Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Desain Antarmuka Aplikasi WhatsApp

Ulfa Fitriyani Yapan, Mrs. Nuryanti

Abstract


Dalam perkembangan dunia digital telah menjadi keterikatan hubungan pengguna teknologi pengguna atau yang biasa disebut juga dengan pengguna Relationship Management (CRM) terhadap aplikasi media social, dalam hal ini yakni Whatsapp Aplication (WA). Aplikasi whasapp digagas merupakan aplikasi yang sangat penting dalam mendapatkan informasi, baik informasi yang bersifat umum maupun pribadi, sehingga akan berkaitan dengan  minat pengguna ketika menggunakan aplikasi tersebut. Kepuasan pengguna terhadap interface suatu aplikasi dipandang sebagai titik terang untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu aplikasi dalam penggunaannya. Pada penelitian ini penulis mencoba untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi whatsapp dengan melibatkan sejumlah 40 orang responden dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan terhadap desain user interface secara keseluruhan termasuk ke dalam kategori setuju dan merasa puas menggunakan aplikasi WhatsApp, dengan nilai persentase sebesar 92,5% Hasil penelitian juga menunjukan bahwa seluruh variabel independen (indikator) EUCS, terdiri atas Content (Isi), Format (laporan), Accurancy (ketepatan), Timeliness (kecepatan waktu penyajian), Ease of Use (mudah digunakan) memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi whatsapp.

Full Text:

PDF

References


L. D. Putri, “Evaluasi User Interface Web Commerce Menggunakan Aturan Eight Golden Rules,” Indones. J. Appl. Informatics, vol. 5, no. 2, p. 94, 2022, doi: 10.20961/ijai.v5i2.41935.

N. A. O. Saputri and A. Alvin, “Measurement of User Satisfaction Level in the Bina Darma Information Systems Study Program Portal Using End User Computing Satisfaction Method,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 154–162, 2020, doi: 10.33557/journalisi.v2i1.43.

N. M. Sulistyawati, “Kepuasan Pelanggan Restoran Indus,” E- J. Manaj. Unud, vol. 4, no. 8, pp. 2318–2332, 2015, [Online]. Available: http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta/article/viewFile/959/667

Y. S. Jamilah and A. C. Padmasari, “Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Say.Co,” J. Desain Komun. Vis., vol. 9, no. 2, pp. 73–78, 2022, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/tanra/article/view/29458

Rahartri, “‘Whatsapp’ Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek),” Visi Pustaka, vol. 21, no. 2, pp. 147–156, 2019.

L. S. Ningsih, F. Fitriyani, Z. H. Hasibuan, and ..., “Pemanfaatan Media Whatshapp Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Pustakawan,” Maktab. J. …, vol. 2275, pp. 1–12, 2022, [Online]. Available: https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/4436

A. Nasution, M. S. I. Lubis, M. Luthfi, and ..., “Komunikasi Melalui Aplikasi Whatsapp Dalam Rangka Pembelajaran Anak Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Medan …,” … J. Ilm. …, vol. 18, 2021, [Online]. Available: https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/view/356

C. O. S. Patricia, “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” vol. 3, no. 2, p. 6, 2021.

M. R. Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” Humanika, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2021, doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.

M. W. Richard Romario Samuel Rawis, S. L. H. V. Joyce. Lapian and U. S. Ratulangi, “Service Quality, Brand,” Richard Romario Samuel Rawis, S. L. H. V. Joyce. Lapian, Magdal. Wullur Univ. Sam Ratulangi, vol. 7, no. 2, pp. 464–475, 2020.




DOI: https://doi.org/10.57084/altek.v4i2.1193

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/altek.v4i2.1193.g1081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.