AUGMANTED REALITY ( AR ) PADA PROTOTIPE GEDUNG GLOBAL SURYA

Agus Komarudin

Abstract


Augmanted reality (AR) pada prototipe gedung Global Surya ini dibuat  untuk memudahkan pemasaran  dan mengetahui tentang gedung Graha Surya melalui handphone. Dalam penelitian ini, dirancang program prototipe tentang gedung Global Surya Aplikasi dibangun menggunakan Unity dan vuforia untuk membangun interface dan sistem augmented reality, Google Sketchup untuk membangun objek tiga dimensi dan animasi, sedangkan metode pengembangannya adalah metode pengembangan Multimedia. Aplikasi dapat memvisualisasikan Gedung Global Surya yang interaktif  dengan adanya fasilitas peragaan berupa objek tiga dimensi yang disertai dengan animasi dan dubbing suara.

Kata Kunci : Prototype, Gedung, Augmanted Reality (AR), Android

Full Text:

PDF

References


Al Fattah, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan Dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Penerbit Andi

A, F, Sofyan dan Purwanto,A. 2008. Digital Multimedia: Animasi, Sound Editing, Video Editing. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital: Dasar Teori dan Pengembangannya.

Yogyakarta: Andi.

Developer Vuforia. Developing With Vuforia.[https://developer.vuforia.com/]. Diakses pada :17 Mei 2017 jam 09.00 WIB.

Darmawan, Djoko. 2009. Google SketchUp, Mudah dan Cepat Menggambar 3Dimensi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Irawan. 2012. Membuat Aplikasi Android Untuk Orang Awam. Penerbit Maxicom, Palembang.

Komputer,Wahana. 2014. Mudah Membuat Game 3Dimensi Menggunakan Unity 3D.Semarang: Penerbit Andi.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kato, Hirokazu, Miyazaki, 2012. Relation between location of information displayed by augmented reality and user's memoriz. In: Proceedings of the 2012 Augmented Human International Conference , 2012, . pp. 7.http://dx.doi.org/10.1145/2160125.2160132. Diakses pada tanggal 18 Mei 2017 jam 21.04.

Patkar, R.S., Singh, S.P., & Birje, S.V.2013.Marker Based Augmented Reality Using Android OS. [Online] International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering 3(5). pp.64-69.[http://www.ijarcsse.com/].Diakses pada:22April 2017 jam 20.43 WIB.

Ramadijanti, N dan Basuki, A. 2006. Grafika Komputer :Teori dan Implementsi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Shalahuddin, M., & Rosa, A.S. 2010. Modul Pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek dengan Bahasa Pemrograman C++, PHP, dan Java. Penerbit Modula, Bandung

Saeba , 2008. Modeling dan Animasi dengan 3D Studio Max 2008 dan 2009. Jakarta: Penerbit Elex Media Komputindo.

Undang-undang nomor 28 tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung.

Vaughan,T.2011.Multimedia : Making It Work (8nd ed.).Technology Education. McGraw-Hill. [ http://web.ipb.ac.id/].Diakses pada:20 April 2017 jam 18.30 WIB.

Wikipedia.AugmentedReality. [https://en.wikipedia.org/wiki/Augmented_reality.] Diakses pada tanggal 17 Mei 2017 jam 22:30.




DOI: https://doi.org/10.57084/altek.v1i1.341

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/altek.v1i1.341.g231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.