SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DANA SUMBANGAN PADA PONDOK PESANTREN DAARU HIRAA’ UNTUK MENJAGA TRANSPARANSI LAPORAN DANA SUMBANGAN

Triyugo Winarko

Abstract


Pondok Pesantren Daaru Hiraa’ merupakan salah satu organisasi pendidikan yang telah memiliki kepanitiaan pengelolaan dana sumbangan. Kepanitia anter diri dari pengurus – pengurus pondok. Kepanitiaan ini dalam pengelolaan donasi atau dana - dana yang telah disumbangkan masih menggunakan teknik manual. Baik menggunakan catatan berupa buku atau menggunakan alat bantu komputer. Terkadang kesalahan – kesalaha rekap data dapat terjadi. Untuk mengurangi kesalahan – kesalahan yang disebabkan factor manusiawi, maka Daaru Hiraa’ perlu ada nyasebuah sistem yang dapat membantu mengerjakan aktivitas- aktivitas yang dapat dikendalikan oleh sistem. Misalnya saja rekap data donatur, konfirmasi donasi, penghitungan  donasi terkumpul, penghitungan  donasi masuk dan keluar, bahkan prose snotifikasi yang otomatis. Selain memudahkan bagi panitia, sistem juga akan membantu menjaga hubungan antara kepanitiaan dengan donatur. Sehingga topic tersebut dapat diangka tmenjad isebuah penelitian ilmiah.

Penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Daaru Hiraa’melalui beberapa tahapan penelitian. Mulaidari analisis masalah, analisis kebutuhan sistem, dan implementasi rancangan menjadi  sebuah  sistem. Tahapan tersebut merupakan  rangkuman  dari   tahapan-tahapan  dalam  penelitian  yang  telah dilakukan.

Penelitian ini pada akhirnya menghasilkan sebuah sistem pengelola dana sumbangan yang dapat digunakan oleh seluruh organisasi pengelola dana sumbangan. Sehingga dapat membantu kepanitiaan dalam  pengelolaanya dan dapat menanggulangi kesalahan – kesalahan yang semestinya tidak lagi terjadi, karena sudah dikontrol olehsistem. Sistem  tersebut diberi nama SPDS Daaru Hiraa’.

 

Kata kunci: Pondok pesantren, penelitian, donasi, rekapdata, sistem, SPDS

Full Text:

PDF

References


AlUtsaimin,S.M.b.S.,2008. Panduan Wakaf, Hibah, dan Wasiatmenurut Al-

Qur'andan As - Sunnah. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi'i.

Ferdiana,R.,2008.Membangun Aplikasi Smart Client pada Platform Windows

Mobile. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Jogiyanto, 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur

Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta:Andi.

Laudon,K.C.&Laudon,J.P.,2007.Management Information Systems:

Managing The Digital Firm/ Kenneth C.Laudon, JaneP .Laudon. 1 0ed.Upper SaddleRiver (NewJersey): Pearson Education.

Riyanto,2010. Membuat Sendiri Aplikasi E-Commerce dengan PHP dan

MySQL menggunakan CI dan Jquery. Yogyakarta:Andi.




DOI: https://doi.org/10.57084/altek.v2i1.574

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/altek.v2i1.574.g436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.