SISTEM OTOMATIS POMPA AIR DAN SABUN PADA WASTAFEL PENCUCI TANGAN

ahmad ikhwan, oktavia nilasari, teuku muhammad fawaa'ti, tegar prakosa

Abstract


Abstrak

 

Pada saat ini masyarakat kita sedang menghadapi wabah penyakit virus Covid-19 atau sering kita sebut dengan virus corona. Penyebaran virus ini sangat cepat dan memiliki metode penyebaran beragam salah satunya adalah dengan menyentuh virus tersebut secara langsung dari manusia yang terpapar. Terdapat beberapa upaya pencegahan penyebaran virus tersebut seperti menerapkan Phisical distancing, mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, menutup mulut saat bersin atau batuk dan berusaha untuk tetap selalu dirumah. Salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan sarana cuci tangan dengan sabun yang memadai, akan tetapi metode pencegahan dengan mencuci tangan ini tidak dilakukan dengan benar dikarenakan banyak tempat pencucian tangan yang ketika menggunakannya kita masih menyentuh keran air tersebut ataupun wadah tempat penyimpanan sabun. Untuk meminimalisir hal tersebut membuat peralatan yang berfungsi secara otomatis dan juga wadah tempat penyimpanan sabun otomatis menggunakan obstacle sensor. Sistem kerja alat ini adalah ketika kita mendekatkan tangan dengan keran air maka air akan keluat dari keran air dan kemudian pompa air tersebut akan padam dengan sendirinya. Hal yang sama juga diterapkan pada wadah penyimpanan sabun cair. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan terhadap system menunjukan bahwa washtafle otomatis telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

 

Kata Kunci : Covid-19, washtafle, obstacle sensor. Otomatis.


Full Text:

PDF

References


A.C. Prof. Dr. Sri Mulyani. 2016. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi SisteMatika.

Artikel Teknologi. 2019. “Macam-macam Pompa”, http://artikel-teknologi.com/pompa-2-macam-macam-pompa/, diakses pada 3 Mei 2021 Pikul 10.10.

D. P. Rini. 2014. Metodologi Pengembangan Sistem. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gunterus, Frans. 2015. Falsafah Dasar : Sistem Pengendalian Proses. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Hidayatullah, Muhammad. Mardiana, Laili. Wahyudi. 2018. "Sistem Kendali Keran Wudhu Otomatis Menggunakan Sensor Passive Infra Red (PIR) Berbasis Mikrokontroller ATmega8535L Untuk Menghemat Penggunaan Air", https://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/138, diakses pada 3 Mei 2021 Pikul 10.10.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2016. “was.ta.fel /wastafêl/”, https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Wastafel, diakses pada 7 Februari 2021 pukul 11.00.

Prastyo, Elga Aris. 2019. "Arduino Nano", https://www.arduinoindonesia.id/2019/01/arduino-nano.html, diakses pada 7 Februari 2021 pukul 11.00.

Sinauarduino. 2018. “Mengenal Arduino Software (IDE)”, https://www.sinauarduino.com/artikel/mengenal-arduino-software-ide/, dikases pada 30 Maret 2021 pukul 09.30.

Suhardi. 2019. "Keran Air Otomatis Pada Bak Mandi Berbasis Arduino Uno Menggunakan Sensor Ultrasonic", http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/view/4438/0, dikases pada 30 Maret 2021 pukul 09.30.

Sukamto, R. A., Shalahudin, M. 2014, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Triady, Rocky. Triyanto, Dedi. Ilhamsyah. 2015. "Prototipe Sistem Keran Air Otomatis Berbasis Sensor Flowmeter Pada Gedung Bertingkat ", https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jcskommipa/article/view/11561, dikases pada 30 Maret 2021 pukul 09.30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.