PENERAPAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA ECOMMERCE BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : PT KIMIA FARMA)

M.reza redo, Ridwan Yusuf

Abstract


Abstract The data processing process related to sales data and the availability of goods that are currently running still uses conventional recording, namely the absence of a system that can process data automatically to speed up the processing of Customer Relationship Management (CRM) is a method used to facilitate the communication process between consumers and companies for the purpose of creating a sense of comfort in consumers against the company. One proof of the need for a system desired by the owner of PT.KIMIA FARMA is to want to have a system that can help promote and introduce his own business and also increase sales without even having to require a large cost in conducting the advertising process. research title "The Application of Customer Relationship Management Methods in E-Commerce (Case Study: PT.KIMIA FARMA)". The purpose of this research is to help improve the strategy and loyalty of customers and increase the sales power of PT.KIMIA FARMA. Abstrak Abstrak – Proses pengolahan data terkait data penjualan dan ketersediaan barang yang berjalan saat ini masih menggunakan pencatatan konvensional, yaitu belum adanya suatu sistem yang dapat mengolah data secara otomatis untuk mempercepat proses pengolahan Customer Relation Management (CRM) adalah suatu metode yang digunakan untuk mempermudah proses komunikasi antara konsumen dan perusahaan untuk bertujuan menimbulkan rasa nyaman pada diri konsumen terhadap perusahaan. Salah satu bukti kebutuhan akan sistem yang diinginkan oleh pemilik PT.KIMIA FARMAadalah ingin memiliki suatu sistem yang dapat membantu mempromosikan dan mengenalkan usaha miliknya dan juga meningkatkan penjualan tanpa meski harus membutuhkan biaya yang besar dalam melakukan proses periklanannya.Berdasarkan permaslahan diatas maka penulis terarikuntuk mengangakat judul penelitian “PenerapanMetodeCustomer Relationship Management PadaE-Commerce (StudiKasus : PT.KIMIA FARMABandar Lampung”. Tujuan dari penelitian ini Untuk membantu meningkatkan strategi dan loyalitas dari para pelanggandan meningkatkan daya penjualan yang dimiliki oleh PT.KIMIA FARMA. Kata kunci : E-Commerce, PT.KIMIA FARMA, Customer Relation Management, konvensional

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Departemen Pendidikan Nasional. 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia

Edisi Ketiga. Balai Pustaka, Jakarta

Jogianto, 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur

Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Andi Offset, Yogyakarta.

Jr, McLeod, Raymond, 2001,Sistem Informasi Manajemen, Edisi Ketujuh,

Penerbit PT. Prenhallindo, Jakarta.

Jurnal Alih Teknologi Sistem Informasi (JATSI)

ISSN: -

Vol. 1, No. 1, April 2020 10

Penerapan Metode Customer Relationship Management

Pada E-Commerce (Studi Kasus : Pt Kimia Farma) (M.reza

redo)

Kadir, Abdul, 2003, Pengembangan dan Pangadaan Sistem Informasi. Andi

Offset, Yogyakarta .

Kadir, Abdul, 2003, Pengenalan Sistem Informasi. Andi Offset, Yogyakarta.

Kristanto, Andi, 2003, Perancangan Sistem. Informasi dan Aplikasinya. Gava

Media, Yogyakarta.

Marlinda, Linda, 2004, Sistem Basis Data. Andi Offset, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.