ANALISIS STRATEGI PROMOSI MELALUI AKUN INSTAGRAM INFOKRIAN UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS UMKM

Alya Romadhona, Fessy Febriyani Putri

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan digital telah mengubah cara UMKM memasarkan produk mereka. Meskipun media sosial, khususnya Instagram telah menjadi alat utama dalam strategi pemasaran digital, masih banyak UMKM yang menghadapi tantangan seperti segmentasi audiens dan pengelolaan strategi promosi yang efektif. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pemasaran digital yang diterapkan akun Instagram Infokrian dalam meningkatkan brand awareness UMKM. Dengan metode kualitatif yang melibatkan wawancara dan analisis data insight, hasil menunjukkan strategi konten seperti Reels, Posts, dan Strories mampu menjangkau rata-rata lebih dari 83.000 audiens per konten. Namun terdapat tantangan dalam optimalisasi kategori produk baru dan segmentasi audiens. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi UMKM dalam mengoptimalkan media sosial sebagai alat pemasaran digital yang lebih efektif  

 

Kata Kunci : brand awareness, Instagram, media sosial, pemasaran digital, UMKM


Full Text:

PDF

References


Adrian, D., & Mulyandi, M. R. (2021). Manfaat Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 215–222. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i2.195

Hazel Alberta, L. S. W. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Meningkatkan Penjualan dan Brand Awareness. Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, Dan Komunikasi (IMPRESI), 2(1), 1. https://doi.org/10.20961/impresi.v2i1.51711

Herianto, F., & Ali, H. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Segmentasi Pasar dan Ruang Kompetitif: Strategi Pemasaran, Ukuran Pasar, Teknologi dan Pengguna Akhir. Suatu Literature Review. 1–11.

Ikhsani, K., & Ali, H. (2017). Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Poduk, Harga dan Brand Awareness (Studi Kasus Produk Teh Botol Sosro Di Giant Mall Permata Tangerang). Jurnal SWOT, VII(3), 523–541. https://www.neliti.com/publications/279584/keputusan-pembelian-analisis-kualitas-produk-harga-dan-brand-awareness-studi-kas

Patma, T. S., Wardana, L. W., Wibowo, A., Shandy, B., & Akbarina, F. (2021). The impact of social media marketing for Indonesian SMEs sustainability : Lesson from Covid-19 pandemic The impact of social media marketing for Indonesian SMEs sustainability : Lesson from Covid-19 pandemic. Cogent Business & Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1953679

Rachmawati, F. (2018). Penerapa Digital Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya (Vol. 6, Issue 1). https://digilib.uinsa.ac.id/26290/2/Fitri Rachmawati_B96214120.pdf

Reza Faisal. (2016). Faisal Reza Strategi Promosi Penjualan Online Lazada Co Id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74.

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada. 6(2).

Sanawiri, B., & Iqbal, M. (2020). ATTRIBUTES OF INNOVATION , DIGITAL TECHNOLOGY AND THEIR IMPACT ON ATTRIBUTES OF INNOVATION , DIGITAL TECHNOLOGY AND THEIR IMPACT ON SME. May. https://doi.org/10.6084/m9.figshare.12228692

Sari, S., Syamsuddin, & Syahrul. (2021). Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya Terhadap. Journal of Business Administration (JBA), 1(1), 37–48.

Sukmaningrum, A., & Imron, A. (2017). Memanfaatkan Usia Produktif Dengan Usaha Kreatif Industri Pembuatan Kaos Pada Remaja di Gresik. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 05(03), 1–6. https://ayosehat.kemkes.go.id/kategori-usia/usia-produktif

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.




DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v6i1.1705

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jmb.v6i1.1705.g1460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.