ANALISIS STRATEGI PROMOSI MELALUI AKUN INSTAGRAM INFOKRIAN UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS UMKM
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan digital telah mengubah cara UMKM memasarkan produk mereka. Meskipun media sosial, khususnya Instagram telah menjadi alat utama dalam strategi pemasaran digital, masih banyak UMKM yang menghadapi tantangan seperti segmentasi audiens dan pengelolaan strategi promosi yang efektif. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pemasaran digital yang diterapkan akun Instagram Infokrian dalam meningkatkan brand awareness UMKM. Dengan metode kualitatif yang melibatkan wawancara dan analisis data insight, hasil menunjukkan strategi konten seperti Reels, Posts, dan Strories mampu menjangkau rata-rata lebih dari 83.000 audiens per konten. Namun terdapat tantangan dalam optimalisasi kategori produk baru dan segmentasi audiens. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi UMKM dalam mengoptimalkan media sosial sebagai alat pemasaran digital yang lebih efektif
Kata Kunci : brand awareness, Instagram, media sosial, pemasaran digital, UMKM
Full Text:
PDFReferences
Adrian, D., & Mulyandi, M. R. (2021). Manfaat Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 215–222. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i2.195
Hazel Alberta, L. S. W. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Meningkatkan Penjualan dan Brand Awareness. Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, Dan Komunikasi (IMPRESI), 2(1), 1. https://doi.org/10.20961/impresi.v2i1.51711
Herianto, F., & Ali, H. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Segmentasi Pasar dan Ruang Kompetitif: Strategi Pemasaran, Ukuran Pasar, Teknologi dan Pengguna Akhir. Suatu Literature Review. 1–11.
Ikhsani, K., & Ali, H. (2017). Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Poduk, Harga dan Brand Awareness (Studi Kasus Produk Teh Botol Sosro Di Giant Mall Permata Tangerang). Jurnal SWOT, VII(3), 523–541. https://www.neliti.com/publications/279584/keputusan-pembelian-analisis-kualitas-produk-harga-dan-brand-awareness-studi-kas
Patma, T. S., Wardana, L. W., Wibowo, A., Shandy, B., & Akbarina, F. (2021). The impact of social media marketing for Indonesian SMEs sustainability : Lesson from Covid-19 pandemic The impact of social media marketing for Indonesian SMEs sustainability : Lesson from Covid-19 pandemic. Cogent Business & Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1953679
Rachmawati, F. (2018). Penerapa Digital Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya (Vol. 6, Issue 1). https://digilib.uinsa.ac.id/26290/2/Fitri Rachmawati_B96214120.pdf
Reza Faisal. (2016). Faisal Reza Strategi Promosi Penjualan Online Lazada Co Id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74.
Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada. 6(2).
Sanawiri, B., & Iqbal, M. (2020). ATTRIBUTES OF INNOVATION , DIGITAL TECHNOLOGY AND THEIR IMPACT ON ATTRIBUTES OF INNOVATION , DIGITAL TECHNOLOGY AND THEIR IMPACT ON SME. May. https://doi.org/10.6084/m9.figshare.12228692
Sari, S., Syamsuddin, & Syahrul. (2021). Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya Terhadap. Journal of Business Administration (JBA), 1(1), 37–48.
Sukmaningrum, A., & Imron, A. (2017). Memanfaatkan Usia Produktif Dengan Usaha Kreatif Industri Pembuatan Kaos Pada Remaja di Gresik. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 05(03), 1–6. https://ayosehat.kemkes.go.id/kategori-usia/usia-produktif
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.
DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v6i1.1705
DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jmb.v6i1.1705.g1460
Refbacks
- There are currently no refbacks.