IMPLEMENTASI LMS CHAMILO UNTUK PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN SMP AL QUR’AN AL HUSNA IBNU ROMLY

Willy Artanika Rikarda1, Agus Komarudin

Abstract


ABSTRACT Pembelajaran dalam jaringan atau disebut dengan daring saat ini sangat dianjurkan oleh pemerintah, seperti diketahui dampak virus covid-19 berimbas kepada seluruh aktivitas masyarakat, dampak ini sangat dirasakan dunia pendidikan. Pada SMP Al Qur’an Ibnu Romly sangat memerlukan pembelajaran dalam jaringan.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran yaitu pembelajaran dalam jaringan menggunakan LMS Chamilo. Prosedur penelitian yang digunakan menggunakan ADDIE, ADDIE merupakan model yang melibatkan tahap pengembangan model dengan lima langkah pengembangan.Berdasarkan hasil penelitian, maka media pembelajaran yang dikembangkan ini baik digunakan untuk proses pembelajaran pada SMP Al Qur’an Al Husna Ibnu Romly. Kata Kunci: LMS, Chamilo, Pembelajaran, Daring   

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bakri, F., & Muliyati, D. (2017). Pengembangan Perangkat E-Learning untuk MatakuliahFisika Dasar II Menggunakan LMS Chamilo. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1).

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). SpringerScience & Business Media.

Febryana, E., & Pujiastuti, H. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-LearningMenggunakan Chamilo pada Pembelajaran Segitiga dan Segiempat.

Mariko, S. (2020, July). Perancangan Sistem Pendukung Perkuliahan Berbasis Elektronik

Menggunakan Chamilo Learning Management System. In SINASIS (Seminar Nasional Sains)(Vol. 1, No. 1).

Molenda, M. (2003). In search of the elusive ADDIE model. Performance improvement, 42(5), 34-37.

Muhammad Afiyan, F. (2019). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DENGAN METODEFLIPPED CLASSROOM BERBASIS CHAMILO PADA MATA PELAJARAN GAMBARTEKNIK KELAS X TAV DI SMK ROUDLOTUL MUBTADIIN (Doctoral dissertation, UNNES).

Purmadi, A., Hadi, M. S., & Nurtanto, M. (2018, September). Pengaruh Penggunaan PortalPembelajaran CHAMILO dengan Penerapan Hybrid Learning Terhadap Hasil Belajar PadaMata Kuliah Kewarganegaraan. In Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian DanPendidikan (LPP) Mandala (pp. 115-117).




DOI: https://doi.org/10.57084/altek.v2i2.680

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/altek.v2i2.680.g549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.