Pengaruh Iklan Dengan Jasa Endorsment Untuk Meningkatkan Minat Beli Masyarakat (Studi Kasus Pada Cafe 1000cc Di Desa Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, Lampung)

Ahmad Solihin, Danu Zaki Azhar, Vicky F Sanjaya

Abstract


Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula usaha menengan modern, khususnya di bidang kuliner. Beban kerja manusia semakin besar dan membutuhkan banyak waktu untuk bersantai. Kedai kopi  menjadi salah satu pilihan utama para pekerja kantoran atau anak muda  untuk bersantai, menikmati makan atau kopi untuk menghilangkan stres. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui  pengaruh iklan dengan jasa endorsment dan minat beli masyarakat. Metode yang di gunakan adalah instrumen kuesioner, sampel yang digunakan yaitu konsumen di Cafe 1000cc Jl. Sidomulyo Raya, Seloretno, Kec. Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan. Uji statistik yang digunakan adalah Structural Equation modeling berbasing PLS. Uji validitas menggunakan factor loading selanjutnya uji reliabilitas menggunakan nilai Cronbach’c alpha,Composite Reliability dan Average Varian Extracted (AVE). Dengan demikian, semua hasil item indeks yang di gunakan dalam penelitian ini valid dan reliabel. Dengan demikian, hasil uji hipotesis menunjukan bahwa iklan dengan menggunakan jasa endorsment signifikan terhadap minatbeli masyarakat.

 

Kata kunci : Iklan, Endorsment,dan minat beli.



Full Text:

PDF

References


Alim, A. S., & Budiarti, E. (2021). Peran Iklan Televisi Dan Celebrity Endorsement Pond’s Terhadap Purchase Intention. JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1).

Anggraeni, M., & Asnawati, A. (2018, March). Pengaruh celebrity endorsement terhadap purchase intention dengan brand image sebagai variabel intervening (studi kasus iklan produk perawatan kecantikan wardah). In Prosiding SNMEB (Seminar Nasional Manajemen dan Ekonomi Bisnis).

Bakti, U., Hairudin, H., & Setiawan, R. (2021). Pengaruh Harga, Personal Selling, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Motor Pada Dealer Pt. Yamaha Putera Langkapura. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i1.343

Chandra, C. (2016). Sikap Masyarakat Surabaya Dalam Penggunaan Rio Dewanto SebagaiCelebrity Endorser Iklan Pond’s Men Versi Pollution out. Jurnal e-Komunikasi, 4(1).

Herdaningtyas, G., & Iriani, F. (2017, June). Pengaruh Iklan dan Penggunaan Selebritas dalam Iklan terhadap Minat Beli Produk Melalui Kesadaran Merek sebagai Variabel Intervening. In Seminar Ekonomi dan Bisnis (SNEBIS) (Vol. 1, No. 1).

Wulandari, S. A. (2017). Pengaruh penggunaan endorsement terhadap omzet penjualan usaha online shop di Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Yusuf, K. K., & Pradekso, T. (2021). Pengaruh Terpaan Iklan dan Terpaan Konten Celebrity Endorsement Terhadap Minat Menggunakan Jasa Go-Food (Melalui Brand Attitude). Interaksi Online, 9(3), 217-229.




DOI: https://doi.org/10.57084/bej.v3i1.777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.