Sosialisasi Proses Bisnis Aplikasi Web Sebagai Media Pemasaran Bagi Usaha Mikro PKK Disekitar Kelurahan Rajabasa, Bandar Lampung

abrani dewi oktavia, arie setya putra

Abstract


Abstrak

Salah satu bidang usaha yang tetap konsisten dan berkembang dalam perekonomian nasional salah satunya adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan maraknya pertumbuhan usaha saat ini persaingan pasarpun semakin ketat.Peralihan tren pemasaran dari konvensional (offline) ke media online menyebabkan para pelaku UMKM yang tidak memanfaatkan potensi digital marketing kehilangan kesempatan untuk lebih mengembangkan bisnisnya. Sosialisasi ini diikuti oleh 21 (Duapuluh Satu) orang para pelaku UMKM yang berada di Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung. Para pelaku UMKM di sini masih kurang inovatif dalam mengembangkan usahanya. Umumnya, mereka belum menggunakan daya pikir yang  kreatif    untuk menggunakan digital marketing dengan memanfatkan jejaring sosial sebagai media pemasaran.Sosialisasi ini dilakukan dengan dengan tujuan untuk membentuk usaha kecil yang produktif dan mengikuti perkembangan zaman. Para peserta sosialisasi sangat antusias dengan materi dan pemaparan yang disampaikan.Kondisi ini diharapkan dapat memotivasi para pelaku UMKM mempraktekkan ilmu yang didapat, sehingga usahanya semakin berkembang dan dapat bersaing pada pasar yang lebih luas.

Kata Kunci: UMKM; sosial media; digital marketing; e-commerce


Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Darmawan, D. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Hartono dan Deny D. Hartomo. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 14, No. 1: 15-30.

Kotler, Philip., Hermawan Kartajaya., & Iwan Setiawan. 2017. Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. John Wiley & Sons, Inc. Hoboken – New Jersey.

Kuncoro, Mudrajat. 2010. Masalah, Kebijakan, dan Politik Ekonomika Pembangunan. Jakarta.

Purwana ES, Dedi., Rahmi., dan Shandy Aditya. 2017.

Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). E- ISSN: 2580-4332. Vol.1 No. 1,

Juli 2017.

Tedjasuksmana, Budianto. 2015. Potret Umkm Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. The 7th

NCFB and Doctoral Colloqium 2014, 189–202.

Tiago, Maria Teresa P.M. Borges. And Jose Manuel C. Verissimo. 2014. Digital Marketing and Social Media: Why Bother?. Business Horizons. 57(6), 703-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.