Hubungan Motivasi dengan Kinerja Pegawai Administrasi RS Husada Jakarta Tahun 2021

Ria Efkelin, Yurita Mailintina

Abstract


Hal yang harus menjadi perhatian suatu perusahaan ketika mengatur fungsi - fungsi manajemen yaitu:  “bagaimana mengatur sumber daya manusia untuk dapat meningkatkan efektif dan efesiensi kerja”. Keberhasilan dari suatu perusahaan yang sedang berjalan salah satunya adalah: kinerja para pegawainya dilihat dari hasil kinerja yang tercapai oleh stafnya maupun karyawan, oleh sebab itu, suatu perusahaan diminta untuk memperhatikan seluruh karyawannya agar mampu menunjukkan kinerja yang optimal, sebab bagus dan kurangnya kinerja yang dicapai oleh pegawai akan mempengaruhi hasil yang diperoleh. Jenis riset ini merupakan “kuantitatif dengan desain Cross-Sectional”. Riset ini dimulai pada bulan Juni 2021, dengan total sampel 50 responden metode pengumpulan sample pada riset ini menggunakan “non probality sampling”, analisis data pada rist ini menggunakan uji univariat dan bivariate dengan metode chi-square Tests. Hasil analisis univariat disimpulkan bahwa dari 50 responden didapatkan hasil: umur tertinggi umur 31-40 tahun 38% , jenis kelamin wanita 76.0%, pendidikan SMA/SMK dan D3 34%, pekerjaan <5 tahun sebesar 44%, Motivasi tinggi sebesar 52%, kinerja baik sebesar 56%. Sedangkan hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan antar motivasi terhadap kinerja pegawai administrasi RS Husada Jakarta dengan nilai  P Value 0,00.

Kata Kunci: Motivasi, Kinerja, Administrasi.


Full Text:

PDF

References


Abbas, Erjati, Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017.

Anna Silvia Prihantana, Sri Saptuti Wahyuningsih. (2016). Hubungan Pengetahuan dengan Tingkat Kepatuhan Pengobatan pada Pasien Tuberkulosis di RSUD Dr. Soehadi Prijonegoro Sragen.

Cahyaning putri kinasih dkk, (2014). pengaruh kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung terhadap motivasi kerja karyawan (studi pada karyawan bagian biro sumber daya manusia dan umum perusahaan umum (perum) jasa tirta i malang), jurnal administrasi bisnis (jab)|vol. 12 no. 2 juli.

Fitriani, rohmah., & Rinawati (2017). bimbingan dan konseling dalam meningkatkan emotional qoutient (eq) siswa kelas xl MAN. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24450.

Hasibuan, Malayu (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta Bumi Aksara.

Indri & Juliaster (2018). Motivasi Kehidupan, Guapedia.

Luthfi, Ridwan (2014). Pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan (studi pada PT Elsiscom prima karya, kantor perwakilan surabaya), vol. 13 no. 1.

Nursalam. (2014). Metode Riset Ilmu Keperawatan (A. Suslia (Ed.); 3rd ed.). Salemba Medika.

Nursalam. (2016). Metodologi Riset Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis (4th ed.). Salemba Medika.

Rivai 2015. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Edisi Kedua. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen. 2015. Organizational Behavior. 9th Edition. New Jersey: Precentice Hall International Inc.

Rostina (2013). Kepuasan Kerja pada Karyawan Ditinjau Berdasarkan Faktor Demografik dan Motif Berprestasi.

Samsudin, Sadili (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung Pustaka Setia

Siagian, Sondang P (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta Bumi Aksara

Siswanto (2018). Pengantar Manajemen, Jakarta Bumi Aksara.

Sugiyono. (2011). Metode Riset Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Setiawan, Agung (2013). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruhan Malang.

Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi

Wijayanto, agug & Amin Wahyudi (2017). Pengaruh Motivasi dan Kesejahteraan Terhadap Kinerja Karyawan Administrasi di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soehadi Prijonegoro Kabupaten Sragen dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening.




DOI: https://doi.org/10.57084/jiksi.v3i2.984

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jiksi.v3i2.984.g968