Game Mengenal Huruf ARAB Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor Untuk Anak Usia 5-7 Tahun
Abstract
Abstract
In the world of education, many parents want children to be able to learn basic lessons. One of the basic lessons is letters. But many parents have difficulty when going to give teaching about letter recognition because, children feel bored when studying. Therefore we need an assistance program to facilitate learning to recognize letters for children aged 4-7 years. This application is in the form of letter recognition, exercises, separating letters, and a string of sentences in the form of sound. This application is built and can be run on android. This application was built using MIT App Inventor as a program editor. Testing this application is done by distributing questionnaires to respondents. From the results obtained the conclusion that this application can help respondents to learn to recognize letters.
Keyword: Android Mobile, MIT App Inventor, Studying Alphabet
Abstrak
Dalam dunia pendidikan, banyak orang tua ingin agar anak-anak dapat mempelajari pelajaran dasar. Salah satu pelajaran dasar tersebut adalah adalah huruf. Namun banyak orang tua mengalami kesulitan saat akan memberikan pengajaran tentang pengenalan huruf karena, anak-anak merasa bosan saat belajar. Oleh karena itu diperlukan program bantu untuk memudahkan dalam belajar mengenal huruf untuk anak usia 5-7 tahun. Aplikasi ini berupa pengenalan huruf, latihan, huruf pisah, dan rangkai kalimat dalam bentuk suara.Aplikasi ini dibangun dan dapat dijalankan pada android. Aplikasi ini dibangun menggunakan MIT App Inventor sebagai editor program.Pengujian aplikasi ini dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada responden. Dari hasil yang diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini dapat membantu responden untuk belajar mengenal huruf.
Kata Kunci : Android Mobile, MIT App Inventor, Belajar Mengenal Huruf
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Amerkashi Hossein, 2015. Absolute App Inventor2 Android Programing for allages.
Irsa.“Perancngan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini
Menggunakan Linier Congruent Method (Lcm).” Jurnal Informatika Global Vol 6
No.1 Desember 2015.
Silvia, Erik Haritman, and Yuda Muladi. 2014. “Rancang Bangun Akses Kontrol
Pintu Gerbang Berbasis Arduino Dan Android.”
.
Refbacks
- There are currently no refbacks.