STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI TOKO INDOGROSIR
Abstract
Strategi pemasaran merupakan suatu pendekatan yang akan digunakan oleh perusahaan untuk bisa mencapai target sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya, di dalamnya terdapat keputusan-keputusan utama mengenai segmen pasar, penempatan produk dalam pasar, kombinasi pemasaran, serta estimasi biaya pemasaran yang dibutuhkan (Sunyoto, 2015). Indogrosir termasuk jenis usaha yang meluas pesat Indonesia menjadi perantara antara produsen serta pembeli, Indogrosir menyuguhkan pelanggan beragam jenis barang pada harga grosir. Untuk menganalisis strategi yang dilakukan agar menaikkan penjualan seperti bauran pemasaran, bauran pemasaran termasuk sekumpulan alat taktis pemasaran yang dipakai suatu perusahaan supaya pasar sasaran yang dijadikan sasaran perusahaan membagikan respon mengikuti kemauan perusahaan. Bauran pemasaran (marketing mix) seringkali di katakan
menjadi 4P, seperti produk(product), harga(price), tempat(place), promosi(promotion). Jenis penelitian ini menerapkan metode kualitatif seperti memaparkan data yang disatukan serta dianalisis. Data primer yang disatukan pada penelitian ini adalah hasil wawancara, observasi serta dokumentasi, dan data sekunder ditemukan melalui jurnal penelitian terdahulu yang diperlukan untuk penelitian. Toko Indogrosir mengimplementasikan taktik bauran pemasaran yang melibatkan 4P, yakni produk, harga, tempat dan promosi. Sesuai dengan teori yang ada, ke empat elemen ini memiliki peranan krusial dalam meningkatkan penjualan.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Meningkatkan Penjualan, Strategi Pemasaran
Full Text:
PDFReferences
Arlinda, A,. & Saodin, S. (2024). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada
Toko H. Irin Kalianda. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis ; Vol. 4 No. 6 (2024): November
– Desember; 1576-1582 ; 2807-8438 ; 10.47233/Jebs. V4i6.
Karina Silaen, Lasman Eddy Bachtiar, Montaris Silaen & Arisman Parhusip Jurnal
Pengabdian Kaloborasi Dan Inovasi Ipteks ; Vol. 2 No. 3 (2024): Juni; 1072-1079;
-3104 ; 10.59407/Jpki2.V2i3.
Kurnia Wijaya. (2023). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Di Toko Vina
Collection Kota Bengkulu.Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 127-133.
Kotler, P Dan Amstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit
Salemba Empat. Jakarta.
Permana, M. J. H., Tomohardjo, I., & Ganiem, L. M. (2023). Strategi Integrated Marketing
Communication Dalam Mendukung Reputasi Merek Indogrosir. Journal Of
Economics And Business Ubs, 12(5), 3249-3267.
Rusdianto, R., & Subiyanto, S. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan
Produk Pada Pt. Cipta Niaga Semesta Palembang. Comserva: Journal Penelitian Dan
Pengabdian Masyarakat. 1(9), 542-552.
Safina, L. A., Salsabila, H. A., Ammarullah, N., Marpaung, S. A., Nugroho, R. H., &
Ikaningtyas, M. (2024). Implementasi Strategi E-Commerce Dalam Perencanaan
Bisnis Digital. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 60-68.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Edisi Kedua).
Alfabeta.
Suryati, L. (2015). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas
Pelanggan. Deepublish.
Yulianti, F. Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Book (Issue Desember).
Deepublish
DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v6i1.1706
DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jmb.v6i1.1706.g1461
Refbacks
- There are currently no refbacks.