Analisis Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian

Radita Tri Anggelina

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen tentang promosi periklanan dan penjualan yang dilakukan oleh Perusahaan, pengaruh periklanan pada keputusan pembelian dan untuk menentukan pengaruh promosi penjualan pada keputusan pembelian. Penelitian oleh penulis ada di PT. Alfamart dengan populasi pelanggan di provinsi lampung . Pemilihan responden sebagai objek penelitian yang terkait dengan pelanggan PT. Alfamart di lampung dengan metode Slovin, penelitian ini mendapatkan 43 responden. Metode pengumpulan data kuisioner. Teknik pemrosesan data digunakan untuk membantu SmartPLS perangkat lunak pemrosesan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai yang diperoleh dari jalur tabel koefisien, X1 (AD) ke Y (keputusan pembelian) sebesar 0,856 Ini menunjukkan bahwa iklan memiliki efek positif, dan nilai p values nya sebesar 0.000 berarti variabel periklanan signifikan. Dalam tabel koefisien jalur, X2 (promosi penjualan) ke Y (keputusan pembelian) dari -0,021. Ini menunjukkan bahwa promosi penjualan memiliki efek negatif dan nilai p values nya 0.846 dia lebih besar dari 0.05 jadi variabel promosi penjualan bernilai negatif dan tidak signifikan

Full Text:

PDF

References


Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing Managemen Edisi 14. Global Edition.Pearson Prentice Hall.

N. C. Lee, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro Kemasan Pet 450 Ml (Studi Pada Pengunjung Minimarket Di Surabaya Selatan),” J. Ilmu Manaj., vol. 5, no. 4, 2017.

R. Kriyantono, Manajemen Periklanan: Teori dan Praktik. Universitas Brawijaya Press, 2013.

R. P. Tobing and L. Bismala, “Pengaruh Citra Merek Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi,” J. Akunt. Dan Bisnis J. Progr. Stud. Akunt., vol. 1, no. 2, 2015.

V. Yazia, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry,” J. Econ. Econ. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 165–173, 2014.

R. P. Tobing and L. Bismala. HARGA et al., “Pengaruh Fashion Involvement, Atmosfer Toko dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Department Store di Kota Denpasar,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 4, no. 6, 2015.

A. F. Amel, “Pengaruh Promosi Penjualan dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Ovo,” JRMSI-Jurnal Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 11, no. 2, pp. 201–223, 2020.

R. S. Putri and I. Safri, “PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DALAM ENINGKATKAN PENJUALAN MOBIL MITSUBISHI PADA PT. PEKAN PERKASA BERLIAN MOTOR PEKANBARU,” VALUTA, vol. 1, no. 2, pp. 298–321, 2015.

C. B. Dewa, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Wisatawan di Yogyakarta),” J. Perspekt., vol. 16, no. 1, pp. 1–6, 2018.

D. S. Haryani, “Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang,” J. Dimens., vol. 8, no. 1, pp. 54–70, 2019.




DOI: https://doi.org/10.57084/bej.v2i2.771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.