ANALISIS EFEKTIVITAS SOCIAL MEDIA MARKETING PADA BRAND FASHION MUSLIM JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas social media marketing pada brand fashion @diarahhijabstore di Jakarta, dengan fokus pada platform Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui insight akun Instagram @diarahhijabstore, wawancara dengan tim marketing, dan kuesioner online kepada konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram merupakan platform yang efektif bagi @diarahhijabstore dalam meningkatkan brand awareness dan menjangkau target audiens, yang ditunjukkan oleh tingginya reach dan impressions pada konten Instagram @diarahhijabstore, serta profile visits yang tinggi. @diarahhijabstore telah menerapkan strategi yang baik di Instagram, seperti fokus pada konten visual yang estetis, interaksi aktif dengan followers, dan pemanfaatan berbagai fitur Instagram. Namun, @diarahhijabstore perlu meningkatkan efektivitas Instagram dalam mendorong penjualan, mengingat rendahnya jumlah website clicks dan persentase responden yang melakukan pembelian. Beberapa rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas social media marketing @diarahhijabstore di Instagram adalah: (1) mengoptimalkan profil Instagram; (2) meningkatkan kualitas konten; (3) memanfaatkan influencer marketing; (4) mengoptimalkan Instagram Ads; dan (5) memanfaatkan fitur social commerce.
Kata Kunci: social media marketing, Instagram, brand awareness
Full Text:
PDFReferences
Adirasasty, A., & Hubbansyah, A. K. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Instragram Shop Melalui Brand Image Pada Generasi Z. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(7), 138-142.
Aditya, I. W. P., & Yasa, N. N. K. (2024). Social Media Marketing, Brand Image, Dan Purchase Intention: Konsep & Studi Kasus. Media Pustaka Indo.
Dicky Wisnu UR, M. M., & Permana, G. I. (2022). Dampak Pemasaran Sosial Media Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli. Pustaka Peradaban.
Febrian, M. R., Wibowo, S. F., & Aditya, S. (2024). Analisis Efektivitas Social Media Marketing Pada Haltev It Learning Center. Jurnal Perubahan Ekonomi, 8(3).
Kahfiansyah, M. A., Juanna, A., & Kusuma, C. A. (2024). Eskalasi Efektivitas Pemasaran Media Sosial: Dampak Konten Iklan Instragram dan Perilaku Konsumen terhadap Pembelian Produk
DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v6i1.1698
Refbacks
- There are currently no refbacks.