PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PERPARKIRAN PADA PT. MITRA BUMI PERSADA, BANDAR LAMPUNG

Dodi Apriansyah

Abstract


Dalam kehidupan sehari-hari penerapan program komputer tentu saja sering kita jumpai, salah satu contohnya adalah dalam mengatur perparkiran di mal, plaza, gedung, hotel, kampus, dll.Program komputer tersebut sering disebut sebagai Sistem Informasi Perparkiran.

Apabila menggunakan proses manual untuk melakukan proses pencatatan kendaraan yang masuk dan keluar, maka akan memakan waktu yang cukup lama untuk melakukan proses analisis terhadap data kendaraan tersebut sehingga tidak efisien. Kemungkinan lainnya yang dapat terjadi yaitu data yang dicatat pada lembaran kertas tersebut dapat hilang, kotor, ataupun terbakar.Maka untuk mengatasi kekurangan-kekurangan tersebut, banyak perusahaan pengelolaan perparkiran telah beralih ke program komputer. Data kendaraan yang masuk dan keluar akan di-input oleh operator ke dalam komputer. Kemudian, berdasarkan data kendaraan yang di-input tersebut, program komputer akan menganalisis dan memberikan berbagai laporan yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan. Dengan adanya program komputer ini, maka laporan-laporan yang didapatkan akan jauh lebih efektif, efisien dan akurat dibandingkan dengan menggunakan sistem manual.

 

Berdasarkan uraian yang disebutkan di atas, maka penulis mendapatkan salah satu kasus dimana salah satu perusahaan perparkiran yang bekerjasama dengan pemerintah Kota Bandar Lampung memerlukan sistem informasi perparkiran tersebut. Dalam penelitian ini penulis akan merancang dan mengimplementasikan sistem informasi perparkiran pada PT. Mitra Bumi Persada, Bandar Lampung menggunakan aplikasi Visual Basic 6.0 dengan Microsoft Office Access 2007 sebagai format databasenya dan Seagate Crystal Report 8.5 sebagai perancang laporannya.

 

Kata Kunci:  Sistem Informasi Perparkiran,  PT. Mitra Bumi Persada, Visual Basic



Full Text:

PDF

References


Agus, M., 2010.Manajemen Database dengan Microsoft Visual Basic Versi 6.0, Cetakan ke-3, Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Kadir, A., 2006.Pengenalan Sistem Informasi, Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kendall, K.E. dan J.E. Kendall. 2008.Analisis dan Perancangan Sistem, Alih bahasa oleh Thamir Abdul Hafedh Al-Hamdany, Jilid 1 dan Jilid 2, Edisi ke-5. Jakarta: PT Prenhallindo.

Jogiyanto, HM.. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

O’Brien, J.A.. 2005.Pengantar Sistem Informasi, Edisi 12.Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Permana, B.. 2002. Penuntun Praktis Microsoft Access 2000. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Sutabri, T., 2004.Analisa Sistem Informasi,Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.57084/altek.v1i2.399

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/altek.v1i2.399.g279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.