Evaluasi Pelaksanaan Program Pembinaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Tatanan Sekolah Pada Siswa Sekolah Dasar Kabupaten Lampung Timur Tahun 2020

Yessi Luthfia

Abstract


PHBS di sekolah adalah kebiasaan/perilaku positif yang dilakukan oleh setiap siswa, guru, penjaga sekolah, petugas kantin atau warung sekolah, orang tua siswa untuk mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya serta aktif dalam menjaga lingkungan sehat di sekolah secara mandiri.  Tujuan penelitian diketahui secara mendalam Pelaksanaan Program Pembinaan PHBS Tatanan Sekolah pada siswa SD di Kabupaten Lampung Timur tahun 2020. Jenis Penelitian adalah kualitatif dan hasil penelitian disajikan dengan cara deskriptif. Subyek atau informan diambil secara purpossive sampling. Jumlah informan adalah 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan pengamatan. Berdasarkan wawancara mendalam dengan 14 informan ada 3 faktor yang mempengaruhi keberhasilan program PHBS di sekolah yaitu indikator input (Kebijakan, dukungan, pembiayaan, SDM, sarana dan prasarana, dan lembaga), indikator Proses (Advokasi, pelatihan kader, sosialisasi, rencana kegiatan, gerakan penerapan, pemantauan) dan indikator output (8 indikator PHBS di sekolah). Lintas Program dan Lintas Sektor sangat berpengaruh dalam keberhasilan penerapan program perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dengan memperhatikan indikator input, indikator pross dan indikator output

Kata Kunci : Evaluasi Program, Indikator Keberhasilan, Lintas Sekor, PHBS di sekolah


References


Ariandani, B. 2011. Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Makanan Jajanan Pada Anak Sekolah Dasar.http://eprints.undip.ac.id/32606/1/403_ Bondika_Ariandani_aprillia _G2C007016.pdf. Diakses pada tanggal 15 Februari 2020

Dinas Kesehatan Lampung Timur. 2018. Profil Dinas Kesehatan Lampung Timur. Tahun 2017. Lampung

Departemen Kesehatan. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Jakarta: Departemen Kesehatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Republik Indonesia; 2018.

Dunn, William N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Depkes RI. 2006. Panduan Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Tatanan Rumah Tangga. Jakarta

Hermiyanty, Lusia Salmawati, Fandi Oktavian. 2016. Evaluasi Implementasi Program Sekolah Dasar Bersih Dan Sehat Di Kota Palu. Jurnal Preventif, Volume 7 Nomor 1, Maret 2016 : 1- 64

Juknis Pedoman Pelaksanaan PHBS di Sekolah. 2016. http://promkes.kemkes.go.id/download/jsg/files13583 Diakses tanggal 28 Januari 2020

Kementerian Kesehatan Rebuplik Indonesia. 2016.Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan Rebuplik Indonesia. 2016.Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.

Kemendikbud. 2020. (Online) 10 Juli 2020 di https://gtk.kemdikbud.go.id/read- news/pendidikan-era-new-normal-belajar-dari-study-from-home [Diakses tanggal 15 Agustus 2020

Ningrum, Rahmah Widya., Mei Neni Sitaresmi, Lely Lusmilasari. 2016. Evaluasi Program Trias Usaha Kesehatan Sekolah Dan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Luar Biasa Bantul. Berita Kedokteran Masyarakat Volume 32 Nomor 9 : Universitas Gadjah Mada

Proverawati, Atikah., Eni Rahmawati. 2012. PHBS Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Yogyakarta: Nuha Medika.

Profil Anak Indonesia. 2018. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA)




DOI: https://doi.org/10.57084/jikmi.v2i1.599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.