ANALISIS EFEKTIVITAS SOCIAL MEDIA MARKETING PADA BRAND FASHION MUSLIM JAKARTA

Cucu Cahyati, David Ahmad Yani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas social media marketing pada brand fashion @diarahhijabstore di Jakarta, dengan fokus pada platform Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui insight akun Instagram @diarahhijabstore, wawancara dengan tim marketing, dan kuesioner online kepada konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram merupakan platform yang efektif bagi @diarahhijabstore dalam meningkatkan brand awareness dan menjangkau target audiens, yang ditunjukkan oleh tingginya reach dan impressions pada konten Instagram @diarahhijabstore, serta profile visits yang tinggi. @diarahhijabstore telah menerapkan strategi yang baik di Instagram, seperti fokus pada konten visual yang estetis, interaksi aktif dengan followers, dan pemanfaatan berbagai fitur Instagram. Namun, @diarahhijabstore perlu meningkatkan efektivitas Instagram dalam mendorong penjualan, mengingat rendahnya jumlah website clicks dan persentase responden yang melakukan pembelian. Beberapa rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas social media marketing @diarahhijabstore di Instagram adalah: (1) mengoptimalkan profil Instagram; (2) meningkatkan kualitas konten; (3) memanfaatkan influencer marketing; (4) mengoptimalkan Instagram Ads; dan (5) memanfaatkan fitur social commerce.

 

Kata Kunci: social media marketing, Instagram, brand awareness


Full Text:

PDF

References


DB Error: Out of resources when opening file './umitraa_jurnal/citation_settings.MYD' (Errcode: 24 - Too many open files)