Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Di E -Commerce Lazada Dengan Islamic Branding Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen yang Menggunakan E-Commerce Lazada)

Ridho Al Rizky, A Zuliansyah, Weny Rosilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di E-Commerce Lazada Dengan Islamic Branding Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen yang Menggunakan E-Commerce Lazada). Adapun yang melatar belakangi peneletian ini adalah pengaruh celebritis terhadap kepurusan pembelian pada e-comers Lazada yang mengalami penurunan, dengan adanya celeberitis apakah akan perpengaruh terhadap minat beli barang di e-comers Lazada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data premier dan sekunder. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan penyebaran kuesioner kepada masyarakt dan mahasiswa pengguna e-comers Lazada di lingkungan sukarame sebanyak 96 responden. Data yang terkumpul di analisis dengan metode analisis pada software SPSS. Celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian celebrity endorser memiliki pengaruh terhadap terhadap keputusan pembelian melalui islamic branding di e-commerce Lazada. Dalam menerapkan celebrity endorser, islamic branding terhadap pengambilan keputusan pembelian di e-commerce Lazada harus dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam seperti Tauhid, Keadilan, Tanggung Jawab dan Kebajikan (Kebaikan) Kata Kunci : Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian, Islamic Branding

Full Text:

PDF

References


Agustinar, I. A., Yudhinanto, Y., Ekatama, M. R., Reny, A., Desmon, D., Alie, M. S., & Indriyani, S. (2024). PENGARUH MOTIVASI, PENGALAMAN KERJA, DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA BRANCH OFFICE KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(6), 688–695. https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12626

Alie, M. S., Hartanto, M. B., & Bakti, U. (2022a). Implementation Information System for Health Faculty Student Admissions in Measuring the Effectiveness of Digital Marketing on the Attractiveness of the Selection of Health Faculties. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), Article 2.

Alie, M. S., Hartanto, M. B., & Bakti, U. (2022b). Implementation Information System for Health Faculty Student Admissions in Measuring the Effectiveness of Digital Marketing on the Attractiveness of the Selection of Health Faculties. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), Article 2.

Alie, M. S., Hermansyah, H., Maryana, T., & Oktaria, E. T. (2024). Analysis Of CR, DAR and ROA In Measuring Financial Performance. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.13557

Anwar, A., Septarina, W., & Hairudin, H. (2022). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Transportasi Udara yang Terdaftar Di BEI Periode 2018-2020. Strategic: Journal of Management Sciences, 2, 77. https://doi.org/10.37403/strategic.v2i2.64

Aprilia, V., Wa, A. R., Alie, M. S., Cn, Y., Hasbullah, H., & Oktaria, E. T. (2024). PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGGUNA JASA TRAVEL PARIWISATA RAKATA TOUR INDONESIA. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(6), 462–473. https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12572

Ardelia, Aya Sofia, and Anton Priyo Nugroho. 2019. “Pengaruh Islamic Branding Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kosmetik Halal Pada Mahasiswi Di Yogyakarta.” Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical 44(8): 1–22.

Ayu S., Cyntia et al. 2023. “Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 4(5): 1171–80.

Bakti, U., Hairudin, & Setiawan, R. (2021). PENGARUH HARGA, PERSONAL SELLING, KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR PADA DEALER PT. YAMAHA PUTERA LANGKAPURA. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i1.343

Bakti, U., Hairudin, H., & Agustina, M. A. (2023). Analisis Kualitas Produk, Word of Mouth dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplaces Shopee. Strategic: Journal of Management Sciences, 3(2), 83–95.

Bakti, U., Hairudin, H., & Saputra, P. E. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Penjualan Pada Ramayana Mall Lampung. Strategic: Journal of Management Sciences, 2(3), 96–107.

Bakti, U., Novalita, N., & Nata, I. K. A. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID 19 DALAM MENINGKATKAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MARKET PLACE TOKOPEDIA (Studi Kasus di Kampus Universitas Mitra Indonesia). Jurnal Signaling, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.56327/signaling.v10i2.1087

Budianto, A., & Surya, A. (2023). Legal Protection for Workers Who Experience Work Accidents in an Employment Law Perspective. Proceedings of the 3rd Multidisciplinary International Conference, MIC 2023, 28 October 2023, Jakarta, Indonesia. Proceedings of the 3rd Multidisciplinary International Conference, MIC 2023, 28 October 2023, Jakarta, Indonesia, Jakarta, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.28-10-2023.2341800

Busri, H., & Loliyani, R. (2023). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN UMUM DAMRI CABANG LAMPUNG. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.57084/jmb.v4i1.1051

Cn, Y., & Helmita, H. (2023). Strategi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Digitalisasi Pemasaran untuk Kesejahteraan Masyarakat. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.4836

Dermawan, A. R., Silvia, D., & Nugroho, Y. C. (2024). PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI BALAI KAMPUNG SULUSUBAN. Jurnal Ekonomi Manajemen, 28(5), Article 5. https://jurnalhost.com/index.php/jekma/article/view/1093

Desmon, A. S., Subiyantoro, H., & Alie, M. S. (2022). The Influence of Insurance Financial Health Level, Capital Structure, Asset Growth, On Company Net Profit Growth. ICLSSEE 2022: Proceedings of the 2nd International Conference on Law, Social Science, Economics, and Education, ICLSSEE 2022, 16 April 2022, Semarang, Indonesia, 382.

Desmon, A., & Meirinaldi, Y. C. (2022). The Effect of Return on Asset, Return on Equity and Debt to Equity Ratio on the Value of the Manufacturing Firm Listed on Stock Exchange 2015-2019. MIC 2021: Proceedings of the First Multidiscipline International Conference, MIC 2021, October 30 2021, Jakarta, Indonesia, 196.

Desmon, D., Ekatama, M. R., & Desyantama, H. (2022). Analisisfaktor-Faktoryang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Pegawai Pada Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.57084/bej.v3i1.814

Desmon, D., Murti, W., Yolanda, Y., & Surya, A. (2023). Factors Affecting Investment in the Provinces of Sumatra Island. Proceedings of the 2nd Multidisciplinary International Conference, MIC 2022, 12 November 2022, Semarang, Central Java, Indonesia. Proceedings of the 2nd Multidisciplinary International Conference, MIC 2022, 12 November 2022, Semarang, Central Java, Indonesia, Semarang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.12-11-2022.2327357

Desmon, D., Yulistina, Y., & Renandi, R. (2022). PENGARUH ROA, NPM, DER TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR LOGAM LISTEN BEI. Jurnal Media Ekonomi (JURMEK), 27(3), Article 3. https://doi.org/10.32767/jurmek.v27i3.2232

Desmon, Yulistina, & Nadhira, T. S. (2023). ANALISIS PENGARUH BOPO, NIM DAN LDR TERHADAP PROFITABILITAS BANK YANG TERDAFTAR PADA BEI INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional Universitas Borobudur Publikasi Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 175–183.

Dewi, A. P., Warisi, D., & Desmon, D. (2023). PENGARUH CADANGAN KERUGIAN PIUTANG TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN. Journal of Accounting Taxing and Auditing (JATA), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.57084/jata.v4i2.1166

Dewi, Retry. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul 7(4): 409.

Diponegoro Journal of Management 3(1): 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr. Nasrullah, Muhammad. 2015. “Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk.” Jurnal Hukum Islam 13(79): 79–87.

Ekatama, M. R., Desmon, D., Wa, A. R., & Surya, A. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan PT. Jumbo Power International. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(4), 9034–9045. https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.10818

Ekatama, M. R., Isabella, A. A., & Rizky, N. D. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan UMKM di Kabupaten Mesuji. Seminar Nasional–Universitas Borobudur, 2(1). https://prosiding.borobudur.ac.id/index.php/1/article/download/73/66

Ekatama, M. R., Surya, A., Astuty, P., & Alie, M. S. (2022). The Influence of Discipline, Ability, and Incentive to Motivation and Performance of Employee in Pt. IndosatOoredoo, Tbk Bandar Lampung. MIC 2021: Proceedings of the First Multidiscipline International Conference, MIC 2021, October 30 2021, Jakarta, Indonesia, 182.

Ekatama, M., Wa, A., Astuti, P., & Cn, Y. (2022, August 8). The Effect of Motivation, Education Level, And Work Experience on Employee Work Productivity. Proceedings of the 2nd International Conference on Law, Social Science, Economics, and Education, ICLSSEE 2022, 16 April 2022, Semarang, Indonesia. https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.16-4-2022.2319721

Febrianti, L., Bakti, U., & Hairudin, H. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Digital Marketing, Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Lampung Banana Foster. Jurnal Enterpreneur Dan Bisnis (JEBI), 2(2), Article 2. https://jurnal.umitra.ac.id/index.php/JEBI/article/view/1322

Hairudin, & Oktaria, E. T. (2024). THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY AND FACILITIES ON SATISFACTION AND THEIR IMPACT ON LOYALTY AT NATAR MEDIKA HOSPITAL. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 12(1), Article 1. https://doi.org/10.33884/jimupb.v12i1.7389

Hairudin, H., & Oktaria, E. T. (2022). Analisis Peningkatan Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja Internal dan Motivasi Eksternal Karyawan. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.35912/jakman.v4i1.1466

Hairudin, H., Oktaria, E. T., & Wenda, W. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen Malahayati (JRAMM), 12(1), Article 1. https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v12i1.11522

Hasbullah, H., & Rubiawan, T. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Guru SMP Negeri 1 Katibung. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(4), 227–236. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i4.3272

Hasbullah, H., Meidasari, E., & Isabella, A. A. (2022). Kualitas Custumer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan pada Dealer Yamaha Bahana Pagar Bandar Lampung. Jurnal Enterpreneur Dan Bisnis (JEBI), 1(1), Article 1. https://jurnal.umitra.ac.id/index.php/JEBI/article/view/356

Hasbullah, H., Murti, W., Jasin, M., & Nugroho, Y. (2022, January 8). Determinants of Economic Growth and its Impact on Poverty in Lampung Province. Proceedings of the First Multidiscipline International Conference, MIC 2021, October 30 2021, Jakarta, Indonesia. https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.30-10-2021.2315855

Helmita, H., Cn, Y., Wa, A. R., Surya, M. R. E., & Indriyani, S. (2023). BIJAK BERINTERAKSI DI MEDIA SOSIAL. Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.56327/jurnalpkm.v4i4.108

Hidayati, Dwi Alvin. 2018. “Analisis Pengaruh Islamic Branding Dan Nilai Religiusitas Terhadap Keputusan Konsumen Muslim Dalam Pemilihan Hotel (Studi Kasus Pada Hotel Semesta Semarang).” Transcommunication 53(1): 1–8.

Idham lakoni, Arifah Hidayati. 2022. “Hedonic Value, Pengalaman Berbelanja, Terhadap Minat Beli Situs Shopee Dengan Trust Sebagai Variabel Intervening.” הארץ (8.5.2017): 2003– 5.

Isabella, A. A. (2022). MEMBANGUN JIWA ENTERPRENEUR PADA GENERASI MILENIAL DI SMAK SWADHIPA NATAR LAMPUNG SELATAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 2(5), 248–252. https://doi.org/10.59818/jpm.v2i5.304

Isabella, A. A. (2024). OPTIMALISASI SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MANAJEMEN PARIWISATA DESA WAY TEBING CEPA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 4(4). https://doi.org/10.59818/jpm.v4i4.744

Isabella, A. A., & Sanjaya, P. N. (2022). EFEKTIVITAS PENDAMPINGAN KONSULTAN PENDAMPING UMKM TERHADAP KINERJA UMKM: STUDI KASUS PADA UMKM KABUPATEN MESUJI. Derivatif : Jurnal Manajemen, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.24127/jm.v16i2.1072

Isabella, A. A., & Sari, P. N. (2023a). LAYANAN SERTIFIKASI HALAL MELALUI SKEMA SELF DECLARE BPJPH BAGI UMK. https://repository.penerbitwidina.com/ms/publications/567982/layanan-sertifikasi-halal-melalui-skema-self-declare-bpjph-bagi-umk

Isabella, A. A., & Sari, P. N. (2023b). The Effectiveness of Free Halal Certification Services Through the Scheme Self Declare for SMEs in Lampung Province. International Journal of Economics (IJEC), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.55299/ijec.v2i2.562

Isabella, A. A., Sari, N. K., & Fariza, D. N. (2024). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS TENAGA KERJA PROVINSI LAMPUNG. Jurnal EBI, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.52061/ebi.v6i2.273

Khoiriah, N., Yusda, D. D., Oktaria, E. T., & Hairudin, H. (2024). Peran Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap Perkembangan UMKM (Studi Kasus Bank BRI Unit Kedaton). Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.35912/jakman.v5i2.2383

Khoirina, S., & Rini, P. (2022). PENGARUH LAPORAN ARUS KAS OPERASI, INVESTASI, PENDANAAN DAN LABA AKUNTANSI TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PADA PT. SEMEN INDONESIA Tbk. TERDAPAT DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN (2013-2020). Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB), 3(02), Article 02. https://doi.org/10.57084/jmb.v3i02.918

Lazada, Perkembangan Lazada et al. 2014. “Perkembangan Lazada, Persaingan e-Commerce, Serta Upaya Pemasaran Lazada.” 2012(April 2016).

Loliyana, R., Desyantama, H., & Loliyani, R. (2023). Pelatihan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), Konsep Kewirausahaan dan Pemasaran Digital Bagi UMK Di Desa Branti Raya Lampung Selatan. VIDHEAS: Jurnal Nasional Abdimas Multidisiplin, 1(1), 130–136.

Loliyani, R., Loliyana, R., & Kumalasari, N. (2022). PENGARUH KEPEMIMPINAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BALAI DESA WILAYAH TRIMULIA LAMPUNG BARAT. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 3(01), Article 01. https://doi.org/10.57084/jmb.v3i01.793

Loliyani, R., Loliyana, R., Desyantama, H., & Isabella, A. A. (2023). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA SMK BLK BANDAR LAMPUNG SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 3(3). https://doi.org/10.59818/jpm.v3i3.573

Manik, E., Aisah, A., Terfiadi, S. Y., Jannah, K. D., Ludfi, R., Fatmayati, A., Irawan, A., Karmila, N., Mahadewi, E. P., & Bakti, U. (2023). PRAKTIK DAN PENGEMBANGAN ENTREPRENEURSHIP. https://repository.penerbitwidina.com/id/publications/563324/praktik-dan-pengembangan-entrepreneurship

Muhadi, M., Hairudin, H., Oktaria, I., & Adelita, I. (2023). Legal Protection in the Application of Fintech in the Digital Age for MSMEs Modernization. International Conference on “Changing of Law: Business Law, Local Wisdom and Tourism Industry”(ICCLB 2023), 1086–1094. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icclb-23/125996745

Murti, Baskoro Ndaru, and Yohanes Sugiarto. 2014. “Analisis Pengaruh Iklan Dan Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek Dalam Meningkatkan Minat Beli Pada Produk Sepatu Olah Raga Adidas (Studi Pada Warga Kelurahan Banyumanik,Kecamatan Banyumanik).”

Nardo, R., Yuliana, L., Ratnasari, K., Nugraha, J., Lasminingrat, A., Kusuma, H. W., Fauziridwan, M., Sudirman, A., Winata, A., & Imron, A. (2024). Branding Strategy di Era Digital. https://repository.penerbiteureka.com/publications/568062/branding-strategy-di-era-digital

Nasrudin, D., Nurina, N., Oktavianti, P. R. M., Khamimah, W., Lutfi, L., Ariani, N., Winata, A., Nurhayati, L., Sudirman, A., & Parmita, R. (2024). Kewirausahaan Sosial. https://repository.penerbiteureka.com/publications/569335/kewirausahaan-sosial

Novalita, N., & Bakti, U. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Di PT. Bursa Efek Indonesia ( BEI ). Akuisisi: Jurnal Akuntansi, 18(2), Article 2. https://doi.org/10.24127/akuisisi.v18i2.841

Nurahman, D., Reny, W. A., Desmon, D., & Anisa, N. (2023). The Urgency of Indonesian Collaboration with International Organizations in Terms of Cooperation and Exchange of Information on Economic Crime and Money Laundering. International Conference on “Changing of Law: Business Law, Local Wisdom and Tourism Industry”(ICCLB 2023), 429–436. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icclb-23/125996796

Nurbaidah, R., Bakti, U., & Isabella, A. A. (2023). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian pada Lampung Banana Foster. Jurnal Enterpreneur Dan Bisnis (JEBI), 2(2), Article 2. https://jurnal.umitra.ac.id/index.php/JEBI/article/view/1319

Nurina, N., Oktavianti, P. R. M., Farida, F., Sopini, P., Jalil, A., Winata, A., Kusuma, H. W., Ansharuddin, M., Tanjung, A., & Lutfi, L. (2024). Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif. https://repository.penerbiteureka.com/publications/569736/kewirausahaan-dan-ekonomi-kreatif

Oktaria, E. T., Anjeli, T., Bakti, U., & Alie, M. S. (2024). Pengaruh Kepuasan Kerja, Disiplin Kerja, Dan Pengembangan Sdm Terhadap Kinerja Pegawai UPTD Puskesmas Gunung Sugih. Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen Malahayati (JRAMM), 13(2), Article 2. https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v13i2.15598

Oktaria, E. T., Hermansyah, H., Nugroho, Y. C., & Hairudin, H. (2024). Effect of Digital Payment System and Implementation of Sales Accounting Information System (SIA) on Sales Effectiveness and Efficiency at PT Sumber Alfariya Trijaya Tbk. GEMA: Journal of Gentiaras Management and Accounting, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.47768/gema.v16i1.202404

Oktaria, E. T., Irvan, M., & Hairudin, H. (2022). The Effect of Recruitment and Compensation on Employee Performance at DAMRI Public Company Lampung Branch. GEMA: Journal of Gentiaras Management and Accounting, 14(3), Article 3. https://doi.org/10.47768/gema.v14i3.202201

Oktavianti, P. R. M. (2022). STRATEGI KEMASAN DAN KUALITAS PENYIARAN,TERHADAP LOYALITAS PEMIRSA TV ONE DAN METRO TV. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24967/ekombis.v7i2.1793

Oktavianti, P. R. M., Josiah, T., Novalia, N., Juwita, F., & Fahmi, R. B. (2023). PEMBUATAN JINGLE “KOTA BATU SEMANGAT BERSERI” SEBAGAI SARANA PEMERSATU DAN PROMOSI WISATA DESA KOTA BATU. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 4(01), Article 01. https://doi.org/10.24967/jams.v4i01.2429

Oktavianti, P. R. M., Loliyani, R., & Anugrah, A. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Bakso Urip Bandar Lampung). Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS), 8(1), Article 1. https://doi.org/10.24967/jmms.v8i1.3059

Pahlawi, N., Alie, M. S., Hasbullah, H., Reny, A., Desmon, D., Cn, Y., & Indriyani, S. (2024a). PENGARUH PEHAMAN LITERASI KEUANGAN, KEMUDAHAN DIGITAL PAYMENT DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM DIKOTA BANDAR LAMPUNG. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(6), 722–733. https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12644

Pahlawi, N., Alie, M. S., Hasbullah, H., Reny, A., Desmon, D., Cn, Y., & Indriyani, S. (2024b). PENGARUH PEHAMAN LITERASI KEUANGAN, KEMUDAHAN DIGITAL PAYMENT DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM DIKOTA BANDAR LAMPUNG. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(6), 722–733. https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12644

Prihanti, Dhea. 2021. “Pengaruh E-Service Quality, Islamic Branding, Dan Islamic Advertising Ethics Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus ….”

Putri, I. Y. G., Hairudin, & Loliyani, R. (2024). PENGARUH DISIPLIN, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KANTOR SURYA MAXIMA PHOTOGRAPHY. Jurnal Ekonomi Manajemen, 28(5), Article 5. https://jurnalhost.com/index.php/jekma/article/view/1094

Rachman, Tahar. 2018. “Teori Signaling Dalam Akutansi.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3(1): 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use- case-a7e576e1b6bf.

Ragatirta, Laurensius Panji, and Erna Tiningrum. 2021. “Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Di Rown Division Surakarta).” Excellent 7(2): 143–52.

Rahayu, S. R., Mak’ibah, S., Sanjaya, V. F., & Metri, P. R. (2022). Pengaruh Viral Marketing Melalui Aplikasi Instagram Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 3(01), Article 01. https://doi.org/10.57084/jmb.v3i01.740

Ria, S., Hasbullah, H., & M, E. M. (2024). Pengaruh Harga Dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kopi 49. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.14588

Rohmawati, Ita. 2023. “Analisis Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam 4(3): 277–90.

Rolia, E., Karyus, A., Nugroho, Y. C., Fansuri, M., Sky, M. W., & Irawan, H. (2024). Health Promotion of Inclusive WASH Facilities on Outpatient Satisfaction. Community Research of Epidemiology (CORE), 105–118. https://doi.org/10.24252/corejournal.vi.47817

Rosid, A., Isabella, A. A., Hartoto, H., Siswantini, T., & Suharyati, S. (2024). Behavioral Finance In Decision Making: An Experimental Study Of Investor Bias And Indonesian Private Market Anomalies. Jurnal Ekonomi, 13(03), Article 03.

Sanjaya, Arwin. 2023. “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Scarlet Whitening Di Kota Samarinda).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB 13(2): 2023.

Sari, P. N., & Isabella, A. A. (2024). AKUNTANSI PERBANKAN. https://repository.penerbitwidina.com/publications/568606/akuntansi-perbankan

Sari, P. N., Indriyani, S., & Isabella, A. A. (2023). Peningkatan Kesejahteraan UMKM Desa Mekar Sari Kabupaten Mesuji Melalui Strategi Digital Marketing. Prosiding Seminar Nasional Universitas Borobudur Publikasi Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 289–295. https://prosiding.borobudur.ac.id/index.php/1/article/download/71/64

Septiana, P., Surya, A., Yudhinanto, Y., Hasbullah, H., Desmon, D., & Yulistina, Y. (2024). PENGARUH BEBAN KERJA, PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT. KERETA API INDONESIA DIVRE IV TANJUNG KARANG. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(6), 688–695. https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12629

Silvia, D., & Surya, A. (2023). Efektivitas pengendalian Internal, Whistleblowing System, dan Good Government Governance Terhadap Pencegahan Fraud Pengelolaan Dana Desa. Prosiding Seminar Nasional Universitas Borobudur Publikasi Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 468–473.

Situmorang, D., Anwar, A., & Isabella, A. A. (2022). THE EFFECT OF LAND AND BUILDING RIGHTS ACQUISITION DUTY (BPHTB) AND GROUNDWATER TAX ON REGIONAL INCOME OF BANDAR LAMPUNG CITY 2016-2020. Peradaban Journal of Economic and Business, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.59001/pjeb.v1i1.3

Sudirman, A., Ratih, S. D., Manggabarani, A. S., Soegoto, A. S., Ratnasari, K., Burhanudin, J., Sari, P. N., Mardianto, D., Nugroho, H., & Kesuma, T. M. (2022). Manajemen Pemasaran Kontemporer. https://repository.penerbitwidina.com/publications/553220/manajemen-pemasaran-kontemporer

Sukron, Ady Rony Muchammad. 2019. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Islamic Branding Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.” IAIN Salatiga (63020150091): 1–121. http://e- repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/6166/.

Surya, A. (2023). Navigating the Nexus: Exploring the Relationship between Intellectual Capital, Financial Performance, and Firm Value. Shirkah: Journal of Economics and Business, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.22515/shirkah.v8i3.648

Surya, A., & Silvia, D. (2022). The Influence of Communicatian and Emotional Intelligeence on Employee Performance. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), Article 2.

Surya, A., Silvia, D., Yudhinanto, C. N., & Hardiant, A. (2023). The Role of Green Accounting and Share Ownership on Financial Performance. Proceedings of the International Conference on “Changing of Law: Business Law, Local Wisdom and Tourism Industry”(ICCLB 2023), 804, 120.

Surya, M., Reny, A., & Surya, A. (2023). The Contribution of Empowerment of Creative Economic Leading Sub-sectors on Increasing the Quantity of Creative Human Resources and Economic Growth in Lampung Province. Proceedings of the 2nd Multidisciplinary International Conference, MIC 2022, 12 November 2022, Semarang, Central Java, Indonesia.

Syahrul Amsari, Windu Anggara, Sudirman Suparmin. 2023. “Point of View Islam Terhadap Fenomena Celebrity Endorsement Sebagai Daya Jual Produk Di Era Digital.” 9(02): 1849–58.

Syarief, F., Kurniawan, A., Widodo, Z. D., Nugroho, H., Rimayanti, R., Siregar, E., Isabella, A. A., Fitriani, F., Kairupan, D. J., & Siregar, Z. H. (2022). Manajemen sumber daya manusia. Penerbit Widina.

Tegowati, T., Martoatmodjo, G. W., Kalbuadi, A., Ismail, K., Idayati, F., Rukmana, A. Y., Oktavianti, P. R. M., Mufrihah, M., Rohmah, M., & Onoyi, N. J. (2024). Pengembangan Produk. https://repository.penerbiteureka.com/publications/568534/pengembangan-produk

W.a, A. R. (2023). Strategic Performance Dynamics: Elucidating the Effect of Competitive and Growth Strategies on Companies. Shirkah: Journal of Economics and Business, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.22515/shirkah.v9i1.664

Wahyudi, A. N., Isabella, A. A., & Hairudin, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada CV. Citra Abadi (CA) Bandar Lampung. Journal of Society Bridge, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.59012/jsb.v1i3.16

Wigono, R. W. A., Wa, A. R., Hasbullah, H., Desmon, D., Nasir, M., & Yulistina, Y. (2024a). ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA BANK ASING DAN BANK NASIONAL DENGA MENGGUNAKAN RASIO KEUANGAN PADA PERIODE 2018-2023. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(6), 696–706. https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12642

Wigono, R. W. A., Wa, A. R., Hasbullah, H., Desmon, D., Nasir, M., & Yulistina, Y. (2024b). ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA BANK ASING DAN BANK NASIONAL DENGA MENGGUNAKAN RASIO KEUANGAN PADA PERIODE 2018-2023. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(6), 696–706. https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12642

Yana, R. L., Loliyani, R., & Isabella, A. A. (2024). Peran Mediasi Kepuasan Kerja Pada Pengaruh Retensi Karyawan Dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Cipta Karya Mandiri. GEMA: Journal of Gentiaras Management and Accounting, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.47768/gema.v16i1.202406

Yana, R. L., Yani, R. L., & Enzovani, S. (2022). PENGARUH GAJI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. ISTANA MOBILINDO KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.57084/bej.v3i2.880

Yani, R. L., Loliyana, R., Enzovani, S., & Qodri, L. (2024). The Mediating Role of Work Commitment on the Effect of Organizational Culture and Leadership on Employee Performance at Pt. Jaya Abadi Library. GEMA: Journal of Gentiaras Management and Accounting, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.47768/gema.v16i1.202407

Yudhinanto, Y., & Oktaria, E. T. (2022). The Effect of Motivation on Employee Performance. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), Article 2.

Yulistiani, H., Loliyani, R., & Bakti, U. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK Patria Gadingrejo, Pringsewu. Journal of Society Bridge, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.59012/jsb.v1i3.17




DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v5i1.1511

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jmb.v5i1.1511.g1432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.