadhan, Achmad Mun’im. 2015. Pengaruh Penerapan SOP (Standar Operating Procedure) dan Sistem Penghargaan (Reward System) Terhadap Produktivitas Kerja Pada Karyawan Bagian Distribusi PT. Unirama Duta Niaga Surabaya. Artikel Ilmiah Mahasiswa Universitas Jember
Republik Indonesia. 2011. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2011 Tentang Standar Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota
Republik Indonesia. 2012. Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
Saputra, Aseptiana Angga. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja dan SOP (Standar Operasional Prosedur) terhadap Produktivitas Karyawan PT. Fujifilm Indonesia (Department Warehouse). Jurnal Administrasi Bisnis. 1 (1). 21 - 30
Setiyadi, Noor Alis. 2015. Analisis Pelaksanaan Sistem Informasi Kesehatan di Klinik Muhammadiyah Medical Center (MMC) Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal IKESMA. 11 (1). 15 - 24
Soemohadiwidjojo, Arini T. 2014. Mudah Menyusun SOP (Standard Operating Procedure). Jakarta: Penebar Plus
Sulam. 2019. Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Terhadap Efektifitas Pelayanan Keuangan di IAIN Sultan Amai Gorontalo. Jurnal Al-Buhuts. 15 (2). 1-20
Supriyanto, Slamet. 2021. Analisa Pengaruh SOP (Standar Operating Procedure) Terhadap Kinerja Waiter dan Waitres di In Bloom Restoran Hotel Ayaartta Malioboro Yogyakarta Indonesia. Journal of Tourism and Economic. 4 (1). 73-84
Wahongan, Engel Priskilla Truida. 2021. Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP), Fasilitas, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di RSUD Noongan. Jurnal EMBA, 9 (3). 41-51
DOI: https://doi.org/10.57084/jiksi.v3i2.829
DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jiksi.v3i2.829.g969