Pengaruh Pengawasan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Lampung

Sutarni Sutarni

Abstract


Objek penelitian dari skripsi adalah PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang. dimana sejak tahun 1991 hingga sekarang statusnya adalah Perusahaan Perseroan (Persero) berdasarkan pada Peraturan Pemerintah No. 57 tahun 1991 tanggal 19 Oktober 1991 serta dikuatkan status badan hukumnya berdasarkan Akte Notaris Imas Fatimah, S.H No. 3 tahun 1992 pada tangal 11 Desember 1992. Dengan demikian Pelabuhan Panjang pada saat ini pengelolaannya dilakukan oleh PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II yang berkantor pusat di Jakarta. Adapun maksud dan tujuan Peraturan Pemerintah RI tersebut adalah untuk menyelenggarakan dan menunjang kebijaksanaan serta peranan pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan. Permasalahan yang diteliti adalah ingin menganalisis pengaruh pengawasan karyawan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang karena kinerja karyawan PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang menurun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dilakukan dengan cara pengumpulan data melalui buku-buku, karya ilmiah dan penunjang kepustakaan lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini dan penelitian lapangan dilakukan dengan meneliti langsung pada PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang, Berdasarkan hasil analisis kualitatif pada variabel pengawasan, ternyata mayoritas karyawan sebesar 79,5% menyatakan setuju jika pimpinan memberikan tindakan berupa teguran bila ada karyawan yang tidak masuk kerja dengan alasan yang kurang jelas. Pemberian teguran tersebut merupakan salah satu bentuk pengawasan yang dilakukan pimpinan guna meningkatkan kedisiplinan karyawan dalam bekerja sehingga tidak mengganggu produktifitas PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang. Berdasarkan hasil analisis kualitatif pada variabel kinerja karyawan, ternyata mayoritas karyawan sebesar 69,2% menyatakan setuju jika adanya surat peringatan pertama, kedua dan ketiga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang untuk merangsang karyawan agar berdisiplin dalam bekerja.


Full Text:

PDF

References


Handoko, T. Hani, 2005, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi Jilid I. BPFE-UGM, yogyakarta.

Heidjrachman Ranupandoyo dan Suad Husnan. 2001. Manajemen Personalia.

Penerbit BPFE UGM. Yogyakarta.

Handoko, T. Hani, 2012, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, BPFE-Yogyakarta.

Hasibuan, Melayu S.P, 2004, “Manajemen” Edisi Revisi, Penerbit PT.Bumi Aksara, Jakarta

Suharto, Edi, membangun masyarakat memberdayakan rakyat, Bandung : Refika Aditama 2005

James A.F Stoner Charles Wankel, Perencanaan & Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen, Jakarta, PT.Rineka Cipta 2005.

Assuri, Sofyan, 2004, Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi revisi, Lembaga Penerbit FE UI, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.57084/bej.v2i1.481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.