Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Website Tentang Kehadiran Siswa Via Sms Gateway

Intan Oktaria, Amalyanda Azhari

Abstract


Abstrak

Pihak sekolah memiliki banyak keterhambatan dalam penanganan presensi dari pihak murid maupun guru yang masih dilaksanakan secara mandiri dengan ketelitian dan  kurangnya hubungan interaksi yang memberikan informasi dengan orang tua. Dalam penanganan Presensi yang lebih informatif dan akurat dibutuhkan sistem yang komputasi sehingga dapat memberikan informasi yang lebih baik dalam penanganan informasi dan data dari siswa di SMAN 1 Padang Cermin serta untuk para orangtua siswa. Berdasarkan dari kebutuhan tersebut maka dilakukannya pengembangan sistem informasi Presensi berbasi SMS (Send Message Service). Sistem yang akan dikembangkan dapat digunakan oleh admin dari sekolah, murid, dan tenaga pengajar. Para tenaga pengajar serta admin dari aplikasi diberikan hak penuh dalam akses yang berpedoman terhadap peraturan, sedangkan murid hanya dapat melihat daftar Presensinya saja. Terpisah dari hak askses tersebut orangtua mendapatkan informasi berupa pesan teks yang dikirim langsung melalui sistem dari aplikasi. Analisa dalam pemilihan metode untuk aplikasi ini menggunakan metode waterfall untuk pengembangan sistemnya, metode penelitian deskriptif yang berupa studi kasus, wawancara dalam pengambilan datanya, penelitian kepustakaan serta observasi langsung. Pemilihan alat deskriptif dari analisa penulis menjelaskan penggunaan flowmap, ‘usecase ‘diagram, ‘sequence diagram, ‘activity ‘diagram dan ‘class ‘diagram  serta dibangun menerapkan bahasa pemograman banyak digunakan seperti web server xampp, PHP, MySQL, Gammu sebagai layanan SMS gateway, ponsel. Didapatkan analisa, desain, dan penerapan di aplikasi, penulis mengambil kesimpulan dari aplikasi yang dibuat dapat membantu admin sekolah dan tenaga pengajar untuk memproses data serta memberikan laporan, sehingga membantu orang tua murid dalam akses informasi yang lebih akurat dan cepat untuk tangkat kehadiran dari murid tersebut.

 

Kata Kunci Sistem, Informasi, Data Absensi, Web.


Full Text:

PDF

References


S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur

dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Basuki, Awan Pribadi. (2016). Membangun Aplikasi SMS Gateway Berbasis Web. Lokomedia : Yogyakarta.

Chandra, Gregorius., dan Adriana Dadi. (2017). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarata: CV. Andi Offset.

Endra, R. Y., & Aprilita, D. S. (2018). E-Report Berbasis Web Menggunakan Metode Model View Controller Untuk Mengetahui Peningkatan Perkembangan Prestasi Anak Didik. Explore – Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 9(3), 15–22.

Fuad, Hilmi, Sutarman dan Yayah. (2018). Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management Pelayanan Berbasis Web di PT Sahabat Kreasi Muda. Jurnal Sisfotek Global.

Harkamal Kaur (2017), Hyper Text Markup Language, commonly abbreviated as HTML.

Hanafri, M. I., Triono, & Luthfiudin, I. (2018). Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web. ISSN : 2088 – 1762 Vol. 8 No. 1, Maret 2018, 82.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Rahayu, Sri, Ai Ratna Sari, Tri Sendra Saputra. (2018). Analisa Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Pada UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Neglasari Kota Tangerang. STMIK Raharja Volume 4 No. 1 | ISSN : 2461-1409.

Rosa, A.S dan Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung: Bandung.

Solichin, Ahmad. (2016). Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Budi Luhur.

Tangkudung, Evert S, Meicsy E.I.Najoan, Dringhuzen J.Mamahit. (2018). Aplikasi Tata Cara Ibadah Berbasis Android. E-Journal Teknik Informatika Volume 14 No. 1 | ISSN : 2301-8364.

Utomo, Prawido, Lilis Sakuroh, Fatia Yulinar. (2018). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di SMP PGRI 174 Cikupa. Jurnal Sisfotek Global Volume 8 No. 1 | ISSN : 2088-1762.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.57084/altek.v4i2.1459

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/altek.v4i2.1459.g1273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.